Mengenal pernikahan Adat Betawi Depok 

Depok merupakan salah satu kota yang berada di provinsi Jawa Barat, walau demikian letak kota Depok berada di pinggiran Jakarta. Sehingga wajar bila Mengenal pernikahan Adat Betawi Depok menjadi pilihan para pengantin warga Depok. Sesuai dengan Perda Kota Depok No 5 Tahun 2006 yang menyatakan bahwa Provinsi Jawa Barat itu terbagi menjadi tiga zona, yakni zona betawi melayu, pantura dan jawareh (jawa sawareh).  Berbicara mengenai Mengenal pernikahan Adat Betawi Depok , tentu tidak lepas dari dandanan sepasang pengantin dengan atribut pakaian dan asesorisnya. Bahasan mengenai atribut pengantin betawi telah kita bahas pada artikel Pernikahan Tradisional Adat Betawi, Semarak Warna Warni  Busana Pengantin Adat Betawi. Karena pakaian pernikahan adat betawi baik depok maupun Jakarta adalah sama.

contoh foto dokumentasi pernikahan Fotografer Wredding acara adat bogor depok tangerang
alienco.net

Pembeda antara budaya Betawi Depok dengan Betawi Jakarta adalah intonasi dialek atau penekanan saat berbicara. Seperti yang banyak orang ketahui, kalau ciri utama cara berbicara orang betawi adalah penggunaan akhiran –e. Sehingga masyarakat betawi dikelompokkan kedalam dua golongan, yaitu betawi kota dan betawi udik. Betawi kota dikenal dengan penggunaan akhiran –e saat berbicara, sedangkan betawi udik tidak lagi menggunakan akhiran –e dalam setiap logatnya. Betawi Depok tergolong betawi udik.  Pembahasan tentang tata cara pernikahan adat betawi secara umum dapat anda baca pada Pernikahan Tradisional Adat Betawi, Prosesi Unik di Balik Kekayaan Budaya Indonesia. Tata cara pernikahan adat Betawi Jakarta dengan Betawi Depok sedikit berbeda.

Pernikahan adat Betawi Depok terdapat tradisi malam rowahan, yaitu satu malam sebelum malam resepsi pernikahan seluruh keluarga dan kerabat dekat hadir sebagai undangan. Bukan hanya uang sebagai hadiah dari keluarga dan kerabat, pada malam rowahan ini keluarga dan kerabat biasanya membawa makanan atau bahan makanan untuk acara resepsi. Karena itu, pernikahan masyarakat Betawi Depok mayoritas dilaksanakan di rumah. Rumah calon pengantin telah ramai sejak seminggu sebelum acara karena para keluarga dan kerabat membantu memasak untuk resepsi.

Depok tetap  pertahankan tradisi pernikahan adat betawi ditengah banyaknya tawaran pernikahan modern. Dengan adanya foto wedding adat Betawi Depok memperkenalkan kita bahwa sebenarnya Depok memiliki adat Betawi. [LS]

One Response

Comments are closed.