Tips Memotret Objek Bergerak Menggunakan Kamera DSLR

Tips Memotret Objek Bergerak Menggunakan Kamera DSLR

Tips Memotret Objek Bergerak Menggunakan Kamera DSLR

Sebagai seorang fotografer kita tidak akan dihadapkan pada kondisi objek yang kurang menguntungkan. Objek yang diam pada tempatnya akan lebih mudah untuk di foto. Begitu juga sebaliknya, objek yang berpindah-pindah / tidak diam ditempatknya akan sulit untuk diambil gambarnya. Nah, ketika sobat mendapatkan situasi dimana objek tersebut selalu bergerak maka sobat juga membutuhkan teknik khusus untuk bisa mengambil foto yang bagus dari objek bergerak tersebut, atau di dalam dunia fotografi lebih dikenal dengan teknik panning.

Hal- Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memotret Objek Bergerak Dengan Menggunakan Kamera DSLR

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal serta foto yang tidak kabur. Sobat harus memperhatikan hal- hal dibawah ini untuk memotret benda yang bergerak. Yakni:

  1. Setting kamera DSLR kamu

Untuk menerapkan teknik panning ini yang pertama kali harus sobat lakukan adalah mengatur kamera DSLR. atur kamera sobat pada mode manual focus bukanya autofokus. Ini dilakukan supaya kamera tidak melakukan fokus secara otomatis pada objek bidikan sobat serta tidak mengacaukan dari teknik foto panning yaitu mendapatkan foto blur atau bokeh pada background objek.

  1. Kamera harus selalu pada mode continous shooting, burst/ bracket.
  2. Gunakanlah mode Time Value (TV).

Mode TV atau Time Priority adalah salah satu mode pada kamera DSLR dimana kita tinggal mengatur kecepatan rana atau shutter speed aperture dan iso kamera yang menyesuiakan. Ini memudahkan kita untuk dapat mengatur shutter speed dengan cepat

  1. Pilihan Background yang tepat

Salah stu kunci dari foto panning adalah pemilihan background yang tepat. Kategori background yang tepat disini bisa sobat masukkan apabila latar belakang tersebut memiliki warna- warna yang menarik, terdapat banyak detail serta memungkinkan fokus terarah pada subjek.

  1. Pengaturan Shuuter speed pada kamera

Apabila sobat menggunakan setting manual maka yang harus selalu diingat adalah semakin lambat shutter speed , maka akan semakin tinggi bukaan/ f- stop yang harus digunakan supaya subjek tetap fokus. Penggunaan shutter speed sendiri pada dasarny tergantung pada cahaya serta kecepatan objek. Apabila objek semakin cepat maka shutter speed pun juga semakin cepat.

Bagaimana sekarang sobat sudah tahu bukan bagaimana cara mengambil foto pada objek yang bergerak menggunakan kamera DSLR. Semoga artikel Tips Memotret Objek Bergerak Menggunakan Kamera DSLR bermanfat dan selamat mencoba!