Perbedaan Wedding Organizer dan Wedding Planner

Perbedaan Wedding Organizer dan Wedding Planner. – Saat kamu dan pasangan ingin melangsungkan pernikahan, pasti akan terlintas dipikiranmu mengenai wedding organizer dan wedding planner. Khususnya bagi kamu dan pasangan yang super sibuk dengan pekerjaan masing-masing, mungkin saja terpikirkan untuk menggunakan jasa wedding organizer ataupun wedding planner. Bagi kamu dan pasangan yang menginginkan pernikahan impiannya terlaksana dan diatur dengan baik. Menggunakan salah satu jasa tersebut merupakan pilihan terbaik yang bisa kamu dan pasangan lakukan.

Mengingat kembali bahwa persiapan pernikahan tidak semudah yang dipikirkan. Jasa wedding organizer atau wedding planner sangat membantu bagi kamu dan pasangan untuk mewujudkan pernikahan impian yang diidam-idamkan oleh kamu dan pasangan. Tentunya persiapan pernikahan ini tidak dapat kamu lakukan berdua saja ya.

Dalam persiapan pernikahan perlu melibatkan orang-orang yang kamu percayai untuk mempersiapkannya. Namun, jika kamu tidak yakin dengan cara tersebut menggunakan jasa wedding organizer atau wedding planner merupakan hal yang tepat untuk kamu lakukan.

Jika kamu sudah yakin akan menggunakan jasa wedding organizer atau wedding planner. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari rekomendasi dari saudara, teman, atau tetanggamu yang sudah pernah menggunakan salah satu dari kedua jasa wedding tersebut. Nah, sebelum melakukan hal itu apakah kamu sudah tahu apa itu wedding organizer atau wedding planner?

Jangan-jangan kamu menganggapnya sama, tidak heran ya memang sebagian orang mengaggap bahwa wedding organizer dan wedding planner itu merupakan hal yang sama. Tapi, kedua jasa tersebut jelas-jelas berbeda, dari namanya saja sudah berbeda apalagi dengan cara kerja dan fungsinya.

Nah, sebelum kamu menentukan akan menggunakan jasa yang mana, simak dulu perbedaan wedding organizer dan wedding planner berikut ini.

Pengertian

Wedding Organizer

Perbedaan Wedding Organizer dan Wedding Planner

Merupakan suatu jasa yang dikhususkan untuk membantu calon pengantin dan keluarga, dalam mengatur dan memastikan pelaksanaan pernikahan berjalan dengan baik dan lancar. Tentunya rangkaian acara pernikahan tersebut sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh calon pengantin dan keluarga. Wedding organizer juga dapat mengelola pesta pernikahan.

Mulai dari akad nikah, upacara adat, catering, rias pengantin, dan lain-lain. Selain itu, wedding organizer juga memberikan informasi pada calon pengantin tentang segala hal yang berkaitan dengan pernikahan. Tugasnya adalah membantu dalam segala hal persiapan pernikahan sampai acara berlangsung.

Wedding Planner

Suatu jasa yang dikhususkan untuk membantu calon pengantin dan keluarga, dalam mempersiapkan pernikahan. Wedding planner biasanya sudah memiliki rekan vendor-vendor yang profesional. Wedding planner juga akan memberikan saran-saran mengenai vendor mana saja yang cocok untuk pernikahan calon pengantin tersebut. Mulai dari vendor dekorasi, catering, hiburan, sampai fotografer.

Bagaimana, kedua jasa wedding tersebut berbeda bukan?

Kedua jasa tersebut sama-sama sangat membantu bagi kamu dan pasangan ya. Wedding organizer membantu dalam mengatur pelaksanaan hari-H pernikahanmu agar berjalan dengan baik sesuai yang sudah kamu rencanakan. Wedding organizer akan meminta daftar vendor mana saja yang sudah berkerja sama dengan kamu dan pasangan. Dengan begitu maka pihak wedding organizer akan melakukan koordinasi dengan vendor-vendor tersebut untuk pelaksanaan resepsinya.

Tapi, ada juga pihak wedding organizer yang memposisikan dirinya sebagai perwakilan dari kamu dan pasangan. Sehingga semua kebutuhan mengenai pesta resepsi pernikahan kamu dan pasangan akan diatur sebaik mungkin oleh wedding organizernya. Biasanya pihak wedding organizer akan memulai pekerjaannya H-1 bulan sebelum pesta resepsi pernikahan kamu dan pasangan berlangsung.

Sedangkan Wedding Planner dapat membantu kamu dan pasangan dalam mempersiapkan segala hal mengenai pernikahan kamu dan pasangan. Kamu dan pasangan akan mendapatkan saran-saran mengenai vendor-vendor yang terbaik untuk pernikahanmu.

Selain itu, wedding planner akan membantu dalam menjadwalkan meeting dengan vendor-vendor hasil sarannya tersebut. Dengan banyaknya vendor yang ditawarkan kamu dan pasangan jadi lebih mengetahui tentang detail harga dari masing-masing vendor tersebut. Bagi kamu dan pasangan yang masih awam terhadap persiapan pernikahan, mungkin banyak sekali pertanyaan yang muncul dibenakmu mengenai langkah apa saja yang harus dilakukan.

Mulai dari mencari gedung, dekorasi, catering, cetak undangan, dan masih banyak lagi. Disinilah wedding planner berperan untuk membantu kebingungan yang melanda kamu dan pasangan mengenai persiapan pernikahan.

Perbedaan Wedding Organizer dan Wedding Planner

Perbedaan

Wedding Organizer

Nah, salah satu rekomendasi Wedding Organizer dari Alienco adalah Amarta Wedding Organizer. Reputasi dan pengalaman Amarta WO dalam menangani pernikahan tidak perlu diragukan lagi lho. Karena Amarta WO sudah berkecimpung di bidang ini sejak tahun 2010! Sempat beberapa kali kolaborasi bersama Alienco, sudah jelas bahwa kerja tim mereka di lapangan sangat profesional.

Untuk lebih tau tentang portofolio dari Amarta WO bisa cek instagram mereka di @amarta.woAtau ngobrol langsung saja dengan salah satu CS Amarta WO disini ya!

Baca juga Hal Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Menentukan Wedding Organizer

Wedding Planner

Biasanya harga yang perlu kamu keluarkan untuk menggunakan jasa wedding organizer memang akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karena, wedding organizer sudah mempunyai harga yang sudah ditetapkan oleh pihak wedding organizer tersebut. Tapi, wedding planner biasanya akan lebih fleksibel karena harga akan ditentukan sesuai dengan acara yang akan diadakan oleh kamu dan pasangan.

 

Apabila kamu sudah paham perbedaan wedding organizer atau wedding planner waktunya kamu untuk menentukan akan menggunakan jasa yang mana. Pilihan tetap berada pada keputusan kamu dan pasangan ya, juga perlu diingat kembali berapa budget yang kamu miliki. Semoga pernikahanmu berjalan sesuai keinginanmu ya!