Tips Pengaturan Cahaya Dalam Foto Pernikahan

Tips Pengaturan Cahaya Dalam Foto Pernikahan

Tips Pengaturan Cahaya Dalam Foto Pernikahan

Tips Pengaturan Cahaya Dalam Foto Pernikahan. – Perlu diketahui seberapa jauh kita memahami sifat alami sebuah cahaya, bagaimana mengontrolnya, dan apa dampak cahaya tersebut pada gambar kita. Pahami bahwa tehnik pengambilan gambar pada foto pernikahan, itu tidak jauh berbeda dengan tehnik pengambilan gambar untuk kebutuhan lainnya. Maka langkah utama yang perlu kita ketahui adalah darimana sumber cahaya yang akan kita manfaatkan itu berasal.

Memahami Sumber Cahaya untuk Foto Pernikahan

Pada saat memasuki ruangan atau dimanapun lokasi pengambilan foto pernikahan, segeralah pertimbangkan arah dan kualitas cahaya alami yang terdapat disana. Lalu langkah selanjutnya adalah melihat kualitas latar belakang (Background) yang akan banyak di gunakan untuk pengambilan foto pengantin dan beberapa tamu.

Jika memungkinkan kita bisa mengatur sedikit dekorasi yang menghalangi cahaya atau membuat objek foto kita tidak mendapatkan cahaya dengan sempurna. Sehingga di foto kita nanti sang pegantin dan objek lainnya akan terlihat baik. Karena pencahayaan disini sangat dekat hubungannya dengan gaya atau style foto kita. Tentu ini juga akan berpengaruh dengan nilai jual seorang fotografer pernikahan.

Di beberapa kesempatan kita mungkin akan terbantu dengan posisi gedung pernikahan yang memiliki banyak jendela atau pintu yang besar. Nah, manfaatkan ini dengan semaksimal mungkin karena ini akan membantu mengurangi penggunaan lampu flash secara berlebihan. Selain itu, cahaya yang masuk dari jendela akan membuat sebuah dimensi yang menarik jika dipadukan dengan komposisi gambar yang kita rencanakan.wedding outdor (37)

Mempertimbangkan Sumber Cahaya Lain

Jika memang keadaan tidak memungkinkan untuk memakai cahaya alami yang tersedia di lokasi, kita bisa mempertimbangkan cahaya tambahan yang mungkin bisa kita pakai untuk foto pernikahan ini. Hal ini termasuk dengan mempertimbangkan Lensa yang kita gunakan, ISO, Kecepatan Rana, ataupun Warna yang kita inginkan.

Karena cahaya bersifat dinamis dan sulit untuk ditentukan, pastikan kita mencoba mengambil beberapa gambar dengan pengaturan yang berbeda saat kita punya waktu luang sebelum acara. Termasuk mensiasati penggunaan lampu flash tambahan untuk mendukung pencahayaan kita, namun tetap tidak menggangu kondisi di sekitar. Yang terpenting adalah, foto yang kita hasilkan dengan cahaya yang ada mampu menjadikan objek foto kita memliki kualitas yang baik dari segi ketajaman dan juga kecerahannya.

Tips Pengaturan Cahaya Dalam Foto Pernikahan

yunilidy (10)

Ketika kita akan mengabil foto sang pengantin atau objek lain di pernikahan, posisikan objek tersebut menghadap ke arah sumber cahaya. Jika kita menggunakan lampu tambahan. Pastikan kita memantulkannya terlebih dahulu agar cahaya yang jatuh di objek foto kita tidak terlalu dominan. Penting juga menghindari adanya bayangan yang mengganggu pada gambar.

IMG_8240

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp