Intip 7 Tradisi Unik Pernikahan Adat Indonesia Disini!

Intip 7 Tradisi Unik Pernikahan Adat Indonesia Disini!

7 Tradisi Unik Pada Pernikahan Adat Unik di Indonesia

Tradisi Unik Pernikahan Adat Indonesia – Indonesia merupakan Negara yang memiliki banyak budaya. Dari Aceh sampai dengan Merauke memiliki budaya masing-masing. Mulai dari pakaian adat, rumah adat, alat musik tradisional. Setiap daerah memiliki tradisi yang berbeda ciri khasnya. Selain itu, setiap daerah juga memiliki tradisi pernikahan. Seperti, siraman dari adat Jawa, Malam Bainai dan masih banyak lagi. Ternyata, tidak hanya itu saja ya, masih banyak tradisi pernikahan unik yang tersebar di Indonesia. Tentunya dari setiap adat unik ini memiliki makna. Supaya kamu lebih tahu mengenai tradisi pernikahan unik, yuk simak baik-baik.

  1. Selain Siraman, Adat Jawa Juga Memiliki Tradisi Dodolan Dawet.

kendi dan bunga siraman adat jawa

Adat Jawa tidak hanya tentang siraman saja ya. Setelah calon pengantin melakukan prosesi siraman, akan diadakan dodolan dawet. Dodolan dawet memiliki arti jualan cendol. Dawet sendiri berbentuk bulat-bulat yang memiliki makna. Bahwa, orang tua sudah mempunyai keputusan yang bulat untuk menikahkan anaknya.

Dodolan dawet ini dilakukan di halaman rumah calon pengantin. Lalu, mengundang para tetangga untuk ceritanya membeli dawet tersebut. Pembeli pun harus membayar dengan uang. Tapi bukan uang yang biasa kita gunakan transaksi ya! Uang disini berupa uang kreweng. Yaitu tembikar yang dipecah membentuk uang pecahan logam. Proses dodolan dawet ini dilakukan oleh orang tua mempelai wanita. Istri bertugas melayani pembeli, dan hasil pembayarannya akan diterima oleh suami. Hal ini memiliki makna bahwa dalam menjalani rumah tangga harus saling bahu membahu.

  1. Tradisi Begalan Yang Berlaku Di Daerah Banyumas, Cilacap, Purwokerto dan Sekitarnya

Begalan berasal dari bahasa Jawa, artinya Perampokan. Tradisi begalan ini merupakan seni tari, seni tutur, dan seni lawak yang dikombinasikan menjadi satu pertunjukan. Bedanya seni tari pada begalan tidak berpatokan pada gerakan tertentu. Yang terpenting gerakan tarian harus selaras dengan iramanya. Akan ada 2 penari, pertama Gunareka yang akan membawa peralatan dapur (lilir, cething, kukusan, dll). Lalu, Rekaguna sebagai perampok atau pembegal.

Tradisi begalan merupakan salah satu prosesi adat yang masih lestari. Secara turun-temurun masih banyak dilakukan. Tradisi begalan ini memiliki makna yang berupa nasihat dan doa-doa dalam pertunjukannya. Simulasi hidup berumah tangga ini dikemas dalam pertunjukan komedi. Sehingga pertunjukan ini bisa menjadi hiburan bagi para tamu undangan. Makna dan tujuannya yang baik memang sedikit berlawanan dengan penamaan tradisinya. Tapi, justru disitulah keunikan tradisi pernikahan adat di Indonesia.

  1. Melepas Masa Lajang Dengan Malam Bainai, Adat Suku Minang.

Bainai berarti Inai (tanaman yang ditumbuk yang dapat memerahkan kuku). Tradisi unik pernikahan adat Minang ini merupakan tahap pelepasan masa lajang gadis Minang. Nantinya Inai tersebut akan dilukiskan ke tangan calon pengantin wanita. Secara harfiahnya malam bainai memang untuk melukis tangan calon pengantin wanita. Namun, tidak hanya itu saja lho.

Malam bainai juga merupakan ajang untuk terakhiran dengan keluarga besar. Bukan berarti akan berpisah ya, hanya saja pihak keluarga akan melepas calon pengantin wanita untuk menikah dengan pria idamannya. Selain itu, malam bainai juga dipercaya untuk menjauhkan hal-hal yang tidak diinginkan dari calon pengantin wanita.

Selengkapnya di Tradisi Malam Bainai, Pelepasan Masa Lajang Gadis Minang

  1. Tradisi “Tepai” Untuk Keturunan Tionghoa

tradisi tepai

Tepai merupakan tradisi minum teh bagi masyarakat tionghoa. Tradisi minum teh ini merupakan simbolik pamitan bagi pengantin wanita dengan keluarganya. Setelah melakukan acara agamis dan sudah sah menjadi suami istri, barulah acara tepai dimulai. Awalnya, kedua orang tua mempelai wanita akan dibawa kekursi untuk kemudian di beri hormat.

Lalu pengantin menyuguhkan teh kepada orang tuanya. Setelah meminum teh, pengantin akan diberikan angpao oleh orang tuanya. Lalu acara tepai ditutup dengan salam dan hormat seperti diawal tadi. Tradisi tepai ini selain untuk berpamitan juga untuk menghormati leluhur dan orang tua.

  1. Tradisi Nyantri yang dilakukan Adat Jawa

pengantin pria adat jawa

Adat Jawa memang terkenal banyak sekali tradisi yang dilakukan ya. Seperti pingitan, siraman, dodolan dawet, dan berbagai tahapan tradisi lainnya. Nah, salah satunya tradisi unik pernikahan Adat Jawa ini adalah tradisi nyantri atau nyantrik ini. Tradisi nyantri merupakan penyerahan dan penerimaan calon pengantin pria. Setelah calon pengantin wanita melakukan tradisi midodareni.

Midodareni merupakan calon pengantin pria mendatangi kediaman calon pengantin wanitanya. Barulah tradisi nyantrik dilakukan. Setelah midodareni selesai maka keluarga calon pengantin putra pamit untuk pulang. Apabila calon pengantin pria tidak ikut pulang dan tinggal di rumah calon pengantin pria selama 3 hari. Maka tradisi nyantrik dijalani.

Baca juga 5 Pernikahan Adat Yang Tren Tiap Tahun

  1. Ada Tradisi Kawin Culik Dari Suku Sasak

Gimana jadinya ya jika akan menikah tetapi diculik? Nah, jika berbicara tentang tradisi unik pernikahan adat di Indonesia tak lupa dengan Tradisi Kawin Culik ini. Berbeda dengan tradisi lain, tradisi dari suku sasak kawin culik ini memang terjadi. Kawin culik ini sudah memiliki skenarionya sendiri. Pertama, calon pengantin pria akan datang ke rumah calon pengantin wanita. Dilakukannya secara diam-diam ya. Setelah itu, calon pengantin wanita akan “diculik” dan membawanya ke kediaman calon pengantin pria untuk dinikahi.

Tradisi yang satu ini unik sekali ya, kamu harus diculik terlebih dahulu sebelum menikah dengan pasangan. Tapi, proses penculikan ini tentunya disetujui oleh orang tua calon pengantin wanitanya. Kawin culik ini juga dilakukan setelah calon pengantin wanita menentukan pria pilihannya ya! Jadi bukan sembarang pria datang lalu menculik si wanita.

  1. Roti Yang Berbentuk Buaya Ini Berasal Dari Adat Betawi

Nah tradisi unik pernikahan adat yang ketujuh ini dari Adat Betawi. Pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya roti buaya ini. Bagi masyarakat yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya pasti pernah melihat roti buaya. Masyarakat keturunan betawi memiliki kepercayaan bahwa seekor buaya hanya mempunyai satu pasangan saja dalam hidupnya. Maka dari itu roti buaya ini memiliki lambang kesetiaan bagi masyarakat betawi. Berdasarkan kepercayaan inilah, tradisi seserahan roti buaya dilakukan.

Roti buaya ini juga dibuatkan secara sepasang. Biasanya roti untuk mempelai wanita ditandai dengan ukurannya yang lebih kecil. Dan diletakan diatas punggung buaya yang lebih besar. Atau disampingnya. Roti buaya ini dibawa saat pengantin pria datang bersama rombongannya ke kediaman pengantin wanita. Saat datang tidak hanya roti buaya saja yang dibawa. Roti buaya ini ditemani dengan berbagai makanan dan kue-kue lainnya. Disertai dengan rangkaian tradisi palang pintu dan sebagainya.

Artikel terkait Yuk Intip Tentang Ciri Khas Pernikahan Betawi Depok

Sangat unik ya tradisi pernikahan yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia. Sebagai warga Indonesia kamu dan pasangan harus bangga. Dengan tradisi pernikahan yang beragam dan juga unik ini. Meskipun sudah banyak tradisi pernikahan modern yang merajah ke Indonesia. Kamu harus tetap mencintai dan juga menjaga tradisi yang sudah ada sejak dulu ya! Foto berbagai pernikahan adat di Indonesia selengkapnya bisa dilihat di instagram @aliencophoto

View this post on Instagram

Gorontalo bride and groom looks beautiful wearing this traditional attire on their wedding, adakah yang ingin menggunakan adat Gorontalo juga dihari pernikahan nanti? Jangan ragu Tag and mention teman kamu ya 😉 Wedding of @syahrbanu & Saugi Venue : Gedung K-Link Gatsu WO by @janjisuciweddingorganizer Catering by @diamond_weddings Decorasi by @diamond.decoration Make Up by @maharani_nilla_makeup @rihanabdat @diamond_weddings Entertainment by Emma Lopes Gown by @sanggarremambo MC by @diamond_weddings #weddingday #weddingku #weddingphotography #weddingphotos #weddingmuslim #pengantinmuslimah #pernikahanmuslim #adatgorontalo #pernikahanadat #pernikahangorontalo #pernikahanadatgorontalo

A post shared by Wedding photographer jakarta (@aliencophoto) on

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp