Variasi Foto Pernikahan

Menyongsong hari paling sakral yaitu pernikahan tentu membutuhkan persiapan matang, termasuk merencanakan album foto pernikahan. Untuk mengabadikan momen yang bisa dibilang sekali seumur hidup ini pasti kita persiapkan dengan cermat namun dengan langkah yang mudah, bahkan tanpa campur tangan fotografer sekalipun. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa karena dengan hanya berbekal Smartphone plus aplikasi edit foto yang tepat, kita bisa membuat Foto Pernikahan dengan kualitas tak kalah dari jepretan fotografer profesional.

Kesimpulan untuk Foto Pernikahan adalah hasil yang keren dan unik. Oleh karena itu supaya menjadi kenangan tak terlupakan kita perlu menciptakan kesan unik pada Foto Pernikahan tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Intinya kita bisa membuat foto pernikahan yang indah dan menarik dengan berbekal kamera ponsel, kamera ponsel cadangan (untuk backup), charger, portable charger (untuk backup), lensa cell (seperti pada Phone Lens Series atau Olloclip), serta perangkat tambahan iPhone SLR Mount, Tripod, dan Tripod Mount.

Ligting untuk foto Pernikahan Outdoor dan Indoor

Apabila lokasi pemotretan berada diluar ruangan (outdoor) tentu proses pengambilan foto pernikahan menggunakan ponsel jauh lebih mudah sebab kita tinggal memanfaatkan cahaya matahari. Kita cukup mengatur exposure dengan cara Tap dibagian tertentu pada foto Pernikahan atau bisa juga menggunakan Exposure Adjusment Tool. Dalam hal ini bisa juga menggunakan HDR mode pada fitur bawaan ponsel atau melalui aplikasi (misalnya HDR Pro). HDR Mode sangat membantu mengatur keseimbangan exposure bila cuaca terlalu terik sedangkan subyek dalam kondisi pencahayaan yang relatif rendah.

Jika lokasi Foto Pernikahan berada didalam ruangan (indoor) idealnya pasangan pengantin di-set dekat jendela atau pintu supaya mendapatkan cahaya alami dengan komposisi yang proporsional. Untuk menyiasati ruangan yang tidak memiliki banyak jendela bisa menggunakan Phone Stand ataupun Tripod. Peralatan tersebut sangat dibutuhkan untuk menstabilkan ponsel sebanyak pergerakan kita saat melakukan pemotretan indoor. Pada situasi ini noise tidak semua bisa dihilangkan namun kita bisa mengurangi sejumlah noise. Disini akan menyisakan kesan sedikit blur namun justru menghasilkan efek yang unik pada hasil foto Pernikahan.

Smartphone, Apps, dan Tools Untuk Foto Pernikahan

Untuk hasil foto pernikahan yang unik dan indah dibutuhkan Smartphone dengan kamera beresolusi tinggi (8 piksel keatas) serta aplikasi dan tools untuk edit foto pernikahan dari hasil jepretan pada saat prosesi pernikahan. Untuk Smartphone jenis iPhone, selain Instagram kita juga bisa menggunakan aplikasi PhotoForge2 for iPhone. Aplikasi ini sangat membantu menguatkan serta mengontrol kurva juga level warna pada foto Pernikahan. Bagi yang menggunakan Smartphone dengan OS Android bisa menggunakan aplikasi PicSay ataupun Camera 360. Baik PicSay atau camera 360 cukup efektif membantu dalam pengaturan exposure, straightening, dan cropping (pemotongan gambar) jika diperlukan. Yang terakhir kita bisa menggunakan lensa cell untuk mendapat view atau obyek yang lebih dekat. Lensa cell sendiri sangat dibutuhkan jika kita tidak bisa membuat angle yang lebih lebar dari space yang ada.

Foto Pernikahan

 

 

 

 

 

Artikel Terkait