Waspada 4 Tanda Bahwa Persiapan Pernikahan Melebihi Anggaran!

Waspada 4 Tanda Bahwa Persiapan Pernikahan Melebihi Anggaran!

Waspada 4 Tanda Bahwa Persiapan Pernikahan Melebihi Anggaran!

Membuat rencana pernikahan sebelum langsung menjalankan persiapan adalah pegangan untukmu pada tiap prosesnya. Detail rencana anggaran pernikahan juga hal wajib bahkan adalah dasar dari persiapan pernikahan. Rencana anggaran juga harus sesuai dengan kemampuan finansial dari kamu dan pasangan.

Namun bagaimana kalau kamu dan pasangan sudah membuat rencana sedemikian rupa tidak berjalan dengan lancar? Tiba-tiba kamu kaget dengan biaya yang membengkak dan melebihi budget yang sudah kamu siapkan. Nah untuk menghindari hal tersebut, lebih baik simak 4 tanda bahwa persiapan pernikahan melebihi anggaran awal kalian di bawah ini

Menambah/Mengganti Barang

Meskipun kalian berencana belanja dengan membawa list yang berisi pilihan barang dan harganya, ketika prakteknya pasti ada saja hal yang membuatmu tergoda untuk membeli. Entah itu menambah atau mengganti barang yang harganya di atas rencana anggaranmu dapat membuat budgeting list kalian justru over budget. Jangan terlalu banyak melirik barang-barang yang tidak ada pada list keperluanmu, ya!

Feeling Guilty

Saat turun langsung berbelanja kebutuhan pernikahan tentu ada kemungkinan bahwa biaya yang di lapangan lebih dari target awalmu. Misal demi mendapatkan high heels impian yang ternyata lebih mahal kamu sampai menghapus beberapa barang dalam list. Buruknya lagi jika kamu sampai menekan biaya kebutuhan lain, seperti pada makanan atau dekorasi. Dana yang kamu alokasikan ke high heels impian bisa membuatmu terus kepikiran. Bahkan merasa bersalah sepanjang hari. Mencari alternatif dan tidak keras kepala serta egois dengan pilihanmu untuk menghindari kamu melenceng dari list anggaran.

Lihat juga, Tips Ampuh Gelar Pernikahan Minim Budget

Final Bill Yang Mengejutkan

Kalau kalian akan berbelanja menggunakan kartu kredit, usahakan untuk mencatat semua pengeluaran dan detail harganya. Hal ini untuk menghindari keterkejutan dari total tagihan pada akhir bulan. Kalian bisa mempersiapkan uang cash untuk jumlah yang sudah pasti harus kalian keluarkan saat melakukan pembayaran.

Jangan Berhutang

Tanpa sadar saat mempersiapkan pernikahan kamu bisa jadi menginginkan lebih. Tergoda oleh beberapa pilihan yang lebih mahal dan menggiurkan memang sulit ditahan. Namun jangan sampai kamu mengkhianati budgeting list-mu hanya karena dihadapkan dengan pilihan yang lebih menggoda. Bahkan kalau kamu sampai terpikir untuk meminjam uang orang lain hanya untuk memenuhi keinginan itu. Kalau kamu sampai harus berhutang itu tandanya kamu sudah melewati anggaran yang kamu buat.

 

Nah, waspada 4 tanda bahwa persiapan pernikahan melebihi anggaran di atas harus kamu ingat, ya!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp