Wajib Ketahui! 5 Kesalahan Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Wajib Ketahui! 5 Kesalahan Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Wajib Ketahui! 5 Kesalahan Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Banyak hal baru yang harus dilakukan seorang istri, salah satunya adalah mengatur keuangan. Bagi wanita, mungkin biasa mengatur keuangan pribadi, namun setelah menikah mengatur keuangan bagi rumah tangga adalah hal yang baru. Kamu harus bisa mengatur uang masuk dan keluar dengan baik. Mempersiapkan tabungan darurat juga penting. Bahkan hingga pengeluaran harian. Banyak hal bisa terjadi jika kamu tidak mengatur keuangan dengan baik. Maka dari itu, yuk simak 5 hal yang menjadi kesalahan ketika mengatur keuangan rumah tangga yang wajib kamu ketahui. Kalau bisa juga hindari ya!

Menghamburkan Uang / Boros

Jika kamu merupakan wanita yang punya hobi shopping, duh gawat! Biasanya mungkin kamu bebas membeli apapun yang kamu inginkan bahkan kadang masuk ke kategori boros. Tentu saja hal ini jangan sampai terjadi ketika kamu sudah menikah ya! Uang rumah tangga jangan sampai kamu habiskan tanpa mempertimbangkan satu dan lain hal. Jangan boros ya!

Bertindak Impulsif

Kemampuan membedakan mana yang kamu butuhkan dan inginkan juga wajib banget nih. Jangan sampai saat berbelanja kamu jadi lapar mata dan membeli barang yang tidak ada di list belanjaan. Atau yang biasa disebut impulsif. Barang yang sedang diskon memang kelihatan menggoda banget. Tapi jangan lupa pertimbangkan, perlu ngga sih barang tersebut? Kalau belum perlu, tahan dulu ya!

Tidak Mencatat Uang Keluar

Uang tagihan listrik, uang bensin suami, uang belanja sehari-hari dsb, semua pengeluaran tersebut harus dicatat. Kalau sampai tidak mencatatnya, di akhir bulan kamu bisa saja bingung, ‘kok uang hanya sisa segini?’. Daripada pusing mengingat-ingat sudah keluar uang untuk apa saja, lebih baik dicatat ya! Sudah banyak kok sekarang aplikasi canggih yang bisa diinstall di smartphone untuk mencatat keuangan. Punya buku jurnal juga bisa lho kamu gunakan untuk mencatat uang masuk dan keluar, atau bahkan jika kamu punya buku catatan khusus keuangan. Semua jadi lebih terorganisir dan rapi.

Penting dibaca 6 Tips Mengelola Finansial dalam Berumah Tangga

Tidak Membuat Planning

Selain 3 hal di atas, kesalahan ini juga sering terjadi, yaitu tidak membuat planning. Akan dipakai apa saja uang gaji bulanan? Bayar listrik berapa jumlahnya, sewa rumah kalau masih ngontrak, dan berapa yang akan ditabung pun kamu harus punya rencana. Jangan sampai jika ada keperluan mendadak seperti sakit, kamu sampai tidak memiliki biaya. Wah bahaya kan? Makanya perencanaan itu sangat penting. Jika sudah memiliki planning, ke depannya kamu bisa lebih bijak dalam menggunakan uangnya. Apalagi jika ada sisa dan tabungan darurat aman. Uangnya bisa kamu kumpulkan untuk pergi liburan keluarga. Tentu menyenangkan! Nah siapkan juga planning untuk dana di masa depan, seperti pendidikan anak atau membeli rumah.

Memiliki Hutang Namun Tidak Segera Membayarnya

Masih punya hutang? Entah kamu atau suamimu, sebaiknya segera dilunasi! Penting lagi jika jumlahnya tidak sedikit dan berbunga. Sebaiknya jangan pernah menunda untuk melunasi. Berhemat sedikit dari pengeluaran sehari-hari tidak masalah. Jika di kemudian hari kamu dan suami memiliki rejeki yang lebih dari pendapatan biasanya, segera digunakan untuk melunasi hutang ya! Jangan sampai semakin lama dilunasi kamu justru semakin terbebani, dan juga jangan sampai menambah hutang.

 

Nah itu dia 5 kesalahan mengatur keuangan rumah tangga yang wajib banget kamu ketahui! Hindari ya, jangan sampai masalah keuangan menjadi sumber masalah di rumah tanggamu. Semoga artikel ini bermanfaat!