Tips Kombinasikan Dekorasi Pernikahan Tradisional dan Modern

Tips Kombinasikan Dekorasi Pernikahan Tradisional dan Modern

Tips Kombinasikan Dekorasi Pernikahan Tradisional dan Modern

Mempersiapkan pernikahan memang repot yang menyenangkan. Apalagi ketika menentukan konsep pernikahan. Meskipun membingungkan dengan banyaknya pilihan konsep, tapi memilihnya merupakan keseruan persiapan pernikahan. Mulai dari konsep pernikahan modern, serta beragam konsep tradisional berdasarkan adat yang ada di Indonesia. Tentu setiap konsep memerlukan dekorasi yang berbeda.

Biasanya dari pihak orang tua, lebih sering menyarankan pernikahan diadakan dengan konsep tradisional. Sedangkan kamu dan pasangan ingin konsep modern. Mengatasi perbedaan tersebut bisa lho. Ketika bingung menentukan akan menggunakan konsep modern atau tradisional, kamu bisa menggabungkan keduanya. Perbedaan tersebut bisa disatukan dengan mengkombinasikan dekorasi dari kedua konsep tersebut.

Yuk langsung simak beberapa tips di bawah ini :

Perbanyak Referensi

Kalau kamu terlalu takut atau bingung mengkombinasikannya, saat ini mencari informasi sudah sangat mudah lho. Tentunya di internet akan banyak referensi yang bisa ditemukan. Atau kamu bisa bertanya-tanya pada teman, anggota keluarga, atau siapapun yang berpengalaman. Kumpulkan dan catat ide-ide yang kamu dapat. Kemudian diskusikan dengan pasanganmu bagaimana baiknya.

Baca juga 3 Alasan Kenapa Memilih Konsep Prosesi Adat Untuk Pernikahan

Kombinasikan Berbagai Pola dan Warna

Yang menarik dari konsep tradisional adalah kamu tidak perlu memikirkan lagi ornament dekorasi apa yang cocok. Karena keberagaman varian pola dan warna yang ada memudahkanmu untuk mix and match dengan berbagai benda. Untuk memadukannya dengan perabotan modern juga tidak sulit kok.  Jangan takut untuk mencoba berbagai padu padannya ya! Kamu juga bisa sambil mencari-cari referensi dari internet atau bertanya kepada teman yang berpengalaman.

Datangi Pameran Pernikahan

Ada pameran pernikahan yang sedang diselenggarakan di kotamu? Kalau begitu jangan sia-siakan kesempatan ini. Disana pasti akan ada ratusan vendor yang siap membantumu. Kamu bisa mengajak pasanganmu kesana. Selain vendor dekorasi yang sudah pasti kamu butuhkan, banyak juga vendor lain yang bisa melengkapi kebutuhanmu, seperti vendor foto, vendor katering, dan sebagainya. Kamu bisa jalan-jalan dengan pasangan dan bertemu serta diskusi langsung dengan beberapa vendor sekaligus dalam satu hari. Tidak selelah jika kamu survei satu persatu di internet dan mendatanginya. Cukup menyiapkan uang untuk tiket masuk pameran, maka banyak persiapan pernikahanmu yang bisa selesai sekaligus disini.

Menggunakan Wedding Organizer

Ngga pede dengan kemampuan mix and match dan hasil browsing kamu dan pasangan? Sudah pergi ke pameran pernikahan? Nah tentunya kamu sudah menemukan beberapa vendor incaran. Ini saatnya kamu minta bantuan ke tenaga profesional, yaitu Wedding Organizer. Banyak juga Wedding Organizer yang siap mewujudkan ide mix and match yang kamu buat kok. Kamu bisa mencari Wedding Organizer yang sesuai kriteria dengan melihat portofolio mereka. Tinggal mengatur jadwal temu dan diskusikan konsep kalian.

Jangan lupa lihat juga artikel ini ya 6 Pertanyaan Wajib Saat Meeting Dengan Vendor

Jangan Lupakan Nilai Budaya

Konsep tradisional, terutama tata cara adat istiadat tentunya memiliki nilai-nilai budaya suku tersebut. Kamu tidak boleh sampai mengabaikan hal ini ya. Jangan menggunakan barang atau pola, bahkan aksara khusus tanpa tau maksud dan maknanya. Semua yang berhubungan dengan adat biasanya memiliki arti yang mendalam bagi suku tersebut.

 

Nah, mudah kan? Kalau kamu mengikuti tips-tips di atas, pernikahan impian dengan kombinasi 2 konsep dekorasi akan terlihat blend dan yang pastinya memorable. Kamu punya tips lain? Boleh banget berbagi di kolom komentar yang ada di bawah ya!