Tips Fotografi Pernikahan Untuk Fotografer Pemula

Tips Fotografi Pernikahan Untuk Fotografer Pemula

Tips Fotografer Pemula

Pernikahan adalah momen yang sangat sakral dan penuh makna bagi pasangan pengatin. Karenanya banyak pengantin yang ingin mengabadikan momen istimewa tersebut dengan foto. Memotret sebuah acara pernikahan kelihatannya memang mudah. Namun jika sang pemotret tidak memiliki pengetahuan tentang teknik fotografi pernikahan maka bisa jadi hasil fotonya akan membuat pasangan pengantin kecewa. Apalagi momen pernikahan tidak dapat diulang. Tentunya pasangan pengantin menginginkan hasil foto yang bisa dijadikan kenangan sepanjang masa. Bagi seorang fotografer yang telah berpengalaman pastinya bukan hal sulit untuk menjepret foto pernikahan yang bagus. Namun bagi yang menjadi fotografer dadakan ataupun pemula, ini bukanlah hal yang mudah. Jadi jika anda mendapat tawaran untuk menjadi fotografer pernikahan untuk pertama kalinya ada baiknya mempelajari beberapa tips fotografi pernikahan untuk pemula yang akan diulas pada artikel berikut ini.

  1. Membuat daftar scene yang akan diambil fotonya. Anda bisa menanyakan kepada calon pengantin sebelum acara berlangsung tentang foto Pernikahan seperti apa saja yang akan diambil. Misalnya pada saat sungkeman, suap-suapan, ijab Kabul, dan sebagainya.
  2. Menunjuk seseorang untuk mengatur sesi pemotretan. Ini akan sangat diperlukan utamanya pada acara pernikahan yang melibatkan keluarga besar. Banyaknya orang yang harus dipotret tentu akan membuat anda pusing jika tidak ada yang mengaturnya. Keluarga yang lalu lalang akan membuat anda tidak leluasa ketika mengambil foto pernikahan yang diinginkan. Dengan begitu sesi pemotretan akan berjalan sesuai rencana tanpa mengganggu khidmatnya resepsi pernikahan.
  3. Amati Lokasi Resepsi. Sebelum hari H ada baiknya anda mengunjungi tempat resepsi untuk menagamati setting atau dekorasi ruangan resepsi. Hal tersebut diperlukan untuk mengetahui posisi yang bagus untuk memotret. Selain itu anda juga bisa mengetahui kondisi pencahayaan pada ruangan resepsi sehingga memudahkan dalam menentukan setingan kamera.
  4. Pastikan melakukan persiapan dengan matang. Sebelum hari H persiapkan semuanya dengan baik mulai dari baterai, memori kamera, serta urutan foto yang akan diambil. Dengan begitu anda tidak akan kebingungan ketika acara berlangsung.
  5. Bertanyalah kepada pasangan pengantin tentang foto seperti apa yang mereka inginkan. Pasangan pengantin tentu memiliki kriteria foto yang mereka inginkan. Misalnya mereka ingin foto yang formal, lucu, atau kekeluargaan. Tanakan dengan detail agar mereka tidak merasa kecewa nantinya.
  6. Siapkan kamera cadangan. Ini untuk berjaga-jaga jika kamera mengalami masalah pada saat acara berlangsung.
  7. Pelajari dengan seksama teknik fotografi yang bagus untuk acara pernikahan. Saat ini ada banyak buku yang mengulas teknik fotografi untuk acar pernikahan dilengkapi dengan gambar. Atau anda juga bisa mencari informasi di internet. Video tutorial fotografi juga sudah banyak tersedia di internet sehingga bukan hal sulit untuk mempelajarinya.

Ulasan diatas adalah tips dasar fotografi pernikahan yang perlu anda ketahui sebelum melakukan pemotretan pada acara pernikahan. Semoga bisa membantu anda dalam mempersiapkan diri menjadi fotografer pernikahan.

Fotografi

 

Artikel Terkait