Yuk Simak Tips Agar Pesta Bridal Shower Berkesan!

Yuk Simak Tips Agar Pesta Bridal Shower Berkesan!

Yuk Simak Tips Agar Pesta Bridal Shower Berkesan!

Sejak tahun 2015, acara bridal shower memang menjadi acara lepas lajang yang sering diadakan. Meski namanya shower, ternyata rangkaian acara bridal shower ini sangat berbeda dengan istilah siraman pada pernikahan adat jawa. “Lalu, bridal shower ngapain aja?”, sederhananya, susunan acara bridal shower adalah ajang untuk menghujani pengantin wanita dengan hadiah sebelum hari pernikahannya.

Acara bridal shower diadopsi dari budaya Barat sejak tahun 1890 dan sangat populer di Amerika Serikat dan Kanada. Lalu apakah pengantin wanita yang mengadakannya? Tentu saja tidak. Karena ini adalah acara untuk menunjukkan rasa kasih sayang dan cinta Anda kepada calon pengantin wanita, maka rangkaian acara bridal shower sepenuhnya diatur oleh para sahabat atau keluarga si wanitanya.

Berikut ini susunan acara yang umum dilakukan dan tips menyusun rundown acara bridal shower untuk sahabat tercinta:

  1. Siapkan Tanggal Acara Bridal Shower, Tempat Acara dan Daftar Hadir

Acara ini biasanya dilakukan tiga minggu atau sebulan menjelang hari pernikahan. Anda bisa saja mengadakannya untuk membuat surprise kepada calon pengantin, namun jika khawatir calon pengantin tidak bisa hadir, ada baiknya anda mengatur jadwal bersama si calon.

Untuk tempat, acara bridal shower bisa diadakan di restoran yang memiliki spot khusus yang terpisah sehingga tidak mengganggu tamu lain. Bahkan, anda juga bisa mengadakannya di halaman belakang rumah orang tua calon pengantin. Pastikan persiapannya harus cepat ya supaya bisa memberikan surprise ketika ia datang.

Tentukan daftar hadir yang akan datang ke acara bridal shower. Di luar sana, acara bridal shower biasanya akan mengundang tamu wanita yang terdiri dari keluarga dekat, sahabat dan keluarga dari calon pengantin laki-laki yang memang dekat dengannya. Namun di Indonesia, acara ini biasanya hanya mengundang sahabat dekat si calon pengantin wanita.

  1. Mencari Tahu Lebih Dalam tentang Wishlist Calon Pengantin

Karena susunan acara bridal shower ini adalah ‘memandikan’ si calon pengantin dengan aneka hadiah. Maka akan sangat spesial rasanya jika anda bisa memberikan kado atau hadiah yang sangat diidamkan oleh si calon pengantin. Anda mungkin bisa menebak apa yang ia inginkan dari obrolan atau postingannya di media sosial.

  1. Sesi Kuis dan Games Seru

Permainan dalam acara bridal shower harus diselipkan dalam susunan acara bridal shower supaya tidak garing. Sesi games bisa diatur berseling atau dijadikan dalam satu waktu, anda juga bisa siapkan hadiah dan hukuman supaya lebih seru. Berikut ini beberapa ide untuk acaranya:

  • Kuis Kompak

Beberapa hari sebelumnya, anda bisa menyiapkan beberapa pertanyaan kepada calon pengantin pria. Pertanyaan bisa seputar “kapan bertemu pertama kali?”, “tempat yang paling sering dikunjungi berdua?”, “film yang pertama kali ditonton bareng?”, dan yang lainnya. Kemudian nanti di cocokkan dengan jawaban calon pengantin wanita.

  • Kuis Memori atau Pertanyaan Umum

Acara bridal shower juga merupakan ajang supaya bisa makin dengat dengan sahabat, anda bisa bermain kuis memori dengan menyiapkan beberapa pertanyaan. Pertanyaan mungkin hampir mirip dengan kuis sebelumnya. Menyiapkan kisah lucu dengan menebak siapa saja yang terlibat didalamnya juga bisa jadi ajang nostalgia yang menyenangkan.

Persiapkan juga pertanyaan untuk bridal shower yang umum seperti, “Sebutkan siapa saja yang dulu masuk kelas IPA/IPS?”, atau “Sebutkan nama-nama wakil presiden dari awal sampai sekarang”, kadang jawaban-jawaban ngawur bisa membuat tertawa.

  • Tebak Judul Lagu

Siapkan satu atau dua baris lirik lagu tanpa dinyanyikan dan biarkan peserta menebak judul lagu atau penyanyinya.

  • Make Up dengan mata tertutup atau dengan tangan kiri.

Permainan ini bisa dilakukan masing-masing atau secara berpasangan.

Baca juga 5 Tips Ampuh Berhemat Saat Menjadi Bridesmaid

  1. Buka Kado

Acara bisa dilanjutkan ke sesi buka hadiah oleh si calon pengantin. Jangan lupa mengabadikan ekspresi saat si calon pengantin membukanya ya!

  1. Sambutan si Calon Pengantin Wanita

Sebelum berakhir, anda bisa memberikan waktu untuk si calon pengantin mengutarakan kesan dan pesan kepada teman-teman. Sudah bisa dipastikan ini akan menjadi momen yang mengharukan, jangan lupa siapkan tisu ya.

Selain pengantin, para sahabat juga bisa menyiapkan kata kata untuk bridal shower, bisa melalui kertas yang nantinya dibaca di rumah ataupun bicara langsung secara bergantian.

  1. Kejutan Acara Bridal Shower

Kejutan ini bisa juga anda tambahkan saat sesi sepertinya akan berakhir. Anda bisa memberikan hadiah ekstra atau menghadirkan orang tercinta dari si calon pengantin. Misalnya saja mengundang calon pengantin pria untuk memberikan bunga, atau orang tua si calon pengantin.

Simak juga Inspirasi Surprise atau Special Event Untuk Pasangan Pada Hari Pernikahan

 

Demikian susunan acara bridal shower dan ide untuk rundownnya. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp