Biaya Penghulu Terbaru 2015  nol Rupiah

Biaya Penghulu Terbaru 2015 – Sejak bulan Juni 2014 kemarin, ketetapan anggaran biaya pernikahan bagi masyarakat di KUA ( Kantor Urusan Agama ) adalah sebesar 0 rupiah. Adanya pengubahan Peraturan Pemerintah ( PP ) No 47 Tahun 2014 mengenai jenis anggaran PNBP ( Pendapatan Negara Bukan Pajak ) di wilayah KEMENAG telah mendapatkan konfirmasi dan persetujuan dari Presiden.

foto buku nikah jakarta bogor depok pas foto

Revisi anggaran pernikahan  memang khusus dibuat untuk menghindari adanya praktik gratifikasi oleh penghulu. Peluang tersebut dapat muncul karena PP ( Peraturan Pemerintah ) yang di tetapkan tahun – tahun sebelumnya tidak memberikan aturan dan ketetapan mengenai anggaran dana pernikahan terhadap pasangan yang melakukan penikahan di luar KUA.

Biaya Penghulu Terbaru 2015, Pemerintah telah menghapuskan seluruh anggaran biaya pernikahan dalam ketentuan yang baru, seperti yang telah diatur dalam PP No. 47 Tahun 2004. Calon pasangan yang ingin meresmikan hubungan pernikahannya tidak akan lagi dikenai biaya administrasi sebesar Rp. 30.000.00. hal tersebut dikarenakan nantinya hanya akan terdapat 2 kelompok tarif pernikahan.

Tarif pertama adalah sebesar 0 rupiah bagi pasangan siapapun yang melangsungkan pernikahannya melalui KUA, tanpa melihat latar belakang ekonominya. Tarif kedua sebesar Rp. 600.000,00 bagi siapapun pasangan yang melakukan pernikahan di luar akntor KUA. Namun bagi siapa saja yang terbukti dapat menunjukkan surat keterangan tidak ammpu atau miskin, maka mereka dapat melangsunhkan pernikahan di luar kantor KUA tanpa dipungut biaya sepeserpun atau gratis. Untuk pembayaran anggaran tarif akad nikah sebesar Rp. 600.000,00, masyarakat tidak memberikannya kepada KUA atau penghulu, melainkan membayar secara resmi melalui Bank yang telah di tetapkan oleh negara sebagai fasilitator.

Anggaran biaya sebesar Rp. 600.000,00 tersebut jga diberlakukan kepada seluruh masyarakat yang bertempat tinggal jauh dari kantor KUA. Hal tersebut disebbakan karena nantinya anggaran transportasi penghulu menuju ke lokasi pernikahan akan ditanggung sepenuhnya oleh negara.

Kesimpulannya adalah, tidak diperbolehkan ada tarif atau pungutan dalam bentuk apapun terhadap penghulu, sebab sesuai ketentuan yangtelah ditetapkan dalam revisi dinilai sudah cukup dari segi perhitungan besaran upah atau gaji ataupun tunjangan yang diberikan kepada penghulu.

Itulah beberapa ulasan informasi yang semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi anda mengenai Biaya Penghulu Terbaru 2015.