Yuk Baca! Tata Cara Pernikahan Dalam Adat Padang

Yuk Baca! Tata Cara Pernikahan Dalam Adat Padang

Yuk Baca! Tata Cara Pernikahan Dalam Adat Padang

Pernikahan merupakan momen yang penting dan tidak bisa kita lupakan seumur hidup. Meski memiliki tujuan yang sama, pernikahan dari daerah satu ke daerah yang lainya memiliki tata cara yang berbeda. Perbedaan inilah yang justru memberikan keragaman yang menarik bagi kehidupan berbudaya bangsa.

Pernikahan Dalam Adat Padang Memiliki Tata Cara Yang Berbeda Dengan Pernikahan Yang Ada di Daerah Lainya

contoh wedding photography aang n juwi adat minang depok bogor bandung
alienco.net wedding photographer

Pernikahan dalam adat Padang atau Minangkabau merupakan tata cara pernikahan yang memiliki budaya dan ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan daerah- daerah lainya. Salah satu keunikan dalam pernikahan adat padang adalah yang lebih banyak mempersiapkan pernikahan justru dari pihak pengantin perempuannya. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan tentang tata cara pernikahan dalam adat Padang:

  1. Maresek

Maresek adalah adalah penjajakan pertama atau bisa disebut dengan proses pengenalan. Sesuai dengan adat Padang/ Minangkabau pihak keluarga calon mempelai wanitalah yang mendatangi keluarga calon mempelai pria.

  1. Maminang serta Batuka Tanda

Seperti yang disebutkan diatas, meminang dalam adat minangkabau dilakukan oleh keluarga wanita ke keluarga calon mempelai pria. Apabila tunangan tersebut diterima, maka akan dilanjutkan dengan bertukar Batuka Tanda untuk simbol pengikat perjanjian serta tidak dapat diputuskan secara sepihak saja.

  1. Mahanta (Minta Izin)

Kedua calon mempelai baik itu calon mempelai pria dan calon mempelai wanita memberikan kabar serta meminta restu dan doa atas rencana pernikahanya kepada para mamak- mamaknya, saudara ayahnya, kakak- kakaknya dan lain sebagainya.

pasangan pengantin rumah padang minang kabau jakarta timur
alienco
  1. Babako- babaki

Tata cara adat ini ditandai dengan pihak keluarga dari ayah calon mempelai wanita atau biasa disebut dengan bako dengan memberika kasih sayangnya dengan cara ikut memikul biaya sesuai dengan kemampuanya.

  1. Malam Bainai

Acara ini berlangsung pada malam hari sebelum akad nikah digelar. Bainai sendiri merupakan ritual tumbukan halus serta pacar merah atau biasa disebut denga inai ke kuku- kuku calon mempelai wanita.

  1. Manjapuik Marapulai

Calon mempelai pria akan dijemput serta dibawa kerumah calon mempelai pengantin wanita guna melakukan akan nikah. Pada acara ini pula dibarengi dengan pemberian gelar pustaka kepada calon mempelai pria sebagai tanda sudah dewasa.

Itulah tata cara pernikahan dalam adat Padang, semoga artikel Yuk Baca! Tata Cara Pernikahan Dalam Adat Padang dapat bermanfaat!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp