Tips Terhindar Dari Penipuan Wedding Organizer

Tips Terhindar Dari Penipuan Wedding Organizer

Tips Terhindar Dari Penipuan Wedding Organizer

 

Penipuan Wedding Organizer yang tidak mengirimkan catering pada hari H?

Kru Wedding Organizer terlihat malas dan tidak cekatan?

Respon lama dari Wedding Organizer saat ada kendala di hari H?

Customer service Wedding Organizer yang ketus ketika dihubungi?

 

Aduh jangan sampai deh kamu mendapat Wedding Organizer seperti itu! Apalagi sekarang sedang viral kasus penipuan yang dilakukan oleh sebuah Wedding Organizer. Jadi penipuan yang dilakukan Wedding Organizer ini menyebabkan sekitar 1000 orang tamu undangan tidak mendapatkan catering dan banyak masalah lainnya. Tentunya tidak hanya merugikan tamu undangan, bagi pasangan pengantin juga sudah pasti hari yang harusnya bahagia justru hancur berantakan. Bayangkan perasaan sedih dan malu yang didapat. Siapapun pasti tidak ingin mengalaminya, kan?

Bagi kalian bride and groom to-be yang sedang dalam masa persiapan pernikahan dan mencari Wedding Organizer. Lebih baik teliti sebelum menentukan akan memakai jasa Wedding Organizer ya! Sukses tidaknya sebuah acara pernikahan tentu yang paling utama adalah dengan menentukan Wedding Organizer. Memang jika kalian berdua tidak bisa meng-handle sendiri persiapan pernikahan dan mengandalkan Wedding Organizer, buru-buru menentukan juga tidak baik. Kalian harus tau betul bagaimana Wedding Organizer pilihanmu tersebut melakukan tugasnya. Apakah selama ini ia memiliki reputasi yang baik di kalangan klien-klien terdahulunya? Apakah hubungan dengan vendor rekanan Wedding Organizer tersebut juga baik? Bagaimana kinerja tim manajemen dan kru lapangannya?

Nah daripada pusing bertanya-tanya sendiri namun tak kunjung mendapat jawaban. Di bawah ini akan ada beberapa tips yang bisa kalian jadikan petunjuk untuk memilih Wedding Organizer yang tepat. Supaya kamu dan pasangan terbantu dalam mempersiapkan pernikahan. Bagi kamu dan pasangan yang sibuk dan hanya bisa mengandalkan Wedding Organizer untuk mewujudkan pernikahan impianmu. Yuk lebih baik simak Tips Terhindar Dari Penipuan Wedding Organizer di bawah ini :

 

Cari dan Buat Daftar Wedding Organizer

Mencari Wedding Organizer yang paling aman adalah dengan bertemu langsung. Tapi masa sih kalian harus mendatangi ratusan bahkan ribuan Wedding Organizer untuk menghindari penipuan? Nah, jangan khawatir! Kamu bisa bertemu banyak Wedding Organizer sekaligus jika kamu pergi pameran pernikahan. Biasanya dalam satu tahun pameran pernikahan akan beberapa kali diselenggarakan. Sebagai contoh jika kamu tinggal di Jakarta, satu tahun bisa 6 kali diadakan pameran pernikahan. Di pameran pernikahan, akan ada puluhan Wedding Organizer yang bisa dijamin kredibilitasnya lho. Kamu bisa kunjungi booth mereka dan melakukan tanya jawab, bahkan bisa langsung transaksi jika kamu rasa sudah ’klop’ dengan Wedding Organizer tersebut. Sstt… jika kamu transaksi dengan Wedding Organizer tersebut di pameran pernikahan, biasanya akan ada bonus dan service tambahan lho! Biasanya sih berupa potongan harga.

Bagaimana jika kamu dan pasangan terlalu sibuk? Selain datang ke pameran pernikahan, ada cara lain kok. Kecanggihan teknologi bisa kamu manfaatkan untuk browsing Wedding Organizer. Informasi lengkap mengenai lokasi, portofolio, dan pelayanan yang disediakan Wedding Organizer tersebut akan bisa kamu dapatkan melalui internet. Cukup buat list dari Wedding Organizer yang menurutmu bagus dan profesional untuk kemudian dicek lebih lanjut.

Dari kedua cara mencari Wedding Organizer di atas, perlu juga bagimu dan pasangan untuk mendapatkan informasi yang aktual kan? Tanyakan pada teman-teman, atau rekan kerja, serta saudaramu yang sudah menikah dan menggunakan jasa Wedding Organizer terpercaya. Informasi dari orang-orang tersebut biasanya lebih bisa diandalkan karena mereka sendiri sudah merasakannya. Minta tips dan trik mereka dalam membuat reservasi dan potongan harga ya!

Cek Portofolio dan Testimoni

Kalau sudah punya list Wedding Organizer pilihan, kamu bisa mulai mengecek lebih lanjut masing-masing Wedding Organizer tersebut. Lakukan pengecekan sedalam mungkin mengenai pelayanan dan track record mereka. Jika mereka punya website akan lebih terpercaya lagi. Karena biasanya pada website mereka akan dicantumkan lokasi kantor mereka, kontak marketing, dan segala jenis pelayanannya, bahkan info promo terkini pun ada. Oiya, lihat juga aktivitas pada websitenya ya!

Selanjutnya cek juga media sosialnya, bagaimana testimoni orang-orang yang pernah menggunakan pelayanan mereka. Bagaimana cara mereka merespon klien dan calon klien mereka? Semuanya akan jelas jika kamu mengecek media sosial hingga menelpon kontak marketing-nya. Wedding Organizer yang profesional dan memiliki track record bagus biasanya tidak ragu untuk menunjukkan portofolionya. Terlebih lagi jika mereka bersedia mengijinkanmu mendatangi pernikahan kliennya demi melihat performa mereka di lapangan.

Baca juga Tips Cerdas Memilih Vendor dengan Media Sosial

Punya Kantor atau Workshop

Masih ragu dan ingin bukti lebih jelas? Jika Wedding Organizer tersebut memiliki kantor atau lokasi workshop mereka, bisa dipastikan Wedding Organizer tersebut benar adanya dan jauh dari penipuan. Kenapa? Karena jika ada complain atau masalah tentu kamu dan pasangan bisa langsung mendatangi lokasi kantor mereka. Meskipun bukan jaminan utama, tapi memiliki kantor tentu sudah menunjukkan bahwa Wedding Organizer tersebut bisa dipercaya. Disini kamu dan pasangan bisa melakukan sharing tentang bagaimana pernikahan idaman kalian. Melakukan meeting langsung hingga jelang hari H di kantornya tentu lebih aman dan jelas, kan?

Meeting dan Survei Langsung

Sudah melakukan ketiga tips di atas? Jangan lupa untuk survey secara langsung ya! Siapkan pertanyaan-pertanyaan yang kamu perlukan untuk pernikahanmu. Juga tanyakan juga hal-hal yang sekiranya masih membuatmu ragu terhadap Wedding Organizer tersebut. Tenang saja, Wedding Organizer yang baik dan profesional tidak akan keberatan dengan pertanyaan dan keingintahuanmu kok. Mereka justru akan menjelaskan semuanya secara detil dan baik hingga kamu benar-benar memahami dan pertanyaanmu terjawab. Lakukan juga survey di lokasi pernikahan yang sedang Wedding Organizer tersebut kerjakan. Biasanya mereka akan mengijinkanmu untuk melihat bagaimana mereka bekerja di lapangan. Saat survey seperti ini ada baiknya jika kamu memperhatikan segalanya dengan baik. Hal ini untuk menghindari kesalahan yang mungkin terjadi karena kamu yang kurang memperhatikan. Jika sudah sesuai dengan harapanmu, kamu bisa memberi checklist pada Wedding Organizer tersebut di daftarmu!

Baca juga 6 Pertanyaan Wajib Saat Meeting Dengan Vendor

Kesan Baik dari Tim Manajemen dan Kru Lapangan

Yang terakhir dan yang paling penting tentu adalah bagaimana kru pada tim Wedding Organizer tersebut berkomunikasi denganmu. Mulai dengan bagaimana customer service-nya menjawab teleponmu sebagai calon klien mereka, bagaimana kru mereka saat meeting denganmu. Kalau mereka melayani dengan ramah, tentu ini merupakan kesan baik. Setelah itu lihat bagaimana kru mereka bekerja di lapangan. Tidak hanya mereka harus profesional dan cekatan, bagaimana mereka memperlakukan sesama kru juga penting lho. Karena mereka bekerja di lapangan secara tim dan tidak seorang diri. Tentu baiknya kerjasama mereka perlu menjadi perhatian dan pertimbanganmu dalam menentukan Wedding Organizer. Selanjutnya juga perhatikan bagaimana mereka dalam melayani keluarga pengantin dan tamu undangan yang hadir. Wedding Organizer yang profesional tentu akan memiliki tim yang baik juga secara sosial dan cara kerja mereka.

 

Mungkin itu saja tips yang bisa kami bagikan pada artikel kali ini. Tetap waspada dan teliti dalam menentukan Wedding Organizer untuk pernikahanmu ya! Supaya hari bahagiamu bisa terwujud dan berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Berikut juga beberapa foto-foto yang pernah Alienco abadikan sebagai vendor dokumentasi pernikahan :

Selengkapnya di instagram Alienco, @aliencophoto

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp