Cara Membuat Foto Hitam Putih Yang Lebih Dramatis

Tips Fotografi Hitam Putih. – Fotografi hitam putih dari dulu hingga kini masih menjadi favorit fotografer dalam style foto mereka pada saat penciptaan karya. Menurut para fotografer, dengan hitam putih kesan dramatis yang ditimbulkan pada foto menjadi lebih terasa. Pilihan hitam putih juga untuk menambahkan kesan elegan dari suatu karya foto, sehingga banyak fotografer menyukainya. Begitu juga dengan penikmat foto, foto dengan warna hitam putih cukup menjadi favorit penikmat.

Jika sebelumnya Alienco pernah membahas tentang Tips Fotografi Fashion Pemula, kini saatnya tips fotografi hitam putih. Meski menyukai foto hitam putih, cukup banyak fotografer yang belum terbiasa menciptakan foto hitam putih. Tidak taunya tentang pengaturan setting kamera dan bagaimana foto tersebut akan dapat terlihat menarik meski hanya terdiri dari hitam dan putih. Yuk simak langsung Tips Fotografi Hitam Putih di bawah ini :

Tips Fotografi Hitam Putih

Tips Fotografi Hitam Putih

Gunakan Mode Warna

Loh? Kok mode warna? Mungkin itu yang akan muncul dipikiran ketika membaca tips pertama ini. Memang pada kamera biasa terdapat setting mode monokrom, tapi ternyata mode ini memiliki kekurangan. Jika langsung dari kamera disetting mode monokrom, maka warna asli objek hilang dan anda tidak bisa menangkapnya secara detil. Maka setting tone warna seperti pengambilan foto biasa lebih tepat. Karena dalam mode warna, rentang tone akan lebih lebar dan anda dapat lebih mudah mengendalikan bagaimana kesan dramatis yang diinginkan pada foto anda. Cara terbaik adalah melakukan proses editing dari warna ke hitam putih.

Setting ISO Serendah Mungkin

Tentu anda sudah tau jika angka ISO tinggi dapat menimbulkan grainy atau noise pada foto. Ini menyebabkan pixel foto merenggang dan kepadatan gambar kurang. Angka ISO serendah mungkin akan menjaga kepadatan gambar dan nantinya akan menciptakan warna hitam putih yang lebih tajam dan pekat. Namun, tidak menutup kemungkinan anda juga boleh sengaja menciptakan noise pada foto demi menyesuaikan dengan kebutuhan mood foto.

Manfaatkan Bayangan Untuk Mempertegas Bentuk

Bayangan objek pada foto berperan penting pada foto hitam putih. Bermain dengan posisi jatuhnya bayangan akan menambahkan kesan dramatis dan memperkuat mood foto anda. Selain itu bayangan pada foto juga berfungsi untuk memberi volume pada objek foto anda sehingga tampak nyata.

Perhatikan Tekstur, Pola, dan Garis

Memilih foto hitam putih bukan berarti anda harus menghilangkan tekstur atau garis yang ada pada foto. Jaga tekstur objek pada foto untuk menampakannya menjadi lebih nyata. Pola dan garis juga diperlukan untuk mempertegas bentuk objek foto anda. Penikmat foto akan dapat lebih baik dalam menangkap makna foto anda.

 Atur Komposisi

Tips fotografi hitam putih yang terakhir adalah menciptakan komposisi foto. Kembali ke dasar, tentu komposisi foto sangat diperlukan. Anda perlu memperhatikan bagaimana anda meletakkan posisi objek utama anda dan pendukungnya dalam frame anda. Karena ketepatan komposisi tentu akan menaikkan nilai foto anda dan pesan yang sedang anda coba sampaikan benar-benar dipahami penikmat foto.

Baca juga,

Seri Belajar Fotografi Fashion : Tips Foto Fashion Show Runaway

Demikianlah Tips Fotografi Hitam Putih dari Alienco. Jika anda menginginkan foto prewedding dengan konsep foto hitam putih, jangan lupa hubungi Admin Alienco. Karena kami menyediakan jasa foto prewedding untuk mengabadikan momen pra-nikah anda. Semoga tips tersebut dapat bermanfaat! Selamat berbahagia!