Yuk Simak Runtutan Lengkap Acara Pernikahan Adat Sunda

Yuk Simak Runtutan Lengkap Acara Pernikahan Adat Sunda

Yuk Simak Runtutan Lengkap Acara Pernikahan Adat Sunda

Keragaman adat dan budaya yang ada di Indonesia membuat tata cara upacara pernikahan juga memiliki banyak ragam dan bentuk. Salah satu adat pernikahan yang paling banyak mencuri perhatian adalah tata cara pernikahan adat Sunda. Pernikahan adat sunda ini memiliki keunikan tersendiri jika kita bandingkan dengan tata cara pernikahan yang ada di daerah- daerah lain. Langsung saja berikut runtutan pernikahan ala adat Sunda

  1. Nendeun Omongan

Tahap ini merupakan tahap pembicaraan antara orang tua kedua belah pihak dari utusan pihak mempelai pria punya niatan untuk mempersunting. Orang tua atau utusan tersebut datang untuk silaturrahmi serta menyimpan pesan bahwa nantinya sang gadis akan dilamar.

  1. Lamaran

Tahap melamar ini biasanya orang tua laki- laki akan mendatangi calon besannya dengan cara membawakan makanan atau bisa juga bingkisan seadanya. Membawa lamareun yang dijadikan sebagai simbol pengikat bisa berupa uang, pakaian, atau bisa juga berupa cincin untuk calon pengantin perempuan.

  1. Tunangan

Pada tahap ini prosesi yang dilakukan adalah patuker beubeur tamueh, yakni melakukan penyerahan ikat pinggang rona pelangi atau polos kepada sang gadis.

  1. Seserahan

3 hari atau 7 hari sebelum pernikahan berlangsung, calon pengantin melakukan seserahan. Calon pengantin pria membawa uang, perabot, pakaian, perabot rumah dapur, makanan dan lain sebagainya.

  1. Ngeyuk seureuh

Jika ngeyuk seureuh tidak dilakukan maka seserahan bisa dilakukan sebelum akan nikah. Prosesi ini sendiri terdapat beberapa tahap dan tata aturan.

  1. Membuat lungkun

2 lembar sirih yang bertangkai saling dihadapkan dan digulung menjadi satu yang memanjang. Diikat dengan benang kanteh yang diikuti dengan orang tua serta para tamu undangan.

  1. Saweranprosesi saweran dalan acara pernikahan adat sunda jawa barat alienco photography

Proses ini merupakan upacara memberi nasihat kepada para mempelai yang dilakukan setelah upacara akad nikah. Melambangkan mempelai dan keluarga akan mendapatkan limpahan rejeki yang banyak.

  1. Membakar harupat

Prosesi ini ditandai dengan pria yang memgang batang harupat lalu mempelai wanitanya yang akan membakar batang tersebut kemudian batang dicelupkan ke dalam kendi yang berisikan air. Prosesi ini memiliki arti, amarah yang timbul baik dari sang laki atau sang perempuan dapat dipadamkan dari salah satu pihak.

Dan berikut kami berikan video Acara Pernikahan Adat Sunda


 

Nah, Demikianlah Yuk Simak Runtutan Lengkap Acara Pernikahan Adat Sunda semoga bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan anda. Terimakasih.

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp