Seri Belajar Fotografi : Tips Fotografi Fashion Pemula

Seri Belajar Fotografi : Tips Fotografi Fashion Pemula

Pemula di Fotografi Fashion? Ini Dia Tipsnya!

Tips Fotografi Fashion Pemula. – Untuk anda yang berkecimpung di dunia fotografi, tentu anda sudah mengenali tiga genre utama dalam fotografi ya. Ketiga genre tersebut adalah Jurnalistik Fotografi, Fotografi Seni, dan Komersial Fotografi. Seiring perkembangan jaman, ketiga genre tersebut memiliki turunannya lagi, seperti komersial fotografi yang memiliki fotografi fashion sebagai salah satu bagiannya. Fotografi fashion biasanya memiliki focus pada pemotretan pakaian atau aksesoris penampilan. Saat melakukan fotografi fashion juga fotografer harus mumpuni secara pemahaman lighting dan berbagai aspek lainnya.

Bagi anda yang tertarik terjun ke dunia fotografi fashion tentu tidak bisa asal ya. Untuk mempunyai kemampuan fotografi fashion dengan nilai jual yang tinggi tentu perlu pengetahuan fotografi yang mumpuni. Tak hanya pengetahuan fotografi, anda juga diwajibkan untuk setidaknya memahami tentang fashion. Nah yuk simak Tips Fotografi Fashion Pemula dari Alienco di bawah ini :

Menentukan Konsep dan Materi Fashion

Tahap awal sebuah pemotretan sudah pasti tentang konsep. Anda harus tau dahulu konsep dari produk fashion yang akan anda foto. Apabila produk pakaian aka nada fashion musim gugur, musim panas, pop art colour, dan sebagainya. Untuk produk aksesoris ada kacamata, sepatu, hingga tas. Semua produk tersebut tentu mengangkat konsep fashion mereka. Nah, anda sebagai fotografer dapat melihat poin apa yang dapat ditonjolkan atau yang harus diutamakan dari produk tersebut. Disinilah anda bisa memulai moodboard tentang materi pemotretan fashion yang tepat.

Fotografi Fashion

Menentukan Model Peraga

Untuk menambah kesan dan nilai jual barang tentu anda harus memakai model untuk peraga produk fashion yang anda foto. Biasanya anda harus memilih berdasarkan kecocokan model tersebut dengan konsep dan materi fashion. Setelah menentukan dengan pertimbangan postur tubuh atau mood model, anda juga harus bisa mengatur pose model. Pengaturan pose juga mempengaruhi bagaimana produk akan terlihat menarik di foto.

Make up Yang Sesuai

Setelah penentuan konsep dan model, demi menyempurnakan fotografi fashion anda perlu jasa make up artist. Penampilan make up model juga mempengaruhi bagaimana mood foto yang dihasilkan. Make up yang diaplikasikan juga harus sesuai dengan konsep dan materi foto untuk produk fashion terpilih. Hal ini juga dapat menaikkan nilai jual foto anda.

Setting Latar dan Properti

Terakhir, latar yang akan menjadi background pendukung konsep anda juga harus pas. Jika anda bermaksud melakukan pemotretan indoor tentu warna background yang dipilih jangan sampai salah. Kesalahan pemilihan warna bisa berakibat terjadi ketimpangan yang menutupi nilai jual produk fashion. Begitu juga dengan properti, jangan berlebihan dan gunakan dengan baik sebagai pelengkap saja.

Baca juga,

Seri Belajar Fotografi Pemula : Tips Fotografi Hitam Putih

Nah, tidak sulit ya? Semua itu tentu harus dipraktikkan agar anda terbiasa dalam brainstorming konsep yang tepat saat mendapat job fashion. Semoga tips fotografi fashion pemula tersebut dapat bermanfaat ya!