Tradisi Malam Binai, Pelepasan Masa Lajang Gadis Minang

Tradisi Malam Binai, Pelepasan Masa Lajang Gadis Minang

Tradisi Malam Binai, Pelepasan Masa Lajang Gadis Minang

Pada pernikahan tradisional, segala macam ritual adatnya mengandung makna-makna yang mendalam dan menarik untuk disimak. Mulai dari busana, ritual, bahkan dekorasi pun semuanya bermakna. Jika kamu dan pasangan memutuskan untuk memilih tema pernikahan tradisional tentu harus melakukan ritual yang ada. Biasanya dalam prosesi pernikahan tradisional ada beberapa tahapan pada ritualnya. Sebagai contoh ada prosesi panggih pada pernikahan Adat Jawa, ritual buka pintu pada Adat Sunda, dan sebagainya. Tidak hanya prosesi atau ritual yang dilaksanakan di hari pernikahan saja lho. Berbagai prosesi pra pernikahan juga ada, misalnya Upacara Momondho dan Upacara Modutu dalam Adat Gorontalo, seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya. Bahkan juga tradisi memberikan seserahan yang bahkan dari isi benda dan jumlahnya pun ditentukan serta memiliki makna.

Kali ini Alienco ingin membahas mengenai ritual yang dilakukan oleh suku Minang jelang hari pernikahan nih. Sama halnya dengan Midodareni pada Adat Jawa, di Adat Minang ritual ini disebut Malam Binai. Maksud dari Malam Binai akan kami bahas pada artikel ini adalah malam terakhir bagi mempelai wanita Minang, bisa jadi seperti bridal shower. Malam terakhir mempelai wanita menjadi wanita lajang. Kalau pada pernikahan modern bridal shower dilalui dengan bersenang-senang bersama teman, lain halnya malam binai. Malam Binai akan dilalui anak daro bersama dengan kedua orang tua, sesepuh, kerabat, dan juga saudaranya. Yuk simak penjelasan Tradisi Malam Binai, Pelepasan Masa Lajang Gadis Minang di bawah ini :

Ritual Mandi-mandi

Anak daro, sebutan mempelai wanita suku Minang, juga akan melalui sebuah ritual lain sebelum malam binai, itu adalah ritual mandi-mandi. Mirip dengan siraman pada Adat Jawa, wanita Minang juga melakukan hal tersebut. Berbeda dengan siraman yang benar-benar disiramkan ke seluruh tubuh, anak daro hanya akan menerima mandi-mandi dengan cara dipercikkan air saja lho. Yang boleh memercikkannya pun tidak sembarang orang, hanya sesepuh dan orang tua saja. Pada percikan pertama akan dilakukan oleh sesepuh dari calon anak daro tersebut dengan menggunakan air bunga dengan daun sitawa sidingin. Baru setelahnya orang tua calon anak daro juga memercikkan air. Bukan sekedar memercikkan air lho, jumlah pemerciknya pun memiliki ketentuan, harus dengan jumlah ganjil. Sesepuh dan kerabat yang hadir menjadi pemercik ini juga sekaligus mengucapkan selamat dan bukti kasih sayang mereka pada anak daro.

Tidak hanya melakukan ritual begitu saja, anak daro juga nantinya akan memakai busana khas yang khusus untuk menjalankan ritual ini. Busana ini disebut busana tokah yaitu busana yang di bagian lengannya terbuka dan dipakai saat mandi-mandi. Setelahnya anak daro akan dibimbing oleh orang tuanya ke pelaminan dengan kain jajakan kuning sepanjang pelaminan. Kain ini juga tidak dibentangkan begitu saja, setelah anak daro memijaknya, kain jajakan kuning digulung kembali. Ini melambangkan bahwa anak daro cukup menempuh satu kali pernikahan di hidupnya. Makna yang dalam ya.

Makna Dari Pemakaian Inai

Kata binai pada malam binai berasal dari kata inai. Inai adalah sejenis tumbuhan berwana jingga yang kemudian akan dihaluskan untuk dibubuhkan pada kuku jemari anak daro. Jika dalam bahasa Indonesia, binai artinya berinai yaitu memakai inai. Jumlah jari yang dibubuhi inai pun tidak kesepuluhnya lho, melainkan hanya sembilan jari saja. Mengapa? Karena tradisi masyarakat Minangkabau selain adat istiadat mereka, mereka juga selalu mengedepankan syariat agama. Jumlah sepuluh dipercayai sebagai kesempurnaan, dan kesempurnaan hanyalah milik Tuhan semata, jadi hanya sembilan jari yang dibubuhi inai. Seperti halnya pemercik, yang membubuhi inai pun ada ketentuannya lho. Hanya kerabat saja bisa membubuhkannya, saat membubuhkan juga akan diselipi dengan membisikkan nasihat-nasihat yang berguna bagi kehidupan rumah tangga anak daro. Pada setiap nasihat ini nantinya juga ada ketentuannya lho.

Pemakaian inai juga memiliki makna. Inai yang berwarna merah pada jari kuku ini tidak hanya sekedar dipakaikan begitu saja.  Selain pada makna dari pemakaiannya, pada setiap kuku jemari yang dibubuhi inai memiliki makna yang tidak sama satu dengan yang lainnya. Pada kuku jari tengah yang berinai memiliki makna agar anak daro akan secara adil membagi kasih sayangnya seperti halnya kasih sayang yang orang tuanya berikan kepadanya. Sedangkan kuku jari kelingking, kerabat yang bertugas membubuhi inai akan sembari mendoakan agar di masa depan anak daro dapat mengatasi berbagai kesulitan yang terjadi padanya dan suami kelak. Jadi jika suami tidak dapat menembus suatu kesulitan, anak daro sebagai istri dapat membantu mengatasi kesulitan tersebut.

Kuku jari manis pun tak luput dari doa kerabat yang menjadi pembubuh inai lho. Kerabat anak daro selagi memakaikan inai akan mendoakan keabadian cinta bagi anak daro dan pasangannya. Doa ini dibisikkan ketika membubuhi jari manis karena jari manis adalah tempat dimana cincin kawin akan dipakai seumur hidupnya nanti. Inai diharapkan menjadi doa supaya cinta keduanya abadi.

Simak juga Mengabadikan Keunikan Prosesi Pernikahan Adat Minangkabau

Makna Daun Sirih Pada Pembubuhan Inai

Pada proses pemakaiannya, inai pada jemari akan dibalut dengan daun sirih. Kalian pasti sudah tahu mengenai daun sirih kan? Hampir di seluruh wilayah Indonesia pernah dijumpai daun sirih. Bukan hanya agar kuku bisa terbubuhi dengan baik, namun daun sirih juga dipercaya oleh leluhur mereka menyimpan kekuatan untuk mencegah hal-hal buruk yang tidak diinginkan terjadi. Hal-hal buruk seperti rasa iri, dengki, dan kesal dari orang lain kepada anak daro. Nah daun sirih dipercaya akan menangkal hal tersebut.

Tentunya warna dari inai biasanya akan awet selama beberapa hari, hal ini dipercaya akan melindungi anak daro selama pesta pernikahan berlangsung hingga usai. Sepanjang acara anak daro akan terlindungi. Inai atau disebut pacar kuku, ini juga menandakan status anak daro sebagai wanita yang sudah menikah, bukan lajang lagi. Semua ini memang tidaklah wajib dilaksanakan. Tetapi tetap masih ada masyarakat Minang yang melaksanakan tradisi ini demi upaya untuk melestarikan tradisi dan nilai-nilai budaya leluhur. Tentu juga karena makna, maksud, dan tujuan dari ritual tersebut demi kebaikan pernikahan anak daro.

 

Nah demikianlah penjelasan mengenai malam binai pada tradisi masyarakat Minang. Menarik sekali bukan? Hal ini membantu kita menyadari bahwa banyak sekali tradisi pernikahan yang dimiliki tanah air kita ini. Kita menjadi sama-sama belajar mengenai budaya dari suku selain suku kita sendiri. Kalian yang masyarakat Jawa, Batak, Sunda, dan sebagainya ikut mengetahui mengenai budaya masyarakat Minang. Budaya yang wajib kita lestarikan bersama. Sekian dulu artikel kali ini, selanjutnya Alienco akan kembali dengan berbagai artikel menarik mengenai tradisi prosesi pernikahan di Indonesia. Simak terus ya!

Wajib Ketahui! Prosesi Pra Pernikahan Adat Gorontalo

Wajib Ketahui! Prosesi Pra Pernikahan Adat Gorontalo

Wajib Ketahui! Prosesi Pra Pernikahan Adat Gorontalo

Jika beberapa waktu lalu Alienco sempat membahas mengenai konsep pernikahan berdasarkan prosesi adat, seperti Adat Jawa, Adat Sunda, dll. Nah pada artikel kali ini Alienco akan berbagi informasi mengenai pernikahan berdasarkan prosesi Adat Gorontalo. Mungkin beberapa dari kalian masih banyak yang belum mengetahuinya kan? Karena prosesi dengan Adat Gorontalo ini termasuk yang jarang kita tau. Meski begitu, prosesi dengan Adat Gorontalo ini sangat menarik untuk kita ketahui lho.

Gorontalo merupakan satu daerah yang berada di ujung utara Pulau Sulawesi, tepatnya Provinsi Gorontalo, berdekatan dengan Sulawesi Utara. Pada rangkaian prosesinya, ternyata ada beberapa tahapan lho. Mulanya akan ada prosesi pra pernikahan dan prosesi hari H. Di artikel ini Alienco akan membahas pada tahan prosesi pra pernikahan, yaitu upacara Momondho dan upacara Modutu.

Upacara Momondho

Momondho ini memiliki arti pengesahan yang menyatakan kedua calon pengantin sudah siap menikah. Pada upacara Momondho, kedua calon pengantin akan dibekali nasihat-nasihat mengenai kehidupan berumah tangga. Bertujuan agar kedua calon pengantin nantinya akan siap saat sudah berumah tangga, biasanya akan digelar pada 40 hari jelang hari pernikahan.

Semenjak upacara Momondho hingga hari H pernikahan, mempelai wanita akan diperlakukan secara khusus. Menjalani berbagai ritual untuk merawat tubuh agar tampil cantik pada hari pernikahan dengan dibantu oleh keluarganya. Bahan yang digunakan untuk perawatan tubuh tersebut  menggunakan bahan tradisional, seperti batang pohon mangga kulitnya digerus, dicampur air rendaman beras untuk dijadikan lulur.

Jika pada Adat Jawa aka nada proses pingitan, begitu juga dengan Adat Gorontalo. Mempelai wanita akan menjalani proses pingitan, yang mana ia tidak akan diijinkan untuk keluar rumah sejak dimulainya upacara Momondho. Hal ini untuk menjaga mempelai wanita dari polusi yang dapat merusak perawatan tubuhnya.

Simak juga Tahapan Lengkap Prosesi Pernikahan Adat Batak

Upacara Modutu

Selanjutnya adalah upacara Modutu, yang mana setelah menerima nasihat-nasihat di upacara Momondho, mempelai wanita akan menerima biaya dan bantuan dana pernikahan dari pihak pria. Proses pemberiannya pun ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu :

Tonggu

Ini adalah pembayaran adat dari pihak pria kepada keluarga mempelai wanita untuk menyampaikan maksud dan tujuan atas kedatangan mereka.

Kati

Disini sebagai pembayaran adat, memilih kakak atau adik dari mempelai untuk meminta direstu kepada seluruh anggota keluara mempelai wanita.

Tonelo

Seperti halnya seserahan, tonelo berarti mas kawin. Tonelo memiliki makna sebagai jaminan dari pengantin pria terhadap pengantin wanita.

Tutu Lopolidudu

Merupakan pembayaran adat yang diserahkan kepada perias pengantin dan juga pelaminan. Karena keduanya berperan penting untuk merias mempelai dan memperindah tempat pernikahan.

Baluwa Loumonu

Pada Adat Gorontalo ada yang disebut juru langir. Juru langir ini merupakan orang yang akan membantu perawatan kecantikan bagi mempelai wanita. Nah pada baluwa loumonu ini pembayaran adat diberikan kepada juru langir.

Tapahula

Tidak seperti pembayaran adat lainnya yang berupa uang, tapahula merupakan kosmetik, pakaian, dan perlengkapan lainnya untuk mempelai wanita.

Pomana

Digunakan sebagai simbol persatuan dari kedua pengantin berupa tempat sirih pinang. Selain itu, sirih pinang juga memiliki makna yang dalam, sirih yang bermakna urat serta pinang bermakna daging. Terdapat pula gambir yang mengandung makna darah dan tembakau yang memiliki makna rambut dan aroma tubuh.

Ayuwa

Berisi buah-buahan, seperti jeruk bali, nanas, nangka, tebu, dan kelapa. Buah-buahan yang dipilih juga memiliki arti lho, yaitu jeruk bali bermakna otak, nangka melambangkan perut, dan lain-lain. Ayuwa ini merupakan ungkapan bahwa kedua mempelai menunjukkan ramah tamahnya kepada satu sama lain.

 

Nah menarik banget ya ternyata. Selain itu masih banyak hal unik dan menarik yang bisa dibahas dari prosesi pernikahan Adat Gorontalo lho! Lain kali Alienco akan ulas lebih lengkap. Ditunggu ya!

4 Tips Mengatasi Pertengkaran Saat Persiapan Pernikahan

4 Tips Mengatasi Pertengkaran Saat Persiapan Pernikahan

4 Tips Mengatasi Pertengkaran Saat Persiapan Pernikahan

Ketika mempersiapkan pernikahan, kemungkinan perbedaan pendapat dengan pasangan pada prosesnya tentu ada. Apalagi kondisi kalian sedang sama-sama lelah dan banyak yang dipikirkan. Bisa-bisa hanya karena hal sepele bisa memicu konflik kecil karena hal tersebut. Namun jangan sampai karena perbedaan pendapat atau masalah eksternal yang mempengaruhi emosimu, kamu justru bertengkar dengan pasangan. Momen persiapan pernikahan yang harus dilakukan dengan bersenang-senang bersama justru bisa menjadi hari-hari menyebalkan. Tentunya kamu tidak mau hal tersebut terjadi kan? Kali ini Alienco akan berikan beberapa saran mengatasi pertengkaran yang terjadi saat persiapan pernikahan, yuk simak :

Tanggapi Dengan Tenang

Api hanya akan bertambah besar jika disiram dengan minyak, begitu juga pertengkaran. Konflik sederhana dapat berubah menjadi pertengkaran yang serius ketika kedua belah pihak sama-sama tidak bisa berkepala dingin. Saat ada perbedaan pendapat, lebih baik jangan langsung menanggapi dengan omongan mengesalkan dan bernada ketus ya. Jika kamu tidak setuju dengan pendapat pasanganmu atau pasanganmu membuatmu kesal, usahakan untuk tetap tenang. Take a deep breathe, and calm. Tenangkan dirimu dulu, dengarkan baik-baik ucapannya, kemudian kamu bisa ajak dia untuk pelan-pelan membicarakan hal yang menurutmu menjadi masalah. Ungkapkan dengan kata-kata yang baik dan nada yang lembut ya!

Baca juga Hati-hati! Ini 5 Kesalahan Ketika Menentukan Undangan Pernikahan

Minta Bantuan

Memang akan sedikit malu jika sampai orang lain tau pertengkaran kalian. Namun, jika memang kamu dan pasangan sama-sama tak bisa mengambil jalan tengah, kalian bisa meminta bantuan. Orang tua kalian adalah orang yang paling aman untuk kalian mintai tolong. Karena beliau sekalian sudah pasti akan lebih bisa mengambil keputusan secara bijak dengan mempertimbangkan pendapat kalian.  Paling tidak kamu bisa bercerita kepada kakak atau adik jika tidak ingin orang tua jadi khawatir pada masalah kalian. Usahakan jangan sampai bercerita pada orang diluar keluarga. Kamu kan tidak akan tau apakah cerita tersebut akan disampaikan ke orang lain lagi atau tidak. Apalagi jika salah disampaikannya, bisa mencoreng nama baik kamu dan pasangan.

Meditasi

Saat salah satu dari kalian berdua sedang kesal, lebih baik jika yang lainnya tetap diam. Diam namun bukan mendiamkan ya! Pahami pasanganmu dan beri dia waktu meredakan kesalnya. Tentu hal ini lebih baik karena situasi di antara kalian tidak akan memanas. Ambil waktu pribadi kalian untuk masing-masing bermeditasi. Tenangkan hati dan pikiran agar kalian bisa kembali mempersiapkan pernikahan dengan hati senang. Mempersiapkan pernikahan memang bikin pusing, bahkan bisa menyebabkan stres. Nah, mengambil sedikit waktu untuk meditasi adalah pilihan yang bagus kan?

Jangan Mempermasalahkan Hal Kecil

“Duh kok kamu pilih dasi yang tidak pas dengan tuxedo yang sudah dipesan sih?”

“Jangan pilih heels yang terlalu tinggi dong!”

Mungkin masalah-masalah tersebut bisa terjadi, tidak jarang juga celetukan bernada sebal keluar dari mulut kalian. Tapi bagaimana jika pasangan kalian justru tidak terima dengan omongan kalian? Karena ia punya pendapat sendiri untuk penampilannya. Tentu kamu harus menghargainya, jangan melontarkan kalimat-kalimat tidak perlu apalagi diucapkan dengan nada yang tidak menyenangkan. Secara tidak langsung kamu justru mengkritik hal yang dia sukai lho. Lebih baik tahan ya!

Masalah apa saja sih biasanya? Yuk simak juga Ini Dia 5 Penyebab Konflik Ketika Persiapan Pernikahan!

 

Nah, semoga 4 Tips Mengatasi Pertengkaran Saat Persiapan Pernikahan dapat bermanfaat ya. Memang semua pasangan memiliki cara dan tipsnya sendiri. Kamu boleh juga kok berbagi cerita di kolom komentar! Ditunggu ya!

Tips Kombinasikan Dekorasi Pernikahan Tradisional dan Modern

Tips Kombinasikan Dekorasi Pernikahan Tradisional dan Modern

Tips Kombinasikan Dekorasi Pernikahan Tradisional dan Modern

Mempersiapkan pernikahan memang repot yang menyenangkan. Apalagi ketika menentukan konsep pernikahan. Meskipun membingungkan dengan banyaknya pilihan konsep, tapi memilihnya merupakan keseruan persiapan pernikahan. Mulai dari konsep pernikahan modern, serta beragam konsep tradisional berdasarkan adat yang ada di Indonesia. Tentu setiap konsep memerlukan dekorasi yang berbeda.

Biasanya dari pihak orang tua, lebih sering menyarankan pernikahan diadakan dengan konsep tradisional. Sedangkan kamu dan pasangan ingin konsep modern. Mengatasi perbedaan tersebut bisa lho. Ketika bingung menentukan akan menggunakan konsep modern atau tradisional, kamu bisa menggabungkan keduanya. Perbedaan tersebut bisa disatukan dengan mengkombinasikan dekorasi dari kedua konsep tersebut.

Yuk langsung simak beberapa tips di bawah ini :

Perbanyak Referensi

Kalau kamu terlalu takut atau bingung mengkombinasikannya, saat ini mencari informasi sudah sangat mudah lho. Tentunya di internet akan banyak referensi yang bisa ditemukan. Atau kamu bisa bertanya-tanya pada teman, anggota keluarga, atau siapapun yang berpengalaman. Kumpulkan dan catat ide-ide yang kamu dapat. Kemudian diskusikan dengan pasanganmu bagaimana baiknya.

Baca juga 3 Alasan Kenapa Memilih Konsep Prosesi Adat Untuk Pernikahan

Kombinasikan Berbagai Pola dan Warna

Yang menarik dari konsep tradisional adalah kamu tidak perlu memikirkan lagi ornament dekorasi apa yang cocok. Karena keberagaman varian pola dan warna yang ada memudahkanmu untuk mix and match dengan berbagai benda. Untuk memadukannya dengan perabotan modern juga tidak sulit kok.  Jangan takut untuk mencoba berbagai padu padannya ya! Kamu juga bisa sambil mencari-cari referensi dari internet atau bertanya kepada teman yang berpengalaman.

Datangi Pameran Pernikahan

Ada pameran pernikahan yang sedang diselenggarakan di kotamu? Kalau begitu jangan sia-siakan kesempatan ini. Disana pasti akan ada ratusan vendor yang siap membantumu. Kamu bisa mengajak pasanganmu kesana. Selain vendor dekorasi yang sudah pasti kamu butuhkan, banyak juga vendor lain yang bisa melengkapi kebutuhanmu, seperti vendor foto, vendor katering, dan sebagainya. Kamu bisa jalan-jalan dengan pasangan dan bertemu serta diskusi langsung dengan beberapa vendor sekaligus dalam satu hari. Tidak selelah jika kamu survei satu persatu di internet dan mendatanginya. Cukup menyiapkan uang untuk tiket masuk pameran, maka banyak persiapan pernikahanmu yang bisa selesai sekaligus disini.

Menggunakan Wedding Organizer

Ngga pede dengan kemampuan mix and match dan hasil browsing kamu dan pasangan? Sudah pergi ke pameran pernikahan? Nah tentunya kamu sudah menemukan beberapa vendor incaran. Ini saatnya kamu minta bantuan ke tenaga profesional, yaitu Wedding Organizer. Banyak juga Wedding Organizer yang siap mewujudkan ide mix and match yang kamu buat kok. Kamu bisa mencari Wedding Organizer yang sesuai kriteria dengan melihat portofolio mereka. Tinggal mengatur jadwal temu dan diskusikan konsep kalian.

Jangan lupa lihat juga artikel ini ya 6 Pertanyaan Wajib Saat Meeting Dengan Vendor

Jangan Lupakan Nilai Budaya

Konsep tradisional, terutama tata cara adat istiadat tentunya memiliki nilai-nilai budaya suku tersebut. Kamu tidak boleh sampai mengabaikan hal ini ya. Jangan menggunakan barang atau pola, bahkan aksara khusus tanpa tau maksud dan maknanya. Semua yang berhubungan dengan adat biasanya memiliki arti yang mendalam bagi suku tersebut.

 

Nah, mudah kan? Kalau kamu mengikuti tips-tips di atas, pernikahan impian dengan kombinasi 2 konsep dekorasi akan terlihat blend dan yang pastinya memorable. Kamu punya tips lain? Boleh banget berbagi di kolom komentar yang ada di bawah ya!

7 Kriteria Sikap Yang Pria Inginkan Pada Calon Istrinya

7 Kriteria Sikap Yang Pria Inginkan Pada Calon Istrinya

7 Kriteria Sikap Yang Pria Inginkan Pada Calon Istrinya

Keputusan untuk menikahi seseorang merupakan pengambilan keputusan yang sulit dan harus dipikirkan dengan baik-baik. Karena nantinya kalian akan menghabiskan seumur hidup kalian dengan orang tersebut. Membangun rumah tangga dan membesarkan buah hati bersama. Apa sih yang menjadikanmu yakin untuk menikahi dia? Bagi seorang wanita, menerima lamaran seorang pria tentu banyak yang dipertimbangkan. Nah kalau pria, apa sih kriteria yang membuat mereka yakin untuk mempersunting wanitanya menjadi seorang istri? Penting disimak nih girls, 7 Kriteria Sikap Yang Pria Inginkan Pada Calon Istrinya di masa depan nanti :

Bersifat Jujur

Kejujuran saat ini merupakan sesuatu yang jarang ditemukan dalam diri seseorang. Ada istilah jaim atau jaga image, yang kadang membuat kejujuran seseorang tentang dirinya atau bersikap sedikit tertutupi. Pria lebih suka lho pada wanita yang jujur. Jujur dari penampilan dan berperilaku. Tentunya kejujuran yang ada dapat membuat kalian lebih mudah saling memahami.

Pengertian

Kalau sudah saling jujur, untuk sampai pada tahap saling mengerti dan memahami tentu lebih mudah. Bukan hanya wanita, pria pun ingin dimengerti. Biasanya hal ini berkaitan dengan kebiasaan atau hobinya. Bila kamu sebagai wanita merasa ada yang perlu diperbaiki dari kesukaannya tersebut kamu bisa mengajaknya mengobrol dan saling mengerti. Tidak langsung mengkritik dan memojokkannya tentu akan jauh lebih baik untuk hubungan kalian bisa sampai ke pernikahan.

Baca juga 4 Hal Yang Menandakan Pria Sudah Siap Menikah

No Drama!

“Wanita kan selalu berdasarkan perasaan, sedangkan pria hanya berdasarkan logika.” Sering banget kan dengar kalimat tersebut? Duh, girls, jangan sampai karena saking terbawa perasaan kamu jadi sering marah-marah karena hal kecil dan sepele. Pria itu anti banget sama drama, apalagi sampai mengajak menikah. Wanita yang bisa menanggapi segala sesuatu secara dewasa dan pemikiran terbuka lebih disenangi oleh para pria.

Mendengar dan Menyimak dengan Baik

Jika kamu pandai mendengar dan menyimak ucapan seseorang itu merupakan nilai tambah diri kamu lho. Karena pria suka sikap itu. Mereka akan senang jika ada yang mendengarkan ceritanya tentang hari yang ia lalui, sesepele apapun cerita tersebut bagi seseorang. Menyimak dengan baik dari awal hingga akhir tanpa banyak menyela dan mengkritik. Kamu bisa menjadi tempatnya untuk mencurahkan perasaannya. Karena pria banyak yang cenderung menyimpan cerita sendiri, jika kamu pandai mendengarkan tentunya pasanganmu kelak akan sangat senang.

Mengerti Urusan Rumah dan Bisa Memasak

Meskipun hal ini bisa dipelajari setelah menikah, alangkah baiknya jika kamu sudah sedikit-sedikit mengerti tentang hal tersebut. Paling tidak nih kamu memperlihatkan kemauanmu untuk mempelajarinya. Ini juga memudahkanmu saat menjalani bahtera rumah tangga nantinya kok, girls!

Perhatian

Si dia hari ini mencukur rambutnya agar terlihat selalu rapi saat kencan denganmu lho. Kamu sebagai wanita kalau menyadarinya lebih baik segera sampaikan beberapa kata pujian, seperti “Wah makin ganteng nih.” Atau kalau dia mengganti aroma parfumnya, dengan berkata “Aku suka wangi yang ini.” dan pujian-pujian kecil lainnya akan perubahan yang dia lakukan. Tentunya konteks perubahan tersebut kan pasti untuk terlihat baik di hadapanmu, girls. Jadi jangan ragu untuk memberinya pujian, karena dia akan senang karena kamu menyadari perubahan dan effort yang dia lakukan untukmu.

Romantis

Sepertinya halnya sikap pengertian, bersikap romantis tidak harus selalu pria lho yang melakukannya. Kamu bisa memberinya perhatian-perhatian kecil untuk menunjukkan sisi romantismu. Misal saat dia sedang melalui hari yang melelahkan kamu bisa menghiburnya, memberikan kejutan di hari ulangtahunnya, atau kejutan kecil lainnya. Pada dasarnya semua pasti senang jika mendapat perlakuan romantis dari pasangannya. Dijamin si pria akan yakin memilihmu sebagai calon istrinya.

 

Nah sudah memiliki kriteria-kriteria tersebut? Kalau belum tenang saja girls, tidak harus langsung semuanya kamu miliki dan kuasai kok. Yang jelas kalau kalian sudah saling memahami dan klop, pernikahan tinggal menunggu waktu. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

 

Rekomendasi artikel Wajib Persiapkan 8 Hal Ini Setelah Kamu Dilamar!

Hindari 4 Makanan Ini Demi Kulit Cerah Di Hari Pernikahan

Hindari 4 Makanan Ini Demi Kulit Cerah Di Hari Pernikahan

Hindari 4 Makanan Ini Demi Kulit Cerah Di Hari Pernikahan

Momen pernikahan adalah momen yang paling bersejarah di hidup seseorang. Hari dimana kamu dan pasangan akan berjanji untuk menghabiskan sisa hidup kalian bersama-sama. Tentunya pada hari pernikahan juga kalian menjadi orang paling istimewa. Banyak orang akan  membantumu melakukan berbagai hal, dan kalian yang menjadi pusat perhatian di pesta tersebut.

Nah bagi kamu, wanita bride-to-be, utamanya penting sekali untuk menjaga penampilan pada hari H kan? Kamu akan menjadi ratu di hari itu, yang mana kamu juga pasti ingin tampil dengan sempurna. Maka dari itu, wajib banget nih bagi para bride-to-be untuk memperhatikan kesehatan tubuh. Ditambah lagi dengan berbagai macam perawatan.

Tentu saja ketika di acara, kulit wajahmu akan menjadi yang pertama kali terlihat. Nggak mau dong sampai kulit wajahmu justru kusam di hari pernikahan? Alienco punya tips untuk menjaga kulitmu tetap sehat dan sempurna, yaitu dengan menjaga pola makanmu. Wajib ketahui juga beberapa jenis makanan yang sebaiknya kamu hindari hingga hari H tiba, apa aja? Yuk langsung simak saja :

Dessert and Sweet Things

Kelemahan para wanita nih, brides! Bagi kamu yang hobi banget makan makanan manis dan mengandung banyak gula yuk segera coba dikurangi. Selain terlalu banyak asupan gula yang masuk ke tubuh tidak baik karena bisa menambah berat badan. Ternyata ngga baik juga lho buat kulit. Karena minyak pada kulit manusia juga diproduksi dari proses darah memproduksi hormone androgen. Hormon tersebut diproduksi karena insulin yang bercampur di darah. Makanan banyak manisan tentu membuat kadar insulin meningkat yang pastinya minyak juga meningkat, brides!

Simak juga tips lainnya 4 Tips Tampil Cantik dan Fit di Hari Pernikahan

Mengandung Banyak Minyak

Mempersiapkan pernikahan tentu kamu perlu untuk banyak browsing bahkan hingga survei lokasi. Pada proses tersebut tentu saja kamu juga perlu energi dengan makan. Tak jarang juga kamu lebih banyak makan diluar ketimbang di rumah. Makanan yang mengandung banyak minyak wajib kamu hindari nih, brides. Memang sih gorengan-gorengan yang ada diluar sana beragam dan yang jelas menggoda banget untuk disantap. Tapi ingat ya, minyak ngga bagus lho buat kulit. Apalagi jika kulit wajahmu sendiri merupakan tipe kulit berminyak. Jauh-jauh deh dari gorengan!

Makanan Yang Pedas

Makanan pedas sudah pasti memang menjadi favorit banyak orang. Jika kamu termasuk salah satunya, lebih baik mulai kontrol konsumsi makanan pedasmu ya! Karena dengan memakan makanan yang pedas, suhu di tubuh kita meningkat dengan cepat lho. Sehingga hal ini akan membuat pori-pori yang ada pada kulit menjadi lebih lebar. Mungkin bagi sebagian orang ketika keringat dan minyak keluar sehabis memakan makanan pedas, tapi ada juga negatifnya nih. Keringat dan minyak tersebut tentunya dapat membuat kotoran di udara menjadi lekas menempel pada kulit. Hal ini dapat membuat kulit kusam. Hati-hati ya, brides!

Baca jugaWajib Baca! 7 Pertanyaan yang Harus Kamu Tanyakan ke Vendor Catering

Kopi

Duh persiapan pernikahan kan sudah pasti menguras waktu. Tak jarang juga kamu harus sedikit memotong jam tidurmu. Nah kalau kamu mengkonsumsi kopi, jam tidurmu yang sudah terpotong akan semakin terpotong karena kamu jadi tidak bisa tidur. Hal ini karena kopi memiliki kafein di dalamnya. Kurang tidur justru akan membuat kulit wajahmu menjadi kusam dan tidak sehat. Siapa sih yang mau terlihat kusam di hari pernikahan? Kurangi ya, brides!

 

Tenang saja, brides, itu semua hanya sementara kok! Setelah pesta pernikahan kamu bisa mulai menikmati makanan-makanan tersebut. Namun tetap kontrol konsumsinya ya. Menjaga kesehatan kan hal yang wajib. Semoga bermanfaat!

6 Ide Souvenir Pernikahan Yang Unik dan Fungsional

6 Ide Souvenir Pernikahan Yang Unik dan Fungsional

6 Ide Souvenir Pernikahan Yang Unik dan Fungsional

Kalau kamu termasuk orang yang sedang berbunga-bunga mempersiapkan pernikahan, tentu saja kamu juga perlu menyiapkan souvenir kan? Souvenir pernikahan merupakan benda penting di suatu acara pernikahan. Jika kamu sudah membaca artikel Hindari Memilih 5 Jenis Souvenir Pernikahan Ini! tentunya kamu tidak mau souvenir pernikahanmu tidak disukai tamu. Maka dari itu, Alienco akan memberi saran beberapa souvenir menarik nih. Apa aja sih? Yuk langsung simak saja 6 Ide Souvenir Pernikahan Yang Unik dan Fungsional di bawah ini :

Permen

Banyak orang menyukai rasa manis, apalagi permen! Selain mudah dibawa dan ringkas saat dimakan, memberi souvenir permen juga bisa jadi ide menarik lho. Sebagai pilihan kamu bisa menyiapkan souvenir permen manis khusus anak-anak, atau juga permen less sugar untuk orang dewasa. Cukup dikemas dengan box-box berbahan mika diberi tali pasti membuat tamu kalian gemas. Apalagi mereka bisa menggunakan ulang box mika tersebut.

souvenir pernikahan kacamata keren lucu unik alienco photo

Sunglasses

Bagi warga yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia ini, sunglasses termasuk benda yang dibutuhkan. Selain melindungi mata dari teriknya sinar matahari, sunglasses juga biasa dipakai sebagai aksesoris mode seseorang. Kamu bisa membungkusnya dengan pouch kacamata atau paper bag. Apalagi kalau konsep pernikahanmu wedding outdoor, tamu undangan bisa langsung memakainya. Unik, simple, dan yang pasti fungsional banget!

Kopi Khas

Kopi hingga kini selalu menjadi minuman favorit masyarakat Indonesia. Terlebih lagi keanekaragaman jenis kopi yang ada di Indonesia bisa menjadi pilihanmu menjadikannya sebagai souvenir pernikahan. Apalagi jika kamu dan pasangan berasal dari daerah yang mempunyai kopi khas, semisal Kopi Toraja dan sebagainya, pas banget kan? Kamu bisa membungkus kopi tersebut kedalam pouch jerami, kotak dari kayu, atau paper bag. Tinggal dihias bagian luarnya dengan khas konsep pernikahanmu. Menarik kan?

Luggage Tag

Jenis souvenir ini cocok banget buat kalian pasangan yang memiliki hobi travelling. Saat ini ada lho yang membuka jasa custom luggage tag. Kamu dan pasangan tinggal menyiapkan desainnya atau menyampaikan ide kalian kepada si penyedia jasa. Bisa menyesuaikan dengan konsep pesta pernikahan kamu juga lho. Kalau konsep pernikahanmu wedding outdoor, sudah pasti luggage tag dengan nuansa coklat kayu sangat pas. Cocok banget kan!

Simak juga 9 Makanan Andalan Untuk Menjamu Tamu Di Lamaran

Pouch Kulit

Ide selanjutnya adalah pouch yang terbuat dari kulit sintetis. Pouch ini banyak dipilih karena merupakan souvenir yang fungsional banget buat para tamu. Kamu dan pasangan bisa memesan dengan desain yang melambangkan inisial nama kalian. Sederhana namun elegan. Meskipun itu souvenir dengan inisial nama kalian, tamu undangan pasti tidak akan enggan memakainya kok. Karena justru terlihat bagus disbanding pouch kulit polos tanpa hiasan. Yang jelas, souvenir ini memiliki banyak fungsi yang dijamin souvenirmu ngga akan dianggurkan begitu saja saat mereka sampai rumah.

Soap Bars

Salah satu souvenir unik yang harus kamu pertimbangkan untuk menjadi pilihanmu nih, yaitu soap bars. Saat ini sedang tren banget DIY soap bars dan sudah banyak yang memiliki usaha ini. Bisa memilih aroma dan warna yang kalian mau. Kalian bisa lho custom design kemasannya juga. Jangan lupa pilih yang organic ya! Bagus kan jika bisa membantu menjaga lingkungan dari pencemaran, juga bahan organic lebih aman. Yang pasti fungsional dan unik kan?

 

Mungkin itu saja beberapa ide souvenir unik dan fungsional yang bisa Alienco bagikan. Kalau ada saran tambahan boleh banget tuliskan di kolom komentar! Ditunggu ya!

Cara Agar Travelling Menyenangkan Saat Bersama Calon Mertua

Cara Agar Travelling Menyenangkan Saat Bersama Calon Mertua

Cara Agar Traveling Menyenangkan Saat Bersama Calon Mertua

Sudah memiliki rencana untuk mengisi weekend-mu kali ini? Sepertinya travelling ide yang bagus. Apalagi masih di awal tahun seperti ini. Memulai tahun baru dengan berjalan-jalan bersama keluarga pasti menyenangkan. Meskipun liburan bersama keluarga sedikit merepotkan dari segi persiapan, kamu bisa juga lho mengajak calon mertuamu ikut. Tentunya kalian bisa menghabiskan waktu bersama dan menciptakan kenangan yang bisa kalian ingat nantinya. Tapi, lebih merepotkan nggak ya kalau bersama calon mertua? Harus ini, harus itu, atau bagaimana jika destinasinya tidak cocok? Duh jangan khawatir deh! Karena Alienco akan memberikan beberapa trik menarik untuk travelling menyenangkan bersama calon mertua. Yuk langsung simak saja :

Keep Smile!

Membuat rencana travelling gampang-gampang susah lho. Harus browsing ini itu, cek harga, membuat itinerary, dan lain-lain. Tentu lelah dan menguras pikiran. Namun, ingat saja bahwa kalian akan bersenang-senang. Mengakrabkan hubungan dengan calon mertua, entah apa ekspetasi beliau sebelum pergi travelling denganmu. Alangkah baiknya jika kamu selalu tersenyum dan bersikap positif terhadap respon yang kamu terima ya!

Jangan Idealis

Mungkin kamu memang sudah mempersiapkan semuanya. Jika terjadi sesuatu hambatan ketika travelling, misal calon mertuamu menginginkan hal tambahan lain saat travelling. Kamu sebaiknya jangan terlalu kaku dan bersikeras perjalanan tersebut harus sesuai rencanamu. Mereka mungkin memiliki keinginan untuk kenangan pada travelling tersebut. Ada baiknya jika kamu mencoba bersikap lebih fleksibel dan juga memahami ya. Jadilah realistis!

Membantu Mengabadikan Momen

Bukan hanya anak remaja saja yang doyan selfie, orang tua pun kini sejak mengenal teknologi suka lho difoto. Meski bagi mereka akan sedikit sulit mengambil selfie, kamu bisa menawarkan diri memotretkan mereka di tempat travelling tersebut. Kalau hasil foto yang kamu ambil bagus pasti mereka akan sangat senang, terlebih kamu secara inisiatif menawarkan diri. Mereka mendapatkan kenangan yang diinginkan, dan calon mertuamu akan semakin suka kepadamu lho. Oiya, kamu juga bisa membuat vlog tentang perjalananmu tersebut.

Simak juga Ini Dia 6 Tips Agar PDKT dengan Calon Ibu Mertua Sukses!

Kenali Selera Calon Mertuamu

Ketika kamu sedang merencanakan perjalanan, baik adanya jika kamu juga ikut mencari tahu apa sih kesukaan calon mertuamu. Misal makanan yang beliau sukai, atau hal-hal khusus yang mereka akan terkesan. Hal ini bisa kamu diskusikan dengan pasanganmu. Tentunya karena dia lebih mengenal sosok calon mertua yang merupakan orang tuanya tersebut. Dia juga pasti akan dengan senang hati berdiskusi dan memberitahumu. Karena kamu terlihat benar-benar perhatian kepada orang tuanya lho!

QTime Bersama Pasangan

Saat travelling bersama mertua, bukan berarti kamu tidak boleh menghabiskan waktu berdua saja dengan pasangan kok. Kalian bisa membuat rencana untuk berdua juga. Seperti berjalan-jalan di sekitar penginapan ketika malam hari yang lain sedang beristirahat. Atau bisa juga kamu menyiapkan jadwal dimana calon mertua mempunyai waktu khusus, contohnya spa atau layanan massage. Kemudian kamu dan pasangan bisa berjalan-jalan di sekitar tempat tersebut sambil berbelanja souvenir. Menyenangkan kan!

 

Nah, liburan bersama calon mertua tidak merepotkan, kan? Kamu masih bisa bersenang-senang dan menikmati waktu berdua kalian kok. Travelling bersama calon mertua bisa jadi pertimbangan untuk menghabiskan waktu weekend kalian. Membuat kenangan bersama, mencoba lebih dekat, dan saling mengenal baik calon mertuamu. Selamat bersenang-senang ya!

Wajib Ketahui! 5 Kesalahan Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Wajib Ketahui! 5 Kesalahan Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Wajib Ketahui! 5 Kesalahan Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Banyak hal baru yang harus dilakukan seorang istri, salah satunya adalah mengatur keuangan. Bagi wanita, mungkin biasa mengatur keuangan pribadi, namun setelah menikah mengatur keuangan bagi rumah tangga adalah hal yang baru. Kamu harus bisa mengatur uang masuk dan keluar dengan baik. Mempersiapkan tabungan darurat juga penting. Bahkan hingga pengeluaran harian. Banyak hal bisa terjadi jika kamu tidak mengatur keuangan dengan baik. Maka dari itu, yuk simak 5 hal yang menjadi kesalahan ketika mengatur keuangan rumah tangga yang wajib kamu ketahui. Kalau bisa juga hindari ya!

Menghamburkan Uang / Boros

Jika kamu merupakan wanita yang punya hobi shopping, duh gawat! Biasanya mungkin kamu bebas membeli apapun yang kamu inginkan bahkan kadang masuk ke kategori boros. Tentu saja hal ini jangan sampai terjadi ketika kamu sudah menikah ya! Uang rumah tangga jangan sampai kamu habiskan tanpa mempertimbangkan satu dan lain hal. Jangan boros ya!

Bertindak Impulsif

Kemampuan membedakan mana yang kamu butuhkan dan inginkan juga wajib banget nih. Jangan sampai saat berbelanja kamu jadi lapar mata dan membeli barang yang tidak ada di list belanjaan. Atau yang biasa disebut impulsif. Barang yang sedang diskon memang kelihatan menggoda banget. Tapi jangan lupa pertimbangkan, perlu ngga sih barang tersebut? Kalau belum perlu, tahan dulu ya!

Tidak Mencatat Uang Keluar

Uang tagihan listrik, uang bensin suami, uang belanja sehari-hari dsb, semua pengeluaran tersebut harus dicatat. Kalau sampai tidak mencatatnya, di akhir bulan kamu bisa saja bingung, ‘kok uang hanya sisa segini?’. Daripada pusing mengingat-ingat sudah keluar uang untuk apa saja, lebih baik dicatat ya! Sudah banyak kok sekarang aplikasi canggih yang bisa diinstall di smartphone untuk mencatat keuangan. Punya buku jurnal juga bisa lho kamu gunakan untuk mencatat uang masuk dan keluar, atau bahkan jika kamu punya buku catatan khusus keuangan. Semua jadi lebih terorganisir dan rapi.

Penting dibaca 6 Tips Mengelola Finansial dalam Berumah Tangga

Tidak Membuat Planning

Selain 3 hal di atas, kesalahan ini juga sering terjadi, yaitu tidak membuat planning. Akan dipakai apa saja uang gaji bulanan? Bayar listrik berapa jumlahnya, sewa rumah kalau masih ngontrak, dan berapa yang akan ditabung pun kamu harus punya rencana. Jangan sampai jika ada keperluan mendadak seperti sakit, kamu sampai tidak memiliki biaya. Wah bahaya kan? Makanya perencanaan itu sangat penting. Jika sudah memiliki planning, ke depannya kamu bisa lebih bijak dalam menggunakan uangnya. Apalagi jika ada sisa dan tabungan darurat aman. Uangnya bisa kamu kumpulkan untuk pergi liburan keluarga. Tentu menyenangkan! Nah siapkan juga planning untuk dana di masa depan, seperti pendidikan anak atau membeli rumah.

Memiliki Hutang Namun Tidak Segera Membayarnya

Masih punya hutang? Entah kamu atau suamimu, sebaiknya segera dilunasi! Penting lagi jika jumlahnya tidak sedikit dan berbunga. Sebaiknya jangan pernah menunda untuk melunasi. Berhemat sedikit dari pengeluaran sehari-hari tidak masalah. Jika di kemudian hari kamu dan suami memiliki rejeki yang lebih dari pendapatan biasanya, segera digunakan untuk melunasi hutang ya! Jangan sampai semakin lama dilunasi kamu justru semakin terbebani, dan juga jangan sampai menambah hutang.

 

Nah itu dia 5 kesalahan mengatur keuangan rumah tangga yang wajib banget kamu ketahui! Hindari ya, jangan sampai masalah keuangan menjadi sumber masalah di rumah tanggamu. Semoga artikel ini bermanfaat!

Pentingnya Menjaga Komunikasi Agar Hubunganmu Awet!

Pentingnya Menjaga Komunikasi Agar Hubunganmu Awet!

Pentingnya Menjaga Komunikasi Agar Hubunganmu Awet!

Sekarang ini, manusia sudah sangat dimanjakan dengan keberadaan teknologi yang semakin canggih. Tentunya kamu juga merasakannya kan? Nah, salah satu teknologi yang sekarang ini sudah menjadi kebutuhan bagi kamu itu adalah gawai. Dengan keberadaan gawai ini, sangat memudahkan kamu untuk tetap bisa berkomunikasi dengan pasanganmu, dimanapun kalian berada. Apalagi, sekarang sudah banyak sekali aplikasi pengirim pesan instan seperti Line, Whatsapp, atau aplikasi lainya yang sering kamu gunakan. Sangat mudah bukan, kamu akan tetap terkoneksi dengan pasanganmu, asal jaringan pada gawaimu lancar yaa.

Namun, dampak buruk adanya gawai ini, bisa membuat kamu menjadi malas untuk berkomunikasi secara face to face. Bertemu dengan pasangan adalah hal yang paling dinanti-nanti, maka dari itu jangan sampai obrolan kalian lebih asik di gawai daripada bertemu langsung ya. Sebaiknya kamu perbaiki kebiasaan buruk itu dengan cara  seperti ini :

Membiasakan Diri Untuk Mengetuk Pintu Langsung Saat Mendatangi Rumah Pasanganmu

Apabila kamu masih, mengirim pesan teks kepada pasanganmu untuk mengabarkan kamu sudah didepan gerbang rumahnya. Mulai sekarang hindarilah kebiasaan tersebut, karena hal itu bisa membuatmu menjadi pribadi yang lebih malas. Jika kamu mengetuk pintu, memancet bel, atau mengucapkan salam di depan rumahnya langsung, pasanganmu pasti akan terkejut dan senang dengan kedatanganmu yang tiba-tiba. Selain hal tersebut memberikan kesan yang menyenangkan, hal ini dapat mengurangi penggunaan gawaimu saat kamu mengunjungi rumah pasanganmu.

Jangan Mainkan Gawaimu Saat Kencan Dengan Pasangan

Bertukar kabar melalui pesan instan memanglah cara yang bisa dilakukan ketika rindu melanda. Kamu bisa tersenyum-senyum sendiri bahkan tertawa saat sedang chatting dengan pasangan. Ketika sedang kencan, inilah waktuya untuk kamu untuk membuat momen yang membuat kamu dan pasangan tertawa bahagia. jangan sampai kamu malah asik memainkan gawaimu saat sedang kencan ya, karena salah satu hal yang dapat memicu pertengkaran adalah pasangan terlalu fokus terhadap gawainya saat sedang kencan. Hal ini jangan sampai terjadi pada kamu dan pasangan ya, tetaplah fokus pada kencanmu saat itu agar terhindar dari pertengkaran dan hubunganmu menjadi tetap awet.

Baca juga 5 Inspirasi Hobi Agar Makin Mesra Dengan Pasangan!

Selesaikan Masalah Dengan Berdiskusi Langsung

Bukan hubungan namanya jika tidak ada suatu masalah, masalah ini merupakan bumbu-bumbu untuk hubungan kamu agar rasanya semakin nikmat. Nah, jika kamu sedang memiliki masalah dengan pasangan baik itu masalah sepele bahkan masalah besar, jangan sampai kamu malah menyepelekannya. Masalah sepele bisa terjadi melalui pesan instan yang kamu kirimkan kepada pasangan. Terkadang, pasanganmu bisa salah paham atas pesan instan yang kamu kirimkan. Maskud hati kamu sedang mengajaknya bergurau, tapi pasanganmu salah menafsirkan sehingga menjadi salah tangkap. Masalah seperti ini bisa jadi pertengkaran bagi kamu dan pasangan, jangan sampai kamu bertengkar melalui chat atau telfon, karena akan menambah masalah jika pasanganmu masih salah paham. Sebaiknya kamu temui pasanganmu atau ajak dia bertemu disuatu tempat, lalu diskusikanlah masalah yang sedang menimpa hubunganmu.

Komunikasi memang penting untuk dilakukan, tapi jangan hanya melakukan komunikasi di gawaimu saja. Percaya deh jika kamu tetap menyeimbangkan komunikasi secara langsung dan komunikasi melalui gawai, hubunganmu akan menjadi awet. Nah semoga tips tersebut bisa bermanfaat dan hubunganmu dengan pasangan makin mesra ya! Kalau ada tips dan trik lainnya boleh banget untuk berbagi di kolom komentar. Ditunggu ya! 🙂

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp