MC Pernikahan Adat Jawa: Agus Daryanto

Review MC Entertainment pernikahan adat Jawa: Agus Daryanto. Pernikahan adat Jawa di layar kaca sangat jelas kita lihat saat Dude Herlino dan Alysaa Subandono melangsungkan pernikahan mereka. Nuansa Jawa sangat kental dan terasa pada pernikahan yang disaksikan seantero Indonesia itu. Bila anda memperhatikan dengan seksama saat itu, pernikahan adat Jawa dapat kita pahami dan mengerti maksudnya dengan bantuan MC atau pembawa acara. Pengetahuan MC Pernikahan adat Jawa tentang pemahaman penuh adat Jawa itu sendiri merupakan suatu kewajiban. MC Acara Pernikahan Dude dan Alysaa saat itu adalah Agus Daryanto.

foto MC pernikahan jakarta depok bogor (3)

Beliau merupakan MC yang benar-benar dalang manten. Dalang Manten yaitu orang yang menguasai bahasa Jawa halus kromo, mengerti segala selak – seluk budaya Jawa, dapat melantunkan tembang Jowo dan juga menguasai “Suluk”. Suara beliau merdu, dengan sikapnya yang tegas beliau mampu berlakon layaknya seorang dalang. Selain itu, beliau dikenal sebagai salah seorang penyiar RRI dan beliau juga merupakan juara dari Kejuaraan MC adat Jawa se-Jakarta.

Sudah dapat dipastikan kemahiran beliau dalam memandu acara tradisional Jawa dan tidak perlu diragukan kredibilitas beliau sebagai seorang MC. Sudah bukan rahasia lagi, bila seseorang ingin melaksanakan acara bertemakan tradisional Jawa, maka akan teringat sebuah nama Agus Daryanto. Beberapa orang mengungkapkan rasa apresiasinya atas jasa Agus Daryanto yang telah membantu kelancaran upacara pernikahan adat Jawa yang mereka gelar, lewat review yang ditulis mereka di blog pribadi. Beberapa review tersebut adalah:

  1. .. Acara siraman dan midodareni dipandu oleh beliau. Acaranya berjalan cukup khidmad dan lucu. Yup, lucu. Pak Agus itu hobby mbanyol dan selain itu Pak Agus bisa mingle ke semua orang sehingga keluarga dan saudara-saudara saya pun tidak canggung. Kalau ngasih tau tentang ini itu, Pak Agus tidak terkesan menggurui tapi lebih ke pendekatan secara batin hehehe. Intinya beliau cukup profesional dan kami sangat puas dengan jasa MC nya..”

Dari review yang diatas kita dapat memahami bahwa Agus Daryanto merupakan pribadi yang dapat menyesuaikan diri dengan baik. Disaat dibutuhkan kebijaksanaannya dalam membangun suasana khidmat ia mampu melakukannya. Dan disaat ia dibutuhkan sebagai pribadi yang mampu mencairkan suasana ia juga mampu melontarkan candaan yang menghibur acara.

  1. ” .. Pak Agus ini memang ternyata pengetahuannya akan adat Jawa sangat luas, terbukti saat beliau sowan ke rumah saya untuk menghadiri rapat keluarga, beliau lah yang banyak memberi mpenjelasan dan masukan kepada keluarga terkait resepsi. Orangnya juga tegas dan mampu mengkoordinasi semua jajaran staf yang ada terutama vendor photo dan video..” 

Agus Daryanto merupakan orang yang berpengetahuan luas, khususnya tentang pengetahuan tradisi Jawa. Namun, ia tidak sungkan untuk berbagi pengetahuan dan memberikan masukan kepada siapapun yang membutuhkan. Kemampuannya beradaptasi sehingga mampu diterima dengan baik oleh siapapun.

  1. “.. Saya makin tenang begitu tau Pak Agus sudah mempersiapkan segalanya mulai dari backup cd player kalau ternyata cd player kami tidak bisa memutar, daftar lagu, dsb. Ibu saya pun tenang mengetahui dia ada di tangan yang tepat..”.

Selain sikap dan sifat yang telah diungkapkan sebelumnya, beliau juga memiliki sifat professional dimana beliau telah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menunjang kelancaran acara. Ini merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap orang yang bekerja dimanapun.

Semoga tradisi Indonesia termasuk tradisi Jawa tetap eksis keberadaannya, lewat insan-insan seperti Agus Daryanto yang secara tidak langsung terus berlangsung melanggengkan tradisi budaya Indonesia. Semoga artikel yang berjudul Review MC Entertainment Pernikahan Adat Jawa: Agus Daryanto dapat bermanfaat bagi anda. selamat berbahagia. [LS86]