Tips Cara Merawat Lensa Kamera DSLR Bagi Pemula

Tips Cara Merawat Lensa Kamera DSLR Bagi Pemula

Tips Cara Merawat Lensa Kamera DSLR Bagi Pemula

Lensa dalam sebuah kamera ibarat sebuah mata pada manusia. Lensa yang memiliki kualitas yang tinggi juga akan mempengaruhi terhadap hasil foto yang kita ambil. Meski untuk mendapatkan kualitas lensa yang bagus biasanya ditentukan oleh besaran budget yang kita miliki, namun salah perawatan dan enggan membersihkan lensa sama halnya kita membiarkan lensa mahal kita menjadi lensa yang murahan. Oleh karena itu, membersihkan lensa secara rutin merupakan hal yang wajib bagi seorang fotografer.Tips Merawat Lensa bagi pemula2

Perlu Kamu Sadari Merawat Lensa Kamera DSLR Dapat Dilakukan Dari Hal- Hal Yang Kecil

Untuk merawat lensa kamera DSLR kita memang tidak harus membutuhkan perlengakapn yang ribet dan menyusahkan. Dengan melakukan tindakan sederhana sebenarnya kita sudah dapat melakukan langkah perawatan pada lensa kita. Berikut hal- hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk merawat lensa kamera DSLR kita

  1. Jauhkan lensa dari tempat lembab dan basah

Air dapat menyebabkan kelembapan yang ada di dalam internal lensa yang nantinya bisa membuat rusak komponen yang ada di dalamnya. Meski ada lensa yang memiliki label Weather Sealed bukan berarti dapat dimasukkan ke dalam air.

  1. Simpan ditempat yang kering

Selain sobat harus menghindarkan lensa dari air, sobat juga harus memperhatikan dimana sobat akan menyimpan lensanya. Usahakan tempat penyimpanan lensa sobat selalu dalam keadaan kering. Karena masalah terbesar yang sering dialami oleh para fotografer terkenal adalah masalah kelembapan yang bisa berujung pada jamur pada lensa.

  1. Jangan menyentuh lensa secara langsung dengan jari

Untuk mengamankan dari sentuhan tangan sobat bisa menggunakan Lens Hood untuk menjaga keamanan dari lensa sobat. selain itu, Lens Hood juga akan melindungi lensa dari benda – benda tajam yang dapat menggores kaca lensa.

  1. Selalu menjaga kebersihan lensa

Hal ini penting untuk dilakukan secara rutin. Namun yang perlu anda ingat ketika membersihkan lensa menggunakan cairan pembersih. Jangan langsung menyemprotkan cairan pembersih pada lensa, semprotkan dulu cairan pembersih pada pada lap microfiber secukupnya baru usapkan microfiber tersebut pada lensa.

Mudah bukan sebenarnya untuk merawat lensa kamera DSLR kita! Sekian dulu ulasan mengenai Tips Cara Merawat Lensa DSLR Bagi Pemula, semoga bermanfaat.

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp