Belajar Fotografi Strobist

Bagi anda yang memiliki hobby Fotografi, tahukah anda apa itu Strobist? Sebelum kita memulai Belajar Fotografi Strobist, kita akan mengenal terlebih dahulu arti dari Strobist itu sendiri. Fotografi Strobist adalah sebuah tehnik pengambilan gambar yang memanfaatkan cahaya tambahan yang berasal dari lampu kilat, baik itu berasal dari lampu flash ataupun lampu speedlight. Namun pada tehnik fotografi strobist di sini sangat jarang menggunakan flash atau lampu tambahan yang berasal dari badan kamera, istilah penggunaan lampu yang terpisah denga badan kamera adalah Off shoe atau off camera flash. Belajar Fotografi Strobist juga sangat bermanfaat untuk mendukung ide kreatif anda dalam menghasilkan foto yang baik, karna fotografi berarti melukis dengan cahaya maka intensitas masuknya cahaya ke kamera sangat penting dan harus di perhitungkan dengan baik. Tehnik Fotografi Strobist biasanya memanfaatkan lebih dari satu lampu tambahan yang di pasang pada light Stand, namun jika anda hanya memanfaatkan satu lampu saja untuk mengambil gamabar juga sudah termasuk kedalam tehnik fotografi Strobist. Untuk belajar fotografi strobist lebih dalam, kita akan berkenalan dengan beberapa peralatan yang wajib di miliki dan sedikit tips untuk mempelajari fotografi strobist di artikel berikut.

Belajar Fotografi Strobist : Peralatan yang Wajib anda miliki

Belajar fotografi strobist sekilas memang terlihat lebih rumit, namun hasil yang anda dapatkan akan jauh lebih baik dari hasil foto anda tanpa strobist. Beberapa peralatan dasar yang wajib anda miliki antara lain, Kamera SLR, DSLR, atau kamera digital lainnya yang memiliki hot shoe. Kemudian yang anda butuhkan lainnya adalah lampu flash atau speedlight untuk lampu tambahan, dan untuk mensingkronkan antara lampu terpisah dengan kamera anda bisa menggunakan Trigger baik itu yang menggunakan Kabel maupun tanpa kabel. Light stand atau tiang penyanggah lampu tambahan, agar anda bisa dengan mudah menempatkan lampu di depan, samping, atau belakang objek foto. Untuk menyempurnakan Belajar fotografi Strobist anda bisa menambahkan beberapa peralatan lainnya, seperti Reflector, Snoot, honeycomb, ataupun softbox untuk penyebaran cahaya yang lebih harus di foto anda.

Fotografi Strobist
www.Alienco.net

Belajar Fotografi Strobist : Tips And Trik berfoto dengan lampu tambahan

Belajar fotografi Strobist tidak se-sulit yang anda fikirkan, anda cukup menguasai metering, eksposure, dan singkronisasi flash. Selain itu anda juga perlu memahami batas maksimal angka shutter speed saat menggunakan flash untuk strobist. Beberapa tips yang perlu anda pelajari dari belajar fotografi strobist adalah :
1. Jika anda menggunakan lampu flash yang terpasang pada light stand lebih dari satu, posisikan lampu tersebut di depan objek dengan posisi menyamping dan di belakang objek untuk menerangi bagian belakang (Mempertegas bayangan tubuh atau membuat cahaya rambut atau hair light)
2. Dengan strobist memungkinkan anda untuk mengatur ambient exposure atau cahaya yang ada di lingkungan, control ini bisa di lakukan dengan menentukan angka shutter speed. Semakin rendah shutter speed yang ada gunakan akan semakin terang latar belakang pada foto, dan jika shutter speed di atur cepat akan memungkinkan cahaya pada lingkungan akan gelap.
3. Menggunakan tehnik Strobist pada foto di malam hari biasanya menggunakan shutter speed yang tinggi, agar cahaya lebih banyak masuk dan latar belakang lebih terang. Sedangkan untuk tehnik strobist pada siang hari anda harus mengatur shutter speed dengan tinggi, untuk menghindari overexposure pada foto anda karna sumber cahaya alami sudah dominan dan di tambah dengan cahaya tambahan dari flash anda.
4. Kebanyakan flash yang di gunakan untuk Strobist hanya mampu di singkronisasikan dengan shutter speed 1/200, untuk mengatasi keterbatasan singkronisasi ini anda juga bisa mengatur aperture dan ISO yang baik untuk menghindari over atau under exposure. [Ra]

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait:

4 Responses

Comments are closed.