Tips Foto Prewedding, Improvisasi di lokasi foto yang menantang

Umumnya, foto prewedding yang baik adalah dengan perencanaan yang matang. Namun sesuatu yang di luar dugaan bisa saja terjadi di lapangan, kita perlu berimprovisasi agar semuanya tetap berjalan tanpa kendala yang berarti. Kita perlu memperkirakan untuk mengatur ulang sumber pencahayaan, dekorasi yang tak sesuai, atau hambatan tak terduga lainnya dapat membuat stress saat di lapangan. Ini adalah Beberapa tips improvisasi di lokasi foto prewedding yang menantang.

contoh foto prewedding jakarta

Cuaca yang tak menentu saat lokasi foto prewedding di luar ruangan

Foto prewedding dengan background alami di luar ruangan memang menjadi pilihan banyak orang, cahaya yang lembut, warna keemasan khas matahari saat “Golden Hour” memang sangat menarik. Namun dengan keadaan cuaca di musim penghujan yang tidak menentu, membuat kita harus berfikir ekstra untuk mendapatkan foto prewedding yang baik namun tetao dengan suasana alami atau cahaya yang sempurna.

Solusi untuk kendala ini adalah, dengan memindahkan lokasi menjadi di dalam ruangan. Banyak konsep yang dapat di eksplore dengan mimilih foto prewedding di dalam ruangan, dengan begini anda tidak perlu khawatir dengan keadaan cuaca yang tak menentu. Kebutuhan cahaya di dalam ruangan dapat di atasi dengan sedikit lampu tambahan, untuk memainkan dimensi warna dari foto prewedding kita juga dapat memaksimalkan pengaturan pada kamera. Anda dapat mengantur ISO dengan angka yang tinggi untuk mensiasati kondisi ruangan yang sedikit gelap, dan juga kita bisa memanfaatkan cahaya pantulan agar dapat menghilangkan bayangan yang menggangu. Kita bisa menggunakan reflector atau papan busa putih besar untuk memantulkan cahaya kepada objek. Anda juga bisa memantulkan cahaya yang keluar dari flash ke lamngit-langit ruangan, di sarankan untuk memantulkan pada bagian yang berwarna putih agar tidak mempengaruhi warna dari objek yang ada. Pada bagian ini sang fotografer harus cepat memutuskan untuk mengatasi kendala yang terjadi di lapangan. Dengan impovisasi, kendala cuaca yang tak menentu dapat teratasi dan foto prewedding akan tetap berjalan.

 

Warna Beckground yang terlalu kontras dalam foto prewedding

Jika anda memilih untuk mengambil foto prewedding di dalam ruangan, bukan berarti kesulitan anda akan berakhir. Terkadang anda harus menemukan lokasi foto prewedding yang memiliki dinding atau bagian lainnya yang berwarna terlalu kontras atau terang. Apa dampaknya untuk foto anda? Jika anda menggunakan lampu flash dan pantulannya, warna yang kontras akan mempengaruhi warna cahaya yang jatuh pada objek di depan anda dalam hal ini objeknya adalah client foto prewedding anda. Anda tentu tidak menginginkan warna kulit client anda berawarna kekuningan atau kemerahan akibat cahaya yang terpantul dari dinding yang bercat merah atau kuning bukan?

Solusi yang dapat di ambil dalam kasus ini adalah, coba menembakan langsung cahaya flash ke objek dengan kekuatan cahaya yang rendah. Cahaya flash juga dapat di redam, agar cahaya yang di keluarkan dapat jatuh merata pada objek. Atau jika dengan cara itu masih tidak berhasil, anda dapat mencoba “Fix it in post”. Atau dalam kata lain anda dapat mengedit foto anda dalam photoshop setelah pengambilan foto prewedding. Jika anda sudah mengetahui beberapa cara ini, mempermudahkan anda untuk mengambil keputusan dan atisipasi selama sesi foto prewedding.

 

 

 

 

Artikel Terkait