Yuk Simak Runtutan Lengkap Acara Pernikahan Adat Batak

Yuk Simak Runtutan Lengkap Acara Pernikahan Adat Batak

Yuk Simak Runtutan Lengkap Acara Pernikahan Adat Batak

Ada berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk membuat pernikahan terlihat unik dan menarik banyak perhatian dari para tamu undangan. Salah satunya dengan cara menggunakan konsep pernikahan salah satu adat yang ada di Indonesa.

www.alienco.net
www.alienco.net

Nah bagi anda yang masih memiliki keturunan batak atau ingin menggunakan konsep pernikahan yang beda dari yang lainya anda bisa menggunakan model pernikahan adat Batak. Untuk tatacaranya berikut kami sudah ulas khusus untuk anda, Yuk Simak Runtutan Lengkap Acara Pernikahan Adat Batak sebagai berikut:

  1. Mangarisika

Magarisika merupakan kunjungan utusan pria yang tidak resmi ketempat wanita dalam rangka penjajakan. Apabila pintu terbuka maka untuk mengadakan peminangan si orang tua pria akan memberikan tanda mau (tanda holong dan wanita memberi tanda mata).

  1. Marhori Hori Dinding (Marhusip)

Pada proses ini pembicaraan antara kedua belah pihak hanya sebatas dari pihak yang melamar dan yang dilamar, terbatas dalam hubungan kerabat serta belum diketahui oleh khalayak umum.

  1. Marhata Sauta

Tahap ini pada kerabat pria dalam jumlah yang terbatas datang ke mempelai wanita untuk melakukan marhata sinamot untuk membicarakan masalah uang jujur.

  1. Pudun Sauta

Pada proses ini pihak kerabat pria tanpa hula- hula akan menghantarkan wadah sumpit yang berisi nasi serta lauk pauknya yang diterima oleh pihak parboru dan setelah makan bersama diteruskan dengan pembagian Jambar Juhut atau daging kepada para kerabat.

  1. Martumpol

Pada tahap ini intinya kedua belah pihak akan disahkan sesuai dengan institusi agama kepercayaan mereka.

  1. Martonggo Raja (Maria Raja)

Ini merupakan sebuah kegiatan pra pernikahan adat yang bersifat sangat seremonial yang mutlak diselenggarakan oleh penyelenggara pernikahan adat. Lihat juga Pernikahan adat

  1. Manjalo Pasu- Pasu

Setelah acara pemberkatan sesuai dengan kepercayaanya maka mereka sudah dapat dikatakan sebagai suami istri yang sah, lalu mengadakan pesta bersama rombongan keluarga yang ikut di dalamnya.

  1. Pesta Unjuk

Suatu tata cara mengungkapkan rasa sukur atas apa yang telah dialami oleh kedua mempelai.

Bagaimana anda tertarik untuk menikah dengan pernikahan adat batak seperti ini! semoga artikel Yuk Simak Runtutan Lengkap Acara Pernikahan Adat Batak ini menginspirasi anda sekian dan terimakasih.

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp