Tips Fotografi Bokeh, Membuat Background Creamy Dengan Mudah

Tips Fotografi Bokeh, Membuat Background Creamy Dengan Mudah

Tips Membuat Background Creamy Dengan Mudah

Perkembangan teknologi tentu diikuti pula dengan berbagai perkembangan di bidang lainnya, sebagai contoh bidang fotografi. Pada bidang fotografi, perkembangan kamera setiap tahunnya semakin menggila saja. Dari satu merk ke merk lainnya saling bersaing. Setiap tahunnya selalu saja akan ada kamera yang mengambil alih tren sepanjang tahun. Nah tentunya teknik fotografi juga mengiringi perkembangan alat. Anda sebagai fotografer harus bisa membekali diri dengan kemampuan tersebut. Salah satu tekniknya adalah foto bokeh. Langsung saja yuk simak Tips Fotografi Bokeh yang bisa langsung anda praktikkan :

Tips Fotografi Bokeh

@aliencophoto

Gunakan Angka Aperture Kecil/Bukaan Lensa Besar

Ruang tajam pada foto sangat dipengaruhi oleh angka aperture yang anda gunakan. Berdasarkan teori semakin besar angka aperture maka ruang tajam akan semakin luas, begitu juga sebaliknya. Nah bagi anda yang tidak mengerti angka aperture, anda bisa melihatnya dari tanda bukaan. Semakin besar bukaan berarti angka aperture anda kecil dan begitu pula sebaliknya. Untuk fotografi bokeh anda memerlukan angka aperture kecil/bukaan besar. Anda bisa menggunakan mode Aperture Priority.

Sebaiknya Anda Gunakan Lensa Prime/Fix

Seperti dijelaskan di atas, anda perlu angka aperture kecil atau bukaan lensa besar. Semakin kecil angkanya maka semakin bagus. Lebih baik lagi jika anda membuat foto bokeh dengan menggunakan lensa prime atau fix. Lensa ini adalah lensa yang memiliki satu titik focal length atau satuan focal length tunggal. Biasanya lensa-lensa tersebut akan memiliki angka aperture kecil, contohnya YN 50mm dengan f/1.8

Atur Jarak Kamera dengan Objek Foto

Jarak kamera kita dengan objek foto juga sangat penting. Karena semakin dekatnya jarak kamera dengan objek foto, focus akan semakin dekat dan DOF (depth of field) akan semakin menyempit. Jika ini terjadi, anda bisa mundur/maju atau memperkirakan jarak anda dengan objek foto agar dapat memperoleh hasil foto bokeh creamy yang anda inginkan.

Atur Jarak Antara Objek dan Background

Selain jarak kamera dengan objek foto, jarak objek dengan background-nya juga penting diperhatikan. Jika semakin dekat jarak antara objek foto dengan background-nya maka akan berkurang bokeh yang didapat. Anda harus bisa memposisikan objek anda dengan background-nya secara tepat untuk mendapatkan forto bokeh maksimal. Sedikit tips, semakin jauh jarak objek foto dengan background-nya, bokeh akan semakin ciamik.

Contoh Pengukuran Jarak :

Jika anda berdiri satu meter di hadapan objek dan anda menjatuhkan titik fokus ke wajah objek, objek perlu berdiri sekitar 10 meter dari background terdekatnya. Maka foto yang didapatkan akan terlihat bokeh. Tentunya dengan pengaturan aperture yang tepat seperti tips di atas ya. Intinya sih anda perlu memperkecil jarak dari depan, dan menambah jarak objek dengan belakangnya. Foto akan menjadi bokeh dengan tips-tips tersebut.

Baca juga,

Seri Belajar Fotografi Fashion : Tips Foto Fashion Show Runaway

Selain tips fotografi bokeh di atas, tentu praktik langsung adalah kewajiban ya. Anda akan terbiasa dalam menentukan jarak dan aperture yang diperlukan untuk beragam objek foto saat melakukan pemotretan. Semoga Tips Fotografi Bokeh di atas dapat bermanfaat ya. Selamat mencoba!