Tips Hemat Persiapan Pernikahan Sederhana 

Bagi anda yang ingin menikah, namun terkendala anggaran dana tentunya Tips Hemat Persiapan Pernikahan Sederhana ini akan memberikan info penting untuk anda. Pernikahan pada hakikatnya adalah sebuah prosesi sakral untuk menggabungkan dua insan dan dua keluarga yang berbeda. Resepsi pernikahan sendiri dibuat bukan untuk ajang bermerwah-mewahan, tapi sebagai acara yang menyampaikan kepada orang banyak berita gembira bahwa anda telah bersanding dengan pasangan. Sehingga pelaksanaan resepsi pernikahan dapat dilakukan secara hemat bila memang terkendala dana. Namun, apabila dana itu ada dan anda memang ingin berikan seoptimal mungkin untuk moment berharga anda silahkan maksimalkan yang anda bisa.

https://www.instagram.com/p/BrPw-9Dli9Z/

Tips Hemat Persiapan Pernikahan Sedehana: Menikahlah di Luar Musim Menikah

Berbagai vendor pernikahan seperti bridal, catering, decoration & lighting, dress & attire, entertainment, event rentals, hair & make up, photography & videography, dan venue kerap kali memberikan penawaran khusus dengan potongan harga (discount) untuk setiap layanan persiapan pernikahan yang mereka tawarkan pada saat sepi pelanggan. Untuk itu, bila anda ingin menghemat anggaran pernikahan sebaiknya anda memilih tanggal pernikahan di luar musim orang-orang menikah.

Tips Hemat Persiapan Pernikahan Sederhana: Carilah Berbagai Item Discount

Untuk barang-barang hantaran, anda dapat meminimalisir anggaran dana dengan mencari barang-barang yang mendapatkan discount. Selain itu, untuk perlengkapan-perlengkapanlain yang anda telah miliki anda tidak harus melulu beli tapi gunakan yang telah ada. Misalnya, anda telah memiliki sepatu yang nyaman digunakan untuk sepanjang resepsi pernikahan, anda tidak perlu membeli sepatu. Dengan begitu anda telah berhemat dalam persiapan pernikahan.

Tips Hemat Persiapan Pernikahan Sedehana: Optimalkanlah Kemampuan Kerabat

Tanpa anda sadari, anda dikelilingi oleh orang-orang tersayang yang memiliki bakat hebat. Manfaatkanlah teman atau kerabat anda dengan kemampuannya seperti catering, musisi, penjahit dan lain-lain. Dengan memanfaatkan kemampuan teman atau kerabat anda, anda dapat mengurangi anggaran dana. Setidaknya anda akan mendapatkan potongan harga untuk jasa persiapan pernikahan yang mereka berikan, bila beruntung anda mendapat gratisan.

Tips Hemat Persiapan Pernikahan Sedehana: Resepsi Outdoor

Dengan mengadakan resepsi outdoor anda akan mampu menampung banyak tamu undangan dibanding menggunakan gedung (indoor) yang kapasitasnya terbatas. Hal yang harus anda perhatikan bila anda ingin melaksanakan resepsi outdoor adalah cuaca. Bila cuaca cerah, resepsi outdoor anda akan secerah hati anda. Tapi bila cuaca hujan, konsep outdoor akan memberikan anda berbagai kendala. 

Tips Hemat Persiapan Pernikahan Sedehana: Menyewalah Bukan Membeli

Usahakan agar anda menyewa dan meminjam bukan membeli beberapa item perlengkapan pernikahan yang dapat anda sewa seperti gaun pengantin. Dengan pertimbangan kalau gaun pengantin hanya saat resepsi saja digunakannya, maka wajar bila anda tidak membeli gaun pengantin tetapi cukup dengan menyewanya saja. Dengan berhemat pada persiapan pernikahan, anda dapat memanfaatkan dana untuk hal yang lain.

Tips Hemat Persiapan Pernikahan Sedehana: Belilah Gaun Sederhana

Dengan pertimbangan anda ingin tetap memiliki gaun pengantin sendiri sebagai tanda mata peristiwa bersejarah anda yang indah. Anda dapat membuat gaun pengantin dengan model sederhana dan harga yang terjangkau. Dengan model yang sederhana, gaun pengantin anda akan tetap dapat anda gunakan saat menghadiri pesta sehingga bukan saja anda hemat tetapi memiliki gaun yang bermanfaat.

Demikianlah artikel tentang Tips Hemat Persiapan Pernikahan Sedehana, walau sederhana semoga pernikahan anda berjalan indah hingga ke syurga. Selamat Berbahagia.