Belajar Landscape photography

 7 Trik Pemula Belajar Landscape photography akan menemani anda dalam mendalami fotografi  alam. Sebelum lanjut membaca artikel ini pastikan anda telah membaca 5 Trik Pemula Belajar Fotografi.

 Landscape photography sulit dilakukan bagi pemula, karena kondisi alam yang unpredictable membuat segala sesuatunya atau segala kemungkinan yang akan terjadi harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Berikut trik yang dapat para fotografer pemula terapkan:

foto pulau seribu jakarta bidadari alienco
alienco.net
foto pulau bidadari jakarta
alienco.net
foto landscape pulau bidadari jakarta pulau seribu
alienco.net
contoh foto pulau bidadari jakarta utara kepulauan seribu
alienco.net

7 Trik Pemula Belajar Landscape photography: Pertama, Subjek Gambar Menarik atau Efek Cahaya Mentari

Hal yang terpenting dalam fotografi adalah subjek gambar.  Jika subjek tersebut tidak menarik, maka hasil jepretan anda tidak memiliki nilai apapun.  Jika anda tidak menemukan subjek yang menarik, jangan takut. Subjek yang tidak menarik apabila mendapatkan pencahayaan dari matahari maka akan terlihat mengagumkan. Maka, belajarlah untuk menentukan subjek yang menarik, mengkolaborasikan dan mempadu padankan tekstur, cahaya dan warna. Cahaya kuning di pagi hari dan cahaya kemerahan di senja hari merupakan warna hasil perpaduan yang mengagumkan.

7 Trik Pemula Belajar Landscape photography: Kedua, Teknik Depth of Field

Dalam mengambil gambar landscape photography diperlukan perasaan yang mendalam. Sehingga taste dari keindahan subjek gambar akan mendalam pula. Anda dapat menyertakan sebuah subjek yang jauh saat ingin mengambil subjek yang dekat, atau dengan kata lain melakukan teknik Depth of Field. Karena cara mengambil gambar alam yang baik adalah dengan mengambil gambar secara dekat. Setangkai bunga yang kecil akan nampak indah berlatarbelakang pepohonan dengan sinar mentari dengan teknik ini.

7 Trik Pemula Belajar Landscape photography: Ketiga, Peralatan Lensa Telephoto Terbaik

Persiapkan Lensa  Telephoto sebagai pendukung terbaik pengambilan foto alam anda. Karena lensa tele mempunyai focal length antara 70mm sd 1700mm, sehingga  dengan besarnya ukuran focal length dapat menangkap sudut pandang gambar yang semakin kecil dan subjek gambar akan terlihat semakin besar atau dekat. Selain itu, sebaiknya anda menggunakan flash yang terpisah dengan bodi kamera. Karena apabila anda menggunakan flash yang tergabung dengan bodi kamera maka hasilnya akan terlihat flat (datar). Flash dinyalakan dari kejauhan agar foto terlihat alami dan nyata. Dibutuhkan kesabaran untuk memotret setiap peristiwa menakjubkan yang terjadi di alam. yang paling identik dari landscape photography adalah liarnya kehidupan dan berbagai peristiwa alam yang fantastis.

7 Trik Pemula Belajar Landscape photography: Keempat, Gunakan Tripod

Fotografer alam haruslah menggunakan tripod, karena kamera dengan lensa tele berat sehingga tripod digunakan sebagai penyeimbang. Posisi tripod harus sempurna agar mempermudah ruang gerak anda. Sehingga saat berjalan atau berpindah mencari subjek yang lain anda tidak terganggu dengan beratnya kamera. Dan dapat tetap fokus pada subjek alam yang anda incar.

7 Trik Pemula Belajar Landscape photography: Kelima, Posisi Subjek Tidak Selalu di Tengah

Jangan selalu menempatkan subjek di tengah, letakkan di posisi yang lain agar pemandangan sekitar subjek terlihat sama pentingnya dengan subjek. Pengambilan subjek dari berbagai arah juga merefleksikan kealamiannya alam. Tidak akan tampak kaku, seperti halnya saat anda mengambil gambar dengan subjek di tengah.

7 Trik Pemula Belajar Landscape photography: Keenam, Lokasi Subjek Menarik

Anda dapat mengunjungi lokasi-lokasi yang anda dapat temukan subjek menarik, baik itu di dalam maupun luar kota, baik di dalam ataupun di luar negeri. Keindahan alam menurut seorang fotografer alam akan berbeda dengan fotografer lainnya. Karena hal ini berkaitan dengan selera yang berbeda-beda. Mungkin bagi seorang fotografer, bunga kecil di pinggir jalan menjadi subjek yang menarik. Berbeda pendapat dengan fotografer lainnya, yang memilih gugurnya bunga sakura di Jepang sebagai subjek yang menarik.

7 Trik Pemula Belajar Landscape photography: Ketujuh, Kecintaan pada Alam

Faktor utama bagi fotografer alam adalah kecintaannya pada alam.  Dengan kecintaannya pada alam akan memicu semangat untuk terus bereksperimen hingga mendapatkan kesempurnaan gambar.

Artikel 7 Trik Pemula Belajar Landscape photography ini semoga memicu semangat anda untuk terus menikmati  setiap keindahan melalui kamera. Bagi anda yang ingin mengabadikan keindahan moment pernikahan artikel  trik fotografer pemula, atur strategi untuk foto pernikahan dan trik fotografer pemula, untuk memulai foto pernikahan pertamanya tepat sekali untuk anda baca. Selamat Berbahagia. [LS]

Artikel Terkait: