Manfaatkan Cahaya Minim Untuk Foto Sempurna

Definisi fotografi adalah sebuah ilmu yang mempelajari cara melukis dengan cahaya. Maka penting bagi para fotografer untuk dapat mengambil foto dengan keadaan pencahayaan yang beragam. Pernah kah anda merasakan kendala di lokasi dengan minim pencahayaan? Merasa tidak berdaya dengan pencahayaan minim tersebut? Duh kalau begitu anda perlu paham caranya memanfaatkan cahaya minim untuk hasil foto yang maksimal nih. Makanya, langsung saja simak Tips Fotografi Low Light yang akan Alienco jelaskan di bawah ini :

Tips Fotografi Low Light

Tips Fotografi Low Light

Gunakan Lensa dengan Bukaan Besar

Sudah paham teori tentang bukaan pada kamera kan? Atau belum? Bukaan pada lensa kamera merupakan salah satu jalan cahaya untuk masuk ke dalam sensor kamera anda. Secara teori dijelaskan bahwa semakin besar bukaan, maka cahaya yang dapat masuk semakin banyak. Sempitnya bukaan berarti cahaya yang masuk sedikit. Jika anda berada di keadaan cahaya minim, tentu anda perlu men-setting ke bukaan besar. Hal ini agar sensor kamera anda dapat mengumpulkan sebanyak mungkin cahaya untuk menciptakan foto.

@aliencophoto

Memanfaatkan ISO dengan Angka Tinggi

Salah satu dari segitiga exposure adalah ISO. ISO ini juga penting bagi pengaturan kamera untuk mengambil foto. Saat angka ISO yang anda gunakan kecil, maka cahaya yang didapat semakin sedikit. Angka ISO kecil pas untuk pemotretan outdoor atau pemotretan indoor dengan sumber cahaya yang cukup. Anda perlu menaikkan angka ISO saat berada di tempat yang low light atau minim cahaya.

Namun, perlu diketahui, semakin tinggi angka ISO yang digunakan akan menciptakan bintik-bintik grainy pada foto anda. Grainy ini juga lebih biasa disebut noise. Tapi jangan khawatir, noise ini biasa terjadi pada beberapa tipe kamera saja. Semakin baik teknologi saat ini membuat beberapa kamera mampu mereduksi noise meski anda menggunakan angka ISO besar. Bagi pengguna kamera yang belum bisa menghindari noise pada angka ISO tertentu juga bisa menguranginya saat memasuki proses olah digital kok.

https://www.instagram.com/p/BtSvjUfgyXI/

Gunakan Lampu Flash

Bagi anda yang mendapati situasi dimana kedua tips sebelumnya masih kurang maksimal, anda bisa menambahkan dengan cahaya flash. Namun, beberapa situasi juga kadang tidak memungkinkan anda secara sembarangan menggunakan flash. Anda perlu menggunakan flash secara bijak. Flash internal kamera atau flash eksternal hal ini sama saja. Saat menggunakan flash anda perlu menambahkan peredam atau diffuser supaya cahaya yang dihasilkan tidak terlalu keras. Aturlah angka sesuai dengan kebutuhan. Jika perlu gunakan flash dengan memantulkan cahaya jadi flash tidak langsung menghadap dan memberikan cahaya pada permukaan objek.

Gunakan Tripod untuk Meredam Guncangan

Salah satu cara menangkap banyak cahaya masuk adalah dengan mengurangi angka shutter speed. Karena semakin cepat shutter speed membuka dan menutup, cahaya masuk juga terbatas. Saat mengurangi angka shutter speed demi mendapat cahaya cukup, anda tentu akan menghadapi kendala dalam hal shaking. Bisa saja foto yang dihasilkan hilang fokus atau blur, bahkan parahnya shaking. Namun tenang saja, hal tersebut dapat mengantisipasinya dengan menggunakan tripod.

Baca juga,

Hasil Foto Natural, Tips Menjaga Mood Saat Prewedding

Nah, bagaimana tips di atas? Cukup mudah ya. Penting tentunya untuk langsung dipraktikan. Anda perlu mengetahui dengan tepat cara menerapkan tips fotografi low light tersebut saat sedang bertugas di lapangan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

2 Responses

Comments are closed.