8 Tips Belajar Fotografi Menggunakan HandPhone

8 Tips Belajar Fotografi Menggunakan HandPhone. – Handphone atau ponsel sekarang tidak hanya sebagai gaya hidup kaum masyarakat saja, namun sekarang juga menjadi sebuah kebutuhan sendiri di masyarakat. Selain memiliki fungsi utama sebagai alat komunikasi, ponsel juga memiliki fitur- fitur canggih yang sayang jika dilewatkan. Salah satu fitur yang sering kita jumpai pada ponsel adalah kamera. Meski hanya menyandang sebagai kamera ponsel, dengan semakin berkembangnya ponsel saat ini membuat hasil jepretannya juga tak kalah dengan kamera digital. Bahkan hampir menyamai kamera DSLR.

Berikut 8 Tips Belajar Fotografi Menggunakan HandPhone sehingga menghasilkan gambar yang bagus.

  1. Bermain Cahaya, Warna, dan Kontras

Ketiga unsur diatas merupakan hal penting yang harus kamu perhatikan untuk mendapatkan hasil jepretan yang maksimal dengan menggunakan kamera pada ponsel. Semakin banyak cahaya yang kamu dapat semakin banyak mempertajam dan memperhalus hasil gambar.

  1. Gunakan Komposisi

Bermaian komposisi juga sama pentingnya dengan bermain cahaya, warna dan kontras. Tidak melulu menempatkan objek pada tengah layar, karena akan menimbulkan rasa bosan bila objek berada di tengah layar. Bisa bermain objek dengan menaruhnya di pinggir atau pojok dengan menggunakan fitur grid yang ada di kamera ponsel kamu.

Mempelajari mengenai komposisi foto bisa juga lho. Komposisi foto tidak hanya untuk kamera DSLR saja kok. Kalau kamu memiliki ilmu ini, diaplikasikan saat memotret menggunakan ponsel juga bisa.

  1. Foto Sebanyak-banyaknya

Apabila kamu menemukan objek  yang bagus, jangan hanya memotretnya sekali. Potret sebanyak-banyaknya dan pilih gambar mana yang menurut kamu paling bagus. Namun jangan memotretannya berulang kali dari angle yang sama. 1 benda saja bisa kamu potret dari beberapa angle lho. Pada akhirnya baru dipilih yang paling menarik.

  1. Perhatikan Delay Shutter Pada Ponsel

Tidak sedikit kamera pada ponsel mempunyai delay shutter(waktu dimana kamera membutuhkan jeda sejenak untuk mengambil gambar). Amati dan hafalkan bagaimana kebiasaan dari ponsel sobat tersebut.Tips belajar foto dengan kamera HP

  1. Jangan Terburu

Ini juga merupakan hal penting agar sobat mendapatkan hasil yang bagus. Tidak hanya menggunakan ponsel, menggunakan kamera digital atau DSLR pun sobat juga harus memperhatikan unsur ini.

  1. Jangan Menggunakan Zoom

Jika sobat ingin mendapatkan objek yang jernih dan tajam jangan menggunakan zoom, majulah dan mendekat. Ingat sobat tidak sedang menggunakan kamera DSLR.

  1. Pilih Kamera Ponsel yang Ada Autofocus

Ada baiknya sobat menggunakan kamera ponsel yang sudah dilengkapi dengan fitur autofokus sehingga hasilnya pun juga akan maksimal.

  1. Kamera yang Ada Flashnya

Sobat juga bisa memilih kamera ponsel yang ada flashnya, ini juga sangat membantu sobat ketiaka meng-capture gambar ditempat gelap.

 

Demikianlah artikel singkat tentang 8 Tips Belajar Fotografi Menggunakan HandPhone. Semoga bermanfaat!