WAJIB BACA! Persyaratan Menikah di Luar Negeri bagi WNI ( Warga Negara Indoesia )

Persyaratan Menikah di Luar Negeri Bagi WNI

Persyaratan menikah di luar negeri bagi WNI ini merupakan bacaan yang tepat bagi anda Warga Negara Indonesia (WNI) yang berniat dan berhajat untuk menikah di luar negeri, baik itu dengan sesama WNI maupun dengan Warga Negara Asing (WNA). Persyaratan WNI menikah di luar negeri tidak jauh berbeda dengan yang menikah di dalam negeri.

contoh foto pre wedd outdoor bule dan lokal depok jakarta bekasi (3)

alienco.net

Secara umum, yang membedakan persyaratan untuk menikah di luar negeri dengan di dalam negeri adalah adanya beberapa persyaratan administrasi dan adanya proses administrasi yang dilakukan di kedutaan besar (kedubes) negara yang dituju. Selengkapnya syarat WNI menikah di luar negeri adalah sebagai berikut:

  1. Surat Izin dari orang tua atau wali
  2. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dibuat POLRES
  3. Surat Pernyataan bahwa belum pernah menikah, dan bagi yang telah berstatus Janda atau Duda dapat melampirkan Surat Keterangan Belum Menikah Lagi yang bermaterai 6000 disertai dengan photocopy Akta Cerai, dan memperlihatkan aslinya
  4. Surat Pengantar dari RT/RW tempat berdomisili sesuai KTP
  5. Surat Pengantar dari Lurah atau Kepala Desa (Form N)
  6. Paspor
  7. Photocopy KTP
  8. Photocopy Kartu Keluarga

Setelah anda mengurus surat administrasi syarat menikah diluar negeri di kelurahan, apabila calon pendamping anda beragama Islam, anda dapat langsung mendaftarkan diri serta untuk memperoleh Surat Keterangan Numpang Nikah. Dan apabila calon pendamping anda adalah Non-Muslim, anda dapat mendaftarkan diri ke kantor Catatan Sipil. Kemudian anda dapat datang ke kedutaan besar negara tujuan tempat anda menikah. Disana, semua dokumen syarat untuk menikah di luar negeri akan diterjemahkan. Apabila anda telah mendapat izin dari kedubes, maka selanjutnya pihak kedubes akan menghubungi pihak instansi pernikahan di negara tujuan anda.

contoh foto pre wedd bule di outdor depok bogor jakarta (2)

alienco.net

Bagi calon pendamping anda adalah seorang WNA, maka berdasarkan UU No 23 Tahun 2006 Pasal 4 tentang Administrasi Kependudukan anda sebagai WNI yang sedang berada di luar negeri maka sebelum pernikahan berlangsung anda wajib melaporkan peristiwa pernikahan yang akan anda laksanakan kepada konsulat jenderal Indonesia di negara tersebut. Dengan tujuan mendapatkan surat keterangan bahwa syarat menikah di luar negeri dengan WNA telah terpenuhi dan tidak ada rintangan untuk melaksanakan pernikahan.

Peraturan terkait persyaratan menikah di luar negeri bagi WNI salah satunya adalah Undang-undang No 23 tahun 2006 Pasal 37 ayat 4 tentang kependudukan dinyatakan bahwa: “Pencatatan perkawinan warga negara Indonesia di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib dicatatkan pada Instansi yang berwenang di negara setempat dan wajib dicatatkan pada instansi yang berwenang di negara setempat dan wajib dilaporkan oleh yang bersangkutan kepada instansi tempat tinggalnya paling lambat 30 (tiga puluh) hari sejak yang bersangkutan kembali ke Indonesia.

Berdasarkan undang-undang diatas, perlu kita ingat bahwa selain persyaratan nikah diluar negeri yang perlu anda lengkapi pelaporan atas pernikahan anda baik di dalam maupun luar negeri menjadi suatu kewajiban bagi anda. Persyaratan menikah di luar negeri  akan lebih mudah anda lengkapi jika anda memiliki waktu luang yang lebih panjang, karena untuk persiapan  syarat-syarat menikah di luar negeri akan cukup menyita waktu.

Lain halnya dengan syarat menikah beda agama di luar negeri, seperti yang telah kita ketahui bahwa NKRI tidak memperkenankan pernikahan beda agama. Maka pernikahan beda agama kerap kali dilakukan oleh WNI di luar negeri. Info terkait anda dapat baca artikel Hukum Pernikahan Beda Agama. Semoga artikel persyaratan menikah di luar negeri bagi WNI  ini bermanfaat dan selamat berbahagia. [LS]