Wajib Ketahui! Prosesi Pra Pernikahan Adat Gorontalo

Wajib Ketahui! Prosesi Pra Pernikahan Adat Gorontalo

Wajib Ketahui! Prosesi Pra Pernikahan Adat Gorontalo

Jika beberapa waktu lalu Alienco sempat membahas mengenai konsep pernikahan berdasarkan prosesi adat, seperti Adat Jawa, Adat Sunda, dll. Nah pada artikel kali ini Alienco akan berbagi informasi mengenai pernikahan berdasarkan prosesi Adat Gorontalo. Mungkin beberapa dari kalian masih banyak yang belum mengetahuinya kan? Karena prosesi dengan Adat Gorontalo ini termasuk yang jarang kita tau. Meski begitu, prosesi dengan Adat Gorontalo ini sangat menarik untuk kita ketahui lho.

Gorontalo merupakan satu daerah yang berada di ujung utara Pulau Sulawesi, tepatnya Provinsi Gorontalo, berdekatan dengan Sulawesi Utara. Pada rangkaian prosesinya, ternyata ada beberapa tahapan lho. Mulanya akan ada prosesi pra pernikahan dan prosesi hari H. Di artikel ini Alienco akan membahas pada tahan prosesi pra pernikahan, yaitu upacara Momondho dan upacara Modutu.

Upacara Momondho

Momondho ini memiliki arti pengesahan yang menyatakan kedua calon pengantin sudah siap menikah. Pada upacara Momondho, kedua calon pengantin akan dibekali nasihat-nasihat mengenai kehidupan berumah tangga. Bertujuan agar kedua calon pengantin nantinya akan siap saat sudah berumah tangga, biasanya akan digelar pada 40 hari jelang hari pernikahan.

Semenjak upacara Momondho hingga hari H pernikahan, mempelai wanita akan diperlakukan secara khusus. Menjalani berbagai ritual untuk merawat tubuh agar tampil cantik pada hari pernikahan dengan dibantu oleh keluarganya. Bahan yang digunakan untuk perawatan tubuh tersebut  menggunakan bahan tradisional, seperti batang pohon mangga kulitnya digerus, dicampur air rendaman beras untuk dijadikan lulur.

Jika pada Adat Jawa akan ada proses pingitan, begitu juga dengan Adat Gorontalo. Mempelai wanita akan menjalani proses pingitan, yang mana ia tidak akan diijinkan untuk keluar rumah sejak dimulainya upacara Momondho. Hal ini untuk menjaga mempelai wanita dari polusi yang dapat merusak perawatan tubuhnya.

Simak juga Tahapan Lengkap Prosesi Pernikahan Adat Batak

Upacara Modutu

Selanjutnya adalah upacara Modutu, yang mana setelah menerima nasihat-nasihat di upacara Momondho, mempelai wanita akan menerima biaya dan bantuan dana pernikahan dari pihak pria. Proses pemberiannya pun ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu :

Tonggu

Ini adalah pembayaran adat dari pihak pria kepada keluarga mempelai wanita untuk menyampaikan maksud dan tujuan atas kedatangan mereka.

Kati

Disini sebagai pembayaran adat, memilih kakak atau adik dari mempelai untuk meminta direstu kepada seluruh anggota keluara mempelai wanita.

Tonelo

Seperti halnya seserahan, tonelo berarti mas kawin. Tonelo memiliki makna sebagai jaminan dari pengantin pria terhadap pengantin wanita.

Tutu Lopolidudu

Merupakan pembayaran adat yang diserahkan kepada perias pengantin dan juga pelaminan. Karena keduanya berperan penting untuk merias mempelai dan memperindah tempat pernikahan.

Baluwa Loumonu

Pada Adat Gorontalo ada yang disebut juru langir. Juru langir ini merupakan orang yang akan membantu perawatan kecantikan bagi mempelai wanita. Nah pada baluwa loumonu ini pembayaran adat diberikan kepada juru langir.

Tapahula

Tidak seperti pembayaran adat lainnya yang berupa uang, tapahula merupakan kosmetik, pakaian, dan perlengkapan lainnya untuk mempelai wanita.

Pomana

Digunakan sebagai simbol persatuan dari kedua pengantin berupa tempat sirih pinang. Selain itu, sirih pinang juga memiliki makna yang dalam, sirih yang bermakna urat serta pinang bermakna daging. Terdapat pula gambir yang mengandung makna darah dan tembakau yang memiliki makna rambut dan aroma tubuh.

Ayuwa

Berisi buah-buahan, seperti jeruk bali, nanas, nangka, tebu, dan kelapa. Buah-buahan yang dipilih juga memiliki arti lho, yaitu jeruk bali bermakna otak, nangka melambangkan perut, dan lain-lain. Ayuwa ini merupakan ungkapan bahwa kedua mempelai menunjukkan ramah tamahnya kepada satu sama lain.

 

Nah menarik banget ya ternyata. Selain itu masih banyak hal unik dan menarik yang bisa dibahas dari prosesi pernikahan Adat Gorontalo lho! Lain kali Alienco akan ulas lebih lengkap. Ditunggu ya!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp