Wajib Baca !!! Faktor Penting Persiapan Pernikahan Adat Jawa

Wajib Baca !!! Faktor Penting Persiapan Pernikahan Adat Jawa

Moment pernikahan merupakan moment yang paling ditunggu-tunggu serta tidak akan pernah terlupakan seumur hidup. Tidak gampang membawa pujaan hati kita menuju kepelaminan, karena dalam sebuah pernikahan, kita tidak hanya mempersatukan dua hati/ insan namun kita juga harus mempertemukan dua buah keluarga dengan adat dan tradisi yang sering kali berbeda antara keluarga satu dengan yang lainya.

Adat Jawa Yang Menjunjung Tinggi Sebuah Pernikahan

Saya rasa tidak hanya di Jawa saja yang menjunjung tinggi sebuah pernikahan, semua adat yang ada di Indonesia rata- rata juga menjunjung tinggi perhelatan ini. hal ini dapat kita lihat dari acara perayaan pernikahan yang bisa memakan waktu berhari- hari. Di Jawa pun juga demikian, prosesi pernikahan tidak cukup hanya digelar selama satu hari bisa 2 – 3 hari atau bahkan lebih. Ini juga menunjukan bahwa adat Jawa sangat menjunjung tinggi serta mensyakralkan sebuah pernikahan.

contoh foto hitam putih pernikahan adat jawa sunda mempelai pria dan wanita jakarta depok bekasi

alienco.net

Adat Jawa Sangat Mensyakralkan Sebuah Pernikahan

Orang jawa yang masih memegang teguh adat kejawenya tidak main- main dalam setiap menjalankan perhelatan perkawinan. Bahkan untuk menentukan kapan akad nikah dilaksanakan biasanya orang jawa pergi ke orang pintar untuk mencari hari yang tepat. Belum lagi nanti ketika hri H, calon pengantin dan keluarga pengantin akan disibukkan dengan berbagai ritual yang ada. oleh karena itu, anda orang jawa/ yang ingin menikahi orang jawa harus memperhatikan beberapa hal ini sebelum melakukan pernikahan:

Pertama, Mempersiapkan serah – serahan, yang biasanya berupa barang – barang serta perlengkapan dari ujung rambut hingga kepala. Serah- serahan ini diberikan keluarga mempelai pria kepada si mempelai perempuan.

Kedua, Jhodang, Jhodang ini sebenarnya merupakan nama wadah dari kayu untuk mengantarkan barang- barang berharga atau makanan kering. Namun dengan seiring perkembangan zaman sekarang biasanya sudah mnggunakan wadah plastik dan isinya pun juga beragam dari roti hingga buah- buahan.

Ketiga, asok tukon yakni berupa uang dari mempelai pria ke mempelai wanita sebagai lambang membantu biaya yang telah dikeluarkan oleh pihak mempelai wanita.

Itulah sebuah ulasan Wajib Baca !!! Faktor Penting Persiapan Pernikahan Adat Jawa dan beberapa hal penting yang perlu anda persiapkan apabila menikah sesuai adat jawa, dan persiapan selain yang disebutkan diatas seperti persiapan pernikahan pada umumnya.