Tips Memilih Bahan Kebaya Pengantin

Tips Memilih Bahan Kebaya Pengantin

Tips Memilih Bahan Kebaya Pengantin Yang Nyaman nan Elegan

Tips memilih bahan kebaya pengantin ini akan sangat anda perlukan, karena kebaya Pengantin merupakan pelengkap utama dalam penampilan terbaik seorang pengantin perempuan. Bahan kebaya menjadi bagian terpenting dalam membuat kebaya pengantin. Dengan pemilihan bahan kebaya yang benar dan tepat, kebaya pengantin anda bukan hanya akan nampak indah digunakan tapi juga nyaman dikenakan. Jenis bahan kebaya sangat banyak dan beragam, diantaranya brokat, organdi, sifon, sutra, tule, dan tenun. Dalam pemilihan jenis bahan ini membutuhkan pertimbangan yang matang. Karena setiap jenis bahan memiliki keunggulan dan konsekuensi masing – masing. Dalam artikel ini kita akan bahas pemilihan  bahan kebaya pengantin yang baik.

Memilih Bahan Kebaya Pengantin

Brokat

Bahan brokat merupakan bahan yang sering kali digunakan untuk membuat kebaya. Jenis bahan brokat terbaik adalah brokat yang diimpor dari Perancis. Mengenai kualitas brokat, bahan brokat buatan Indonesia juga tidak kalah saing dengan produksi luar negeri. Kerap kali orang tidak mampu membedakan antara bahan brukat dan tila, karena keduanya memang merupakan satu jenis bahan yang sama yaitu yang dikenal dengan istilah lace. Yang membedakan antara brokat dan tila adalah pada aplikasi design nya. Secara design, brokat lebih sederhana dibanding tile. Bahan brokat memiliki design yang padat dan tidak timbul bordirnya, serta tidak memiliki banyak aplikasi assesoris seperti payet, lambochi maupun manik – manik. Perbedaan antara bahan brokat dan tila yang paling menonjol adalah pada kepadatan benangnya, brokat kerapatan benangnya lebih padat dibanding tila. Keunggulan tila dibanding brokat adalah dapat diaplikasikan designnya sehingga menjadi motif timbul. Bila brokat yang terkenal  brokat Perancis, maaka tila kualitas unggul terkenal tila Korea.

Dari pemaparan diatas diperoleh benang merah tips memilih bahan kebaya pengantin yang pertama yaitu, bila anda menghendaki kesederhanaan dalam kebaya pengantin anda maka gunakan lah bahan brokat, dan sebaliknya bila anda menghendaki kemewahan kebaya pernikahan anda maka gunakalah bahan tile dengan aplikasi design sebagai bahan kebaya nikah anda.

Organdi

Bahan organdi merupakan bahan pakaian yang bertekstur lembut dan berkilau. Kesan mewah dan eksklusif akan dihadirkan bila anda menggunakan bahan jenis ini untuk bahan kebaya anda. Namun, bahan organdi tidak umum digunakan sebagai bahan untuk membuat kebaya pengatin. Demikian pula bahan sutra, dapat dijahit menjadi kebaya namun belum umum digunakan untuk pengantin dalam pernikahan.

Sifon

Sedangkan bahan sifon adalah bahan yang halus dan lembut, kesan jatuh bila dikenakan. Bahan jenis ini sebaiknya digunakan sebagai selendang kebaya anda. Sedangkan jenis bahan tenun adalah buah tangga (handmade) anak bangsa, dengan ketebalannya bahan jenis tenun ini tepat digunakan sebagai kain bawahan kebaya pengantin anda. Maka tips kedua, jangan gunakan bahan organdi, bahan sutra, bahan sifon maupun bahan tenun sebagai bahan untuk membuat kebaya, tapi gunakan bahan tersebut sebagai bahan pelengkap kebaya pengantin anda.

Puring

Bahan selanjutnya yang dibutuhkan dalam pembuatan kebaya pengantin adalah bahan puring. Bahan puring merupakan bahan yang digunakan untuk melapisi bahan brokat maupun tila. Brokat dan tila harus dilapi dengan tujuan dapat menutupi bagian tubuh dengan sempurna, karena brokat dan tila memiliki ciri khas yakni transparan atau dapat terlihat bagian tubuh si pemakainya. Jadi tips ketiga yakni pastikan anda telah memiliki bahan puring jika anda menggunakan bahan brokat maupun bahan tila.

 

Itulah tiga tips memilih bahan kebaya pengantin, semoga bermanfaat untuk anda yang akan melangsungkan pernikahan. Selamat berbahagia. [LS107]