Tips Mudah Belajar Fotografi Landscape Untuk Pemula

Tips Mudah Belajar Fotografi Landscape Untuk Pemula

Belajar Fotografi Landscape Untuk Pemula

Ilmu fotografi membahas banyak sekali tentang pengambilan foto, termasuk teknik-teknik yang keren banget untuk dikuasai oleh fotografer. Salah satu turunan ilmu fotografi adalah fotografi landscape. Fotografi landscape berfokus kepada pengambilan gambar yang berkaitan dengan nature atau pemandangan. Yuk simak tips mudah belajar fotografi landscape untuk pemula di bawah ini :

Tips Mudah Belajar Fotografi Landscape

Pilih Spot Menarik

Seorang fotografer memiliki insting yang tajam dalam menemukan calon objek bidikannya. Biasanya yang terbiasa memotret jurnalistik atau candid akan terbiasa mendapatkan objek-objek unik untuk diabadikan. Begitu pula dalam hal fotografi landscape. Anda perlu kemampuan untuk menemukan pemandangan yang tak biasa. Sekalipun mungkin biasa, anda harus mampu melihat melalui sudut pandang unik yang berbeda dari fotografer landscape lainnya.

Background, Middleground, dan Foreground

Dalam fotografi landscape, komposisi yang banyak digunakan adalah Rule of Thirds. Membagi frame menjadi sepertiga dengan menempatkan POI pada titik pertemuan grid foto. Menghasilkan foto landscape yang menarik perlu menciptakan dimensi yang dapat memanjakan mata penikmat karya foto tersebut. Anda perlu memperhatikan background, middleground, dan foreground saat menerapkan komposisi Rule of Thirds tersebut.

Lead the Eye dengan Komposisi Perspektif

Buatlah foto yang menarik dengan menggunakan komposisi yang disebut perspektif. Perspektif mempunya beberapa jenis yaitu satu titik lenyap, dua titik lenyap, hingga tiga titik lenyap. Buatlah mata penikmat fotomu mengamati detil kecil setiap sudut foto dengan dipandu objek serupa garis imajiner pada fotomu. Foto landscape akan tampak lebih menarik.

Tips Mudah Belajar Fotografi Landscape

Timing Yang Sempurna

Bukan hanya permasalahan candid yang butuh timing sempurna. Pada tips belajar fotografi landscape untuk pemula ini tentang timing juga sangat penting. Dimanapun anda mengambil foto dan bagaimanapun komposisi yang anda terapkan menunggu dengan sabar adalah kunci hingga mendapat foto yang stunning. Seperti saat menantikan matahari terbit atau terbenam dengan mengambil landscape suatu gunung tentu tidak asal jepret saja ya. Pasti anda akan menunggu hingga momen terbaik sang mentari tampak menakjubkan.

Cari Titik Fokus

Meskipun fotografi landscape adalah keseluruhan pemandangan, penting juga punya titik focus pada foto anda. Anda perlu menentukan titik focus yang menjadikannya tema utama yang ingin ditonjolkan dari foto anda. Cara ini membuat foto anda tampak lebih memiliki makna dan cerita.

Gunakan Tripod

Fungsi tripod sudah pasti sangat membantu anda dalam menstabilkan pegangan anda saat menekan shutter agar gambar tidak buram. Ketajaman gambar dalam fotografi landscape sangat penting.

Manfaatkan Cuaca

Fotografi landscape dengan pemandangan cerah memang menarik. Namun tak ada salahnya kok jika anda memanfaatkan cuaca lain sebagai tema utama foto anda. Adakalanya justru cuaca mendung atau hujan sekalipun bisa menambah estetika dari foto landscape anda.

Baca juga,

5 Konsep Foto Prewedding Ini Bisa Jadi Pilihanmu

Nah itu dia Tips Mudah Belajar Fotografi Landscape untuk Pemula dari Alienco. Semoga tips tersebut dapat bermanfaat ya!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp