Seri Belajar Fotografi : Tips Memotret Sunset Dengan Kamera DSLR

Seri Belajar Fotografi : Tips Memotret Sunset Dengan Kamera DSLR

Tips Memotret Sunset Dengan Kamera DSLR

 Siapa yang tidak suka melihat sunset! Yap, detik- detik matahari terbenam merupakan pemandangan yang indah yang diberikan Tuhan bagi manusia yang hidup di dunia. Untuk mengabadikan momen indah tersebut tak sedikit dari kita yang mencoba membekukanya dalam sebuah kamera. Namun kendala yang sering mereka alami adalah sulitnya mengambil gambar keindahan sunset seperti apa yang kita lihat dengan mata telanjang. Bisanya terlalu terang sehingga untuk gambar bagian buminya terlalu gelap atau sebaliknya. Memang untuk mendapatkan hasil jepretan yang maksimal dari pemandangan matahari terbenam memerlukan teknik khusus yang itu harus sobat ketahui.contoh prewedding sunset jakarta (15)

Pengaturan Kamera Yang Harus Dilakukan Untuk Memotret Sunset

Pada dasarnya mengambil foto sunset menggunakan kamera DSLR tidak jauh berbeda dengan pemotretan landscape. Kendati demikian, ada beberapa hal yang tetap perlu untuk diperhatikan. Diantaranya:

  • Gunakan mode manual
  • Buat ISO 100
  • Buat Aperture f/11 (dengan acuan Depth of Field luas, namun tanpa mengurangi kualitas gambar)
  • Sesuaikan dengan keadaan langit (percepat apabila nampak terlalu terang, dan perlambat apabila langit terlihat gelap)
  • Apabila sobat menggunakan JPEG maka gunakan mode Daylight/ Sunny

Kendala Yang Sering Dialami Ketika Memotret Sunset dan Cara Mengatasinya

Setiap mengabadikan sebuah objek pasti ada tantanganya tersendiri. Begitu juga dengan memotret pemandangan sunset. Seperti yang telah disinggung di atas, yang menjadi permasalahan dalam pemotretan sunset adalah ketika matahari dalam posisi yang rendah, maka langit akan berwarna cerah namun tidak untuk tanah/ bumi yang ada di depan sobat. Degradasi kecerahan ini nantinya yang dapat mempengaruhi kualitas dari foto anda, apabila perbedaanya terlalu jauh maka sobat akan kehilangan detail langit atau juga bisa kehilangan bayangan tanah.

Untuk mengatasi permasalahan di atas, sobat bisa melakukan hal berikut:

  1. Gunakan filter GND (Graduated Natural Density)
  2. Memanfaatkan teknik HDR dalam fotografi. Caranya ambil gambar dengan mengekspos langit, lalu dengan sudut yang sama ambil gambar dengan mengekspos bagian tanah. Kemudian gabungkan menggunakan perangkat lunak editting gambar.

Bagaimana, sobat sudah tahu bukan bagaimana cara memotret sunset menggunakan kamera DSLR. sekian dulu artikel Tips Memotret Sunset Dengan Kamera DSLR, semoga bermanfaat.