Tips Penting Bagi Pengantin Baru Hidup di Perantauan

Tips Penting Bagi Pengantin Baru Hidup di Perantauan

Tips Penting Bagi Pengantin Baru Hidup di Perantauan

Haruskah istri mengikuti suami yang ditugaskan atau harus bekerja jauh di rantau? Banyak pertimbangan yang harus diambil dalam hal ini, hidup dirantau memiliki banyak dinamika yang tentunya sangat berbeda dengan hidup di tempat asal. Jangan sampai kehidupan dirantau membuat pasangan suami istri malah berpisah karena tidak siap menghadapinya. Jadi apa saja yang harus disiapkan untuk menghadapi kehidupan berkeluarga di perantauan?  Simak ya beberapa tips penting bagi pengantin baru hidup di perantauan berikut.

Penyesuaian dan Persiapan Diri

Penyesuaian diri, tentu ini adalah hal awal yang harus kamu lakukan. Selain itu kenali lingkungan sosial di tempat baru akan membuat kamu mudah melakukannya. Lingkungan baru, orang-orang baru, pendatang ataupun penduduk asli adalah orang-orang yang nantinya akan lebih sering kamu temui. Segeralah menyesuaikan diri, perhatikan adat-istiadat, kebiasaan, nilai-nilai sosial, bahasa setempat, akan lebih memudahkan kamu menghadapi semua kehidupan baru di perantauan tanpa harus mengalami kejutan budaya. Aspek bahasa juga sangat penting jika pasangan kamu harus merantau di luar negeri, tentunya sedikit-sedikit harus kamu pelajari juga.

Selanjutnya kamu harus mempersiapkan diri untuk menghadapi keadaan yang sulit dalam hal keuangan, mungkin gaji atau pendapatan yang diperoleh suami agak pas-pasan, jadi cobalah meningkatkan kemampuan kamu yang dapat mengurangi pengeluaran rutin, misalnya memasak sendiri. Makan di luar memang praktis dan lebih mudah dilakukan, tapi tentunya juga akan membuat beban keuangan lebih berat, ya, masak sendiri adalah satu-satunya cara untuk mengurangi beban tersebut. Apalagi kalau kamu merantau ke luar negeri, pasti akan sangat terasa.

Baca juga, 3 Hal yang Wajib Kamu Hindari Sebelum Hari Pernikahan

Kerjasama Antara Suami dan Istri

Tak kalah penting adalah membangun kerja sama dengan suami. Iya, dengan kerja sama maka pekerjaan akan lebih mudah dikerjakan dan akan mengurangi banyak pengeluaran keuangan. Pekerjaan sehari-hari dapat dikerjakan secara bergantian  dengan mengatur jadwal waktu yang dimiliki, sehingga tidak perlu menyewa pembantu. Jika kamu sudah punya anak, apalagi masih kecil maka bergantian mengurus anak akan menjadi solusi yang pas, ketimbang menggunakan pengasuh anak atau pembantu yang sangat mahal biayanya. Kurangi pengeluaran yang tidak perlu dengan mengerjakan pekerjaan yang dapat dilakukan sendiri.

 

Demikianlah beberapa tips penting bagi pengantin baru hidup di perantauan yang dapat kami berikan. Pastinya diantara kamu ada yang sudah berkeluarga dan masih merantau kan? Pengalaman kamu pasti tidak sama dengan lainnya, dan kamu juga tentu punya tips khusus, boleh kamu bagikan di kolom komentar, ya!

 

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp