Yuk intip tentang Make Up Pengantin Khas Jawa Jauh Lebih Dalam

Yuk intip tentang Make Up Pengantin Khas Jawa Jauh Lebih Dalam

Make Up Rias Pengantin Khas Jawa 2015

Make up rias pengantin khas Jawa 2015 merupakan wujud kebanggan bangsa Indonesia yang mampu mempertahankan kekayaan budaya yang dimiliki khususnya rias pengantin adat Jawa. Keberadaan paket rias pengantin jawa dapat dengan mudah anda temui di berbagai make-up artist professional di seluruh pelosok negeri. Dengan mudah anda akan menemukan rias pengantin jawa di Malang, rias pengantin jawa di Semarang, rias pengantin jawa di Surabaya, rias pengantin jawa di Yogyakarta, rias pengantin di Kediri Jawa timur, rias pengantin di Kudus Jawa tengah, maupun di daerah Jawa lainnya.

makeup adat jawa oleh ibu tinuk rifki jogja yogya 2015
alienco.net

Bukan hanya di daerah Jawa itu sendiri, tetapi anda akan dapat menemui  rias pengantin adat jawa di bandung, rias pengantin jawa di bekasi, rias pengantin jawa di ciledug, rias pengantin jawa di depok, rias pengantin jawa di Jakarta, rias pengantin jawa di jakarta selatan, rias pengantin jawa di jakarta timur, rias pengantin jawa di tangerang maupun di daerah – daerah lainnya.

Salah satu make up pengantin khas Jawa adalah Rias pengantin jawa basahan. Rias pengantin jawa solo putri menggunakan kain Cinde Kembang (Cinde Cakar Tanpa Seret) berwarna merah atau menyesuaikan dengan warna dodotnya. Dodot (kampuh) yang digunakan untuk pengantin wanita bercorak alas-alas pradan. Deretan perlengkapan busana  pengantin Solo basahan selain kain dan dodot adalah sangkelat, stagen, longtorso, udet, januran dan slepe (bathokan) buntal udan mas. Sedangkan rias pengantin jawa solo basahan untuk pengantin pria menggunakan dodot (kampuh) seperti pengantin wanita. perlengkapan busana pengantin Solo basahan lainnya adalah bahan cinde, epek, timang dan tiga buah ukup, kalung wulur, rangkaian buntal sepanjang kurang lebih 120 cm, sumping, dan bunga keris.

Selain rias pengantin jawa solo, ciri khas lain dari pengantin Jawa adalah rias pengantin jawa paes ageng. Paes ageng yang menghiasi kening wanita yang akan menikah dengan menggunakan adat Jawa adalah identitas yang tidak dapat dilepaskan. Dengan ukiran di keningnya, pengantin wanita akan bertambah ayu dan keluar aura kecantikannya. Paes ageng ini digunakan diberbagai riasan pengantin adat Jawa, baik itu rias pengantin Jawa Semarang, rias pengantin Jawa Surabaya, rias pengantin Jawa Tengah, rias pengantin Jawa Jogja, rias pengantin Jawa Malang, maupun daerah lainnya.

Saat ini, riasan pengantin khas Jawa telah dimodifikasi atau biasa dikenal dengan sebutan rias pengantin jawa modern. Rias pengantin jawa modifikasi ini berawal dari adanya perpaduan adat budaya yang ada, baik itu pengaruh dari adat luar negeri maupun adat lain yang ada di Indonesia. Bisa jadi karena pernikahan dua adat yang berbeda dapat menciptakan perpaduan rias pengantin seperti rias pengantin jawa sunda dan rias pengantin jawa Jakarta. Riasan jawa modern yang banyak dicari adalah rias pengantin Jawa Tengah modern, rias pengantin jawa modern di Jakarta, dan rias pengantin jawa modern di Surabaya.

contoh foto wedding photography peengantin wanita muslim candid bogor depok bandung
alienco.net wedding photography

Hal lain yang juga perpaduan budaya Jawa dengan budaya lainnya adalah perpaduan dengan busana muslim. Agama Islam yang mewajibkan bagi setiap muslim untuk menutup auratnya tentunya bertentangan dengan tata rias jawa yang menggunakan sanggul atau konde dalam pelaksanaan tradisinya. Namun, kini hal tersebut bukan menjadi masalah lagi dengan adanya rias pengantin jawa muslim. Riasan pengantin jawa muslimah atau riasan pengantin jawa berhijab (riasan pengantin jawa berjilbab) ini tidak melanggar ciri khas dari budaya Jawa dalam tata rias pengantin karena dengan menggunakan hijab atau jilbab mereka tetap dapat menggunakan ciri khas pengantin jawa seperti adat jawa basahan dan paes ageng. Seperti halnya rias pengantin jawa tradisional, rias pengantin jawa hijab atau rias pengantin jawa jilbab dapat ditemui diberbagai wilayah seperti rias pengantin jawa muslim di bekasi, depok, Jakarta, tangerang dan sekitarnya. Demikian make up pengantin khas Jawa 2015, semoga bermanfaat bagi anda para pembaca. Selamat berbahagia. [LS]

 

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp