Wajib Ketahui! Prosesi Pra Pernikahan Adat Gorontalo

Wajib Ketahui! Prosesi Pra Pernikahan Adat Gorontalo

Wajib Ketahui! Prosesi Pra Pernikahan Adat Gorontalo

Jika beberapa waktu lalu Alienco sempat membahas mengenai konsep pernikahan berdasarkan prosesi adat, seperti Adat Jawa, Adat Sunda, dll. Nah pada artikel kali ini Alienco akan berbagi informasi mengenai pernikahan berdasarkan prosesi Adat Gorontalo. Mungkin beberapa dari kalian masih banyak yang belum mengetahuinya kan? Karena prosesi dengan Adat Gorontalo ini termasuk yang jarang kita tau. Meski begitu, prosesi dengan Adat Gorontalo ini sangat menarik untuk kita ketahui lho.

Gorontalo merupakan satu daerah yang berada di ujung utara Pulau Sulawesi, tepatnya Provinsi Gorontalo, berdekatan dengan Sulawesi Utara. Pada rangkaian prosesinya, ternyata ada beberapa tahapan lho. Mulanya akan ada prosesi pra pernikahan dan prosesi hari H. Di artikel ini Alienco akan membahas pada tahan prosesi pra pernikahan, yaitu upacara Momondho dan upacara Modutu.

Upacara Momondho

Momondho ini memiliki arti pengesahan yang menyatakan kedua calon pengantin sudah siap menikah. Pada upacara Momondho, kedua calon pengantin akan dibekali nasihat-nasihat mengenai kehidupan berumah tangga. Bertujuan agar kedua calon pengantin nantinya akan siap saat sudah berumah tangga, biasanya akan digelar pada 40 hari jelang hari pernikahan.

Semenjak upacara Momondho hingga hari H pernikahan, mempelai wanita akan diperlakukan secara khusus. Menjalani berbagai ritual untuk merawat tubuh agar tampil cantik pada hari pernikahan dengan dibantu oleh keluarganya. Bahan yang digunakan untuk perawatan tubuh tersebut  menggunakan bahan tradisional, seperti batang pohon mangga kulitnya digerus, dicampur air rendaman beras untuk dijadikan lulur.

Jika pada Adat Jawa aka nada proses pingitan, begitu juga dengan Adat Gorontalo. Mempelai wanita akan menjalani proses pingitan, yang mana ia tidak akan diijinkan untuk keluar rumah sejak dimulainya upacara Momondho. Hal ini untuk menjaga mempelai wanita dari polusi yang dapat merusak perawatan tubuhnya.

Simak juga Tahapan Lengkap Prosesi Pernikahan Adat Batak

Upacara Modutu

Selanjutnya adalah upacara Modutu, yang mana setelah menerima nasihat-nasihat di upacara Momondho, mempelai wanita akan menerima biaya dan bantuan dana pernikahan dari pihak pria. Proses pemberiannya pun ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu :

Tonggu

Ini adalah pembayaran adat dari pihak pria kepada keluarga mempelai wanita untuk menyampaikan maksud dan tujuan atas kedatangan mereka.

Kati

Disini sebagai pembayaran adat, memilih kakak atau adik dari mempelai untuk meminta direstu kepada seluruh anggota keluara mempelai wanita.

Tonelo

Seperti halnya seserahan, tonelo berarti mas kawin. Tonelo memiliki makna sebagai jaminan dari pengantin pria terhadap pengantin wanita.

Tutu Lopolidudu

Merupakan pembayaran adat yang diserahkan kepada perias pengantin dan juga pelaminan. Karena keduanya berperan penting untuk merias mempelai dan memperindah tempat pernikahan.

Baluwa Loumonu

Pada Adat Gorontalo ada yang disebut juru langir. Juru langir ini merupakan orang yang akan membantu perawatan kecantikan bagi mempelai wanita. Nah pada baluwa loumonu ini pembayaran adat diberikan kepada juru langir.

Tapahula

Tidak seperti pembayaran adat lainnya yang berupa uang, tapahula merupakan kosmetik, pakaian, dan perlengkapan lainnya untuk mempelai wanita.

Pomana

Digunakan sebagai simbol persatuan dari kedua pengantin berupa tempat sirih pinang. Selain itu, sirih pinang juga memiliki makna yang dalam, sirih yang bermakna urat serta pinang bermakna daging. Terdapat pula gambir yang mengandung makna darah dan tembakau yang memiliki makna rambut dan aroma tubuh.

Ayuwa

Berisi buah-buahan, seperti jeruk bali, nanas, nangka, tebu, dan kelapa. Buah-buahan yang dipilih juga memiliki arti lho, yaitu jeruk bali bermakna otak, nangka melambangkan perut, dan lain-lain. Ayuwa ini merupakan ungkapan bahwa kedua mempelai menunjukkan ramah tamahnya kepada satu sama lain.

 

Nah menarik banget ya ternyata. Selain itu masih banyak hal unik dan menarik yang bisa dibahas dari prosesi pernikahan Adat Gorontalo lho! Lain kali Alienco akan ulas lebih lengkap. Ditunggu ya!

4 Tips Mengatasi Pertengkaran Saat Persiapan Pernikahan

4 Tips Mengatasi Pertengkaran Saat Persiapan Pernikahan

4 Tips Mengatasi Pertengkaran Saat Persiapan Pernikahan

Ketika mempersiapkan pernikahan, kemungkinan perbedaan pendapat dengan pasangan pada prosesnya tentu ada. Apalagi kondisi kalian sedang sama-sama lelah dan banyak yang dipikirkan. Bisa-bisa hanya karena hal sepele bisa memicu konflik kecil karena hal tersebut. Namun jangan sampai karena perbedaan pendapat atau masalah eksternal yang mempengaruhi emosimu, kamu justru bertengkar dengan pasangan. Momen persiapan pernikahan yang harus dilakukan dengan bersenang-senang bersama justru bisa menjadi hari-hari menyebalkan. Tentunya kamu tidak mau hal tersebut terjadi kan? Kali ini Alienco akan berikan beberapa saran mengatasi pertengkaran yang terjadi saat persiapan pernikahan, yuk simak :

Tanggapi Dengan Tenang

Api hanya akan bertambah besar jika disiram dengan minyak, begitu juga pertengkaran. Konflik sederhana dapat berubah menjadi pertengkaran yang serius ketika kedua belah pihak sama-sama tidak bisa berkepala dingin. Saat ada perbedaan pendapat, lebih baik jangan langsung menanggapi dengan omongan mengesalkan dan bernada ketus ya. Jika kamu tidak setuju dengan pendapat pasanganmu atau pasanganmu membuatmu kesal, usahakan untuk tetap tenang. Take a deep breathe, and calm. Tenangkan dirimu dulu, dengarkan baik-baik ucapannya, kemudian kamu bisa ajak dia untuk pelan-pelan membicarakan hal yang menurutmu menjadi masalah. Ungkapkan dengan kata-kata yang baik dan nada yang lembut ya!

Baca juga Hati-hati! Ini 5 Kesalahan Ketika Menentukan Undangan Pernikahan

Minta Bantuan

Memang akan sedikit malu jika sampai orang lain tau pertengkaran kalian. Namun, jika memang kamu dan pasangan sama-sama tak bisa mengambil jalan tengah, kalian bisa meminta bantuan. Orang tua kalian adalah orang yang paling aman untuk kalian mintai tolong. Karena beliau sekalian sudah pasti akan lebih bisa mengambil keputusan secara bijak dengan mempertimbangkan pendapat kalian.  Paling tidak kamu bisa bercerita kepada kakak atau adik jika tidak ingin orang tua jadi khawatir pada masalah kalian. Usahakan jangan sampai bercerita pada orang diluar keluarga. Kamu kan tidak akan tau apakah cerita tersebut akan disampaikan ke orang lain lagi atau tidak. Apalagi jika salah disampaikannya, bisa mencoreng nama baik kamu dan pasangan.

Meditasi

Saat salah satu dari kalian berdua sedang kesal, lebih baik jika yang lainnya tetap diam. Diam namun bukan mendiamkan ya! Pahami pasanganmu dan beri dia waktu meredakan kesalnya. Tentu hal ini lebih baik karena situasi di antara kalian tidak akan memanas. Ambil waktu pribadi kalian untuk masing-masing bermeditasi. Tenangkan hati dan pikiran agar kalian bisa kembali mempersiapkan pernikahan dengan hati senang. Mempersiapkan pernikahan memang bikin pusing, bahkan bisa menyebabkan stres. Nah, mengambil sedikit waktu untuk meditasi adalah pilihan yang bagus kan?

Jangan Mempermasalahkan Hal Kecil

“Duh kok kamu pilih dasi yang tidak pas dengan tuxedo yang sudah dipesan sih?”

“Jangan pilih heels yang terlalu tinggi dong!”

Mungkin masalah-masalah tersebut bisa terjadi, tidak jarang juga celetukan bernada sebal keluar dari mulut kalian. Tapi bagaimana jika pasangan kalian justru tidak terima dengan omongan kalian? Karena ia punya pendapat sendiri untuk penampilannya. Tentu kamu harus menghargainya, jangan melontarkan kalimat-kalimat tidak perlu apalagi diucapkan dengan nada yang tidak menyenangkan. Secara tidak langsung kamu justru mengkritik hal yang dia sukai lho. Lebih baik tahan ya!

Masalah apa saja sih biasanya? Yuk simak juga Ini Dia 5 Penyebab Konflik Ketika Persiapan Pernikahan!

 

Nah, semoga 4 Tips Mengatasi Pertengkaran Saat Persiapan Pernikahan dapat bermanfaat ya. Memang semua pasangan memiliki cara dan tipsnya sendiri. Kamu boleh juga kok berbagi cerita di kolom komentar! Ditunggu ya!

Tips Kombinasikan Dekorasi Pernikahan Tradisional dan Modern

Tips Kombinasikan Dekorasi Pernikahan Tradisional dan Modern

Tips Kombinasikan Dekorasi Pernikahan Tradisional dan Modern

Mempersiapkan pernikahan memang repot yang menyenangkan. Apalagi ketika menentukan konsep pernikahan. Meskipun membingungkan dengan banyaknya pilihan konsep, tapi memilihnya merupakan keseruan persiapan pernikahan. Mulai dari konsep pernikahan modern, serta beragam konsep tradisional berdasarkan adat yang ada di Indonesia. Tentu setiap konsep memerlukan dekorasi yang berbeda.

Biasanya dari pihak orang tua, lebih sering menyarankan pernikahan diadakan dengan konsep tradisional. Sedangkan kamu dan pasangan ingin konsep modern. Mengatasi perbedaan tersebut bisa lho. Ketika bingung menentukan akan menggunakan konsep modern atau tradisional, kamu bisa menggabungkan keduanya. Perbedaan tersebut bisa disatukan dengan mengkombinasikan dekorasi dari kedua konsep tersebut.

Yuk langsung simak beberapa tips di bawah ini :

Perbanyak Referensi

Kalau kamu terlalu takut atau bingung mengkombinasikannya, saat ini mencari informasi sudah sangat mudah lho. Tentunya di internet akan banyak referensi yang bisa ditemukan. Atau kamu bisa bertanya-tanya pada teman, anggota keluarga, atau siapapun yang berpengalaman. Kumpulkan dan catat ide-ide yang kamu dapat. Kemudian diskusikan dengan pasanganmu bagaimana baiknya.

Baca juga 3 Alasan Kenapa Memilih Konsep Prosesi Adat Untuk Pernikahan

Kombinasikan Berbagai Pola dan Warna

Yang menarik dari konsep tradisional adalah kamu tidak perlu memikirkan lagi ornament dekorasi apa yang cocok. Karena keberagaman varian pola dan warna yang ada memudahkanmu untuk mix and match dengan berbagai benda. Untuk memadukannya dengan perabotan modern juga tidak sulit kok.  Jangan takut untuk mencoba berbagai padu padannya ya! Kamu juga bisa sambil mencari-cari referensi dari internet atau bertanya kepada teman yang berpengalaman.

Datangi Pameran Pernikahan

Ada pameran pernikahan yang sedang diselenggarakan di kotamu? Kalau begitu jangan sia-siakan kesempatan ini. Disana pasti akan ada ratusan vendor yang siap membantumu. Kamu bisa mengajak pasanganmu kesana. Selain vendor dekorasi yang sudah pasti kamu butuhkan, banyak juga vendor lain yang bisa melengkapi kebutuhanmu, seperti vendor foto, vendor katering, dan sebagainya. Kamu bisa jalan-jalan dengan pasangan dan bertemu serta diskusi langsung dengan beberapa vendor sekaligus dalam satu hari. Tidak selelah jika kamu survei satu persatu di internet dan mendatanginya. Cukup menyiapkan uang untuk tiket masuk pameran, maka banyak persiapan pernikahanmu yang bisa selesai sekaligus disini.

Menggunakan Wedding Organizer

Ngga pede dengan kemampuan mix and match dan hasil browsing kamu dan pasangan? Sudah pergi ke pameran pernikahan? Nah tentunya kamu sudah menemukan beberapa vendor incaran. Ini saatnya kamu minta bantuan ke tenaga profesional, yaitu Wedding Organizer. Banyak juga Wedding Organizer yang siap mewujudkan ide mix and match yang kamu buat kok. Kamu bisa mencari Wedding Organizer yang sesuai kriteria dengan melihat portofolio mereka. Tinggal mengatur jadwal temu dan diskusikan konsep kalian.

Jangan lupa lihat juga artikel ini ya 6 Pertanyaan Wajib Saat Meeting Dengan Vendor

Jangan Lupakan Nilai Budaya

Konsep tradisional, terutama tata cara adat istiadat tentunya memiliki nilai-nilai budaya suku tersebut. Kamu tidak boleh sampai mengabaikan hal ini ya. Jangan menggunakan barang atau pola, bahkan aksara khusus tanpa tau maksud dan maknanya. Semua yang berhubungan dengan adat biasanya memiliki arti yang mendalam bagi suku tersebut.

 

Nah, mudah kan? Kalau kamu mengikuti tips-tips di atas, pernikahan impian dengan kombinasi 2 konsep dekorasi akan terlihat blend dan yang pastinya memorable. Kamu punya tips lain? Boleh banget berbagi di kolom komentar yang ada di bawah ya!

7 Kriteria Sikap Yang Pria Inginkan Pada Calon Istrinya

7 Kriteria Sikap Yang Pria Inginkan Pada Calon Istrinya

7 Kriteria Sikap Yang Pria Inginkan Pada Calon Istrinya

Keputusan untuk menikahi seseorang merupakan pengambilan keputusan yang sulit dan harus dipikirkan dengan baik-baik. Karena nantinya kalian akan menghabiskan seumur hidup kalian dengan orang tersebut. Membangun rumah tangga dan membesarkan buah hati bersama. Apa sih yang menjadikanmu yakin untuk menikahi dia? Bagi seorang wanita, menerima lamaran seorang pria tentu banyak yang dipertimbangkan. Nah kalau pria, apa sih kriteria yang membuat mereka yakin untuk mempersunting wanitanya menjadi seorang istri? Penting disimak nih girls, 7 Kriteria Sikap Yang Pria Inginkan Pada Calon Istrinya di masa depan nanti :

Bersifat Jujur

Kejujuran saat ini merupakan sesuatu yang jarang ditemukan dalam diri seseorang. Ada istilah jaim atau jaga image, yang kadang membuat kejujuran seseorang tentang dirinya atau bersikap sedikit tertutupi. Pria lebih suka lho pada wanita yang jujur. Jujur dari penampilan dan berperilaku. Tentunya kejujuran yang ada dapat membuat kalian lebih mudah saling memahami.

Pengertian

Kalau sudah saling jujur, untuk sampai pada tahap saling mengerti dan memahami tentu lebih mudah. Bukan hanya wanita, pria pun ingin dimengerti. Biasanya hal ini berkaitan dengan kebiasaan atau hobinya. Bila kamu sebagai wanita merasa ada yang perlu diperbaiki dari kesukaannya tersebut kamu bisa mengajaknya mengobrol dan saling mengerti. Tidak langsung mengkritik dan memojokkannya tentu akan jauh lebih baik untuk hubungan kalian bisa sampai ke pernikahan.

Baca juga 4 Hal Yang Menandakan Pria Sudah Siap Menikah

No Drama!

“Wanita kan selalu berdasarkan perasaan, sedangkan pria hanya berdasarkan logika.” Sering banget kan dengar kalimat tersebut? Duh, girls, jangan sampai karena saking terbawa perasaan kamu jadi sering marah-marah karena hal kecil dan sepele. Pria itu anti banget sama drama, apalagi sampai mengajak menikah. Wanita yang bisa menanggapi segala sesuatu secara dewasa dan pemikiran terbuka lebih disenangi oleh para pria.

Mendengar dan Menyimak dengan Baik

Jika kamu pandai mendengar dan menyimak ucapan seseorang itu merupakan nilai tambah diri kamu lho. Karena pria suka sikap itu. Mereka akan senang jika ada yang mendengarkan ceritanya tentang hari yang ia lalui, sesepele apapun cerita tersebut bagi seseorang. Menyimak dengan baik dari awal hingga akhir tanpa banyak menyela dan mengkritik. Kamu bisa menjadi tempatnya untuk mencurahkan perasaannya. Karena pria banyak yang cenderung menyimpan cerita sendiri, jika kamu pandai mendengarkan tentunya pasanganmu kelak akan sangat senang.

Mengerti Urusan Rumah dan Bisa Memasak

Meskipun hal ini bisa dipelajari setelah menikah, alangkah baiknya jika kamu sudah sedikit-sedikit mengerti tentang hal tersebut. Paling tidak nih kamu memperlihatkan kemauanmu untuk mempelajarinya. Ini juga memudahkanmu saat menjalani bahtera rumah tangga nantinya kok, girls!

Perhatian

Si dia hari ini mencukur rambutnya agar terlihat selalu rapi saat kencan denganmu lho. Kamu sebagai wanita kalau menyadarinya lebih baik segera sampaikan beberapa kata pujian, seperti “Wah makin ganteng nih.” Atau kalau dia mengganti aroma parfumnya, dengan berkata “Aku suka wangi yang ini.” dan pujian-pujian kecil lainnya akan perubahan yang dia lakukan. Tentunya konteks perubahan tersebut kan pasti untuk terlihat baik di hadapanmu, girls. Jadi jangan ragu untuk memberinya pujian, karena dia akan senang karena kamu menyadari perubahan dan effort yang dia lakukan untukmu.

Romantis

Sepertinya halnya sikap pengertian, bersikap romantis tidak harus selalu pria lho yang melakukannya. Kamu bisa memberinya perhatian-perhatian kecil untuk menunjukkan sisi romantismu. Misal saat dia sedang melalui hari yang melelahkan kamu bisa menghiburnya, memberikan kejutan di hari ulangtahunnya, atau kejutan kecil lainnya. Pada dasarnya semua pasti senang jika mendapat perlakuan romantis dari pasangannya. Dijamin si pria akan yakin memilihmu sebagai calon istrinya.

 

Nah sudah memiliki kriteria-kriteria tersebut? Kalau belum tenang saja girls, tidak harus langsung semuanya kamu miliki dan kuasai kok. Yang jelas kalau kalian sudah saling memahami dan klop, pernikahan tinggal menunggu waktu. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

 

Rekomendasi artikel Wajib Persiapkan 8 Hal Ini Setelah Kamu Dilamar!

Hindari 4 Makanan Ini Demi Kulit Cerah Di Hari Pernikahan

Hindari 4 Makanan Ini Demi Kulit Cerah Di Hari Pernikahan

Hindari 4 Makanan Ini Demi Kulit Cerah Di Hari Pernikahan

Momen pernikahan adalah momen yang paling bersejarah di hidup seseorang. Hari dimana kamu dan pasangan akan berjanji untuk menghabiskan sisa hidup kalian bersama-sama. Tentunya pada hari pernikahan juga kalian menjadi orang paling istimewa. Banyak orang akan  membantumu melakukan berbagai hal, dan kalian yang menjadi pusat perhatian di pesta tersebut.

Nah bagi kamu, wanita bride-to-be, utamanya penting sekali untuk menjaga penampilan pada hari H kan? Kamu akan menjadi ratu di hari itu, yang mana kamu juga pasti ingin tampil dengan sempurna. Maka dari itu, wajib banget nih bagi para bride-to-be untuk memperhatikan kesehatan tubuh. Ditambah lagi dengan berbagai macam perawatan.

Tentu saja ketika di acara, kulit wajahmu akan menjadi yang pertama kali terlihat. Nggak mau dong sampai kulit wajahmu justru kusam di hari pernikahan? Alienco punya tips untuk menjaga kulitmu tetap sehat dan sempurna, yaitu dengan menjaga pola makanmu. Wajib ketahui juga beberapa jenis makanan yang sebaiknya kamu hindari hingga hari H tiba, apa aja? Yuk langsung simak saja :

Dessert and Sweet Things

Kelemahan para wanita nih, brides! Bagi kamu yang hobi banget makan makanan manis dan mengandung banyak gula yuk segera coba dikurangi. Selain terlalu banyak asupan gula yang masuk ke tubuh tidak baik karena bisa menambah berat badan. Ternyata ngga baik juga lho buat kulit. Karena minyak pada kulit manusia juga diproduksi dari proses darah memproduksi hormone androgen. Hormon tersebut diproduksi karena insulin yang bercampur di darah. Makanan banyak manisan tentu membuat kadar insulin meningkat yang pastinya minyak juga meningkat, brides!

Simak juga tips lainnya 4 Tips Tampil Cantik dan Fit di Hari Pernikahan

Mengandung Banyak Minyak

Mempersiapkan pernikahan tentu kamu perlu untuk banyak browsing bahkan hingga survei lokasi. Pada proses tersebut tentu saja kamu juga perlu energi dengan makan. Tak jarang juga kamu lebih banyak makan diluar ketimbang di rumah. Makanan yang mengandung banyak minyak wajib kamu hindari nih, brides. Memang sih gorengan-gorengan yang ada diluar sana beragam dan yang jelas menggoda banget untuk disantap. Tapi ingat ya, minyak ngga bagus lho buat kulit. Apalagi jika kulit wajahmu sendiri merupakan tipe kulit berminyak. Jauh-jauh deh dari gorengan!

Makanan Yang Pedas

Makanan pedas sudah pasti memang menjadi favorit banyak orang. Jika kamu termasuk salah satunya, lebih baik mulai kontrol konsumsi makanan pedasmu ya! Karena dengan memakan makanan yang pedas, suhu di tubuh kita meningkat dengan cepat lho. Sehingga hal ini akan membuat pori-pori yang ada pada kulit menjadi lebih lebar. Mungkin bagi sebagian orang ketika keringat dan minyak keluar sehabis memakan makanan pedas, tapi ada juga negatifnya nih. Keringat dan minyak tersebut tentunya dapat membuat kotoran di udara menjadi lekas menempel pada kulit. Hal ini dapat membuat kulit kusam. Hati-hati ya, brides!

Baca jugaWajib Baca! 7 Pertanyaan yang Harus Kamu Tanyakan ke Vendor Catering

Kopi

Duh persiapan pernikahan kan sudah pasti menguras waktu. Tak jarang juga kamu harus sedikit memotong jam tidurmu. Nah kalau kamu mengkonsumsi kopi, jam tidurmu yang sudah terpotong akan semakin terpotong karena kamu jadi tidak bisa tidur. Hal ini karena kopi memiliki kafein di dalamnya. Kurang tidur justru akan membuat kulit wajahmu menjadi kusam dan tidak sehat. Siapa sih yang mau terlihat kusam di hari pernikahan? Kurangi ya, brides!

 

Tenang saja, brides, itu semua hanya sementara kok! Setelah pesta pernikahan kamu bisa mulai menikmati makanan-makanan tersebut. Namun tetap kontrol konsumsinya ya. Menjaga kesehatan kan hal yang wajib. Semoga bermanfaat!

6 Ide Souvenir Pernikahan Yang Unik dan Fungsional

6 Ide Souvenir Pernikahan Yang Unik dan Fungsional

6 Ide Souvenir Pernikahan Yang Unik dan Fungsional

Kalau kamu termasuk orang yang sedang berbunga-bunga mempersiapkan pernikahan, tentu saja kamu juga perlu menyiapkan souvenir kan? Souvenir pernikahan merupakan benda penting di suatu acara pernikahan. Jika kamu sudah membaca artikel Hindari Memilih 5 Jenis Souvenir Pernikahan Ini! tentunya kamu tidak mau souvenir pernikahanmu tidak disukai tamu. Maka dari itu, Alienco akan memberi saran beberapa souvenir menarik nih. Apa aja sih? Yuk langsung simak saja 6 Ide Souvenir Pernikahan Yang Unik dan Fungsional di bawah ini :

Permen

Banyak orang menyukai rasa manis, apalagi permen! Selain mudah dibawa dan ringkas saat dimakan, memberi souvenir permen juga bisa jadi ide menarik lho. Sebagai pilihan kamu bisa menyiapkan souvenir permen manis khusus anak-anak, atau juga permen less sugar untuk orang dewasa. Cukup dikemas dengan box-box berbahan mika diberi tali pasti membuat tamu kalian gemas. Apalagi mereka bisa menggunakan ulang box mika tersebut.

souvenir pernikahan kacamata keren lucu unik alienco photo

Sunglasses

Bagi warga yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia ini, sunglasses termasuk benda yang dibutuhkan. Selain melindungi mata dari teriknya sinar matahari, sunglasses juga biasa dipakai sebagai aksesoris mode seseorang. Kamu bisa membungkusnya dengan pouch kacamata atau paper bag. Apalagi kalau konsep pernikahanmu wedding outdoor, tamu undangan bisa langsung memakainya. Unik, simple, dan yang pasti fungsional banget!

Kopi Khas

Kopi hingga kini selalu menjadi minuman favorit masyarakat Indonesia. Terlebih lagi keanekaragaman jenis kopi yang ada di Indonesia bisa menjadi pilihanmu menjadikannya sebagai souvenir pernikahan. Apalagi jika kamu dan pasangan berasal dari daerah yang mempunyai kopi khas, semisal Kopi Toraja dan sebagainya, pas banget kan? Kamu bisa membungkus kopi tersebut kedalam pouch jerami, kotak dari kayu, atau paper bag. Tinggal dihias bagian luarnya dengan khas konsep pernikahanmu. Menarik kan?

Luggage Tag

Jenis souvenir ini cocok banget buat kalian pasangan yang memiliki hobi travelling. Saat ini ada lho yang membuka jasa custom luggage tag. Kamu dan pasangan tinggal menyiapkan desainnya atau menyampaikan ide kalian kepada si penyedia jasa. Bisa menyesuaikan dengan konsep pesta pernikahan kamu juga lho. Kalau konsep pernikahanmu wedding outdoor, sudah pasti luggage tag dengan nuansa coklat kayu sangat pas. Cocok banget kan!

Simak juga 9 Makanan Andalan Untuk Menjamu Tamu Di Lamaran

Pouch Kulit

Ide selanjutnya adalah pouch yang terbuat dari kulit sintetis. Pouch ini banyak dipilih karena merupakan souvenir yang fungsional banget buat para tamu. Kamu dan pasangan bisa memesan dengan desain yang melambangkan inisial nama kalian. Sederhana namun elegan. Meskipun itu souvenir dengan inisial nama kalian, tamu undangan pasti tidak akan enggan memakainya kok. Karena justru terlihat bagus disbanding pouch kulit polos tanpa hiasan. Yang jelas, souvenir ini memiliki banyak fungsi yang dijamin souvenirmu ngga akan dianggurkan begitu saja saat mereka sampai rumah.

Soap Bars

Salah satu souvenir unik yang harus kamu pertimbangkan untuk menjadi pilihanmu nih, yaitu soap bars. Saat ini sedang tren banget DIY soap bars dan sudah banyak yang memiliki usaha ini. Bisa memilih aroma dan warna yang kalian mau. Kalian bisa lho custom design kemasannya juga. Jangan lupa pilih yang organic ya! Bagus kan jika bisa membantu menjaga lingkungan dari pencemaran, juga bahan organic lebih aman. Yang pasti fungsional dan unik kan?

 

Mungkin itu saja beberapa ide souvenir unik dan fungsional yang bisa Alienco bagikan. Kalau ada saran tambahan boleh banget tuliskan di kolom komentar! Ditunggu ya!

5 Cara Membuat Thank You Notes Berkesan

5 Cara Membuat Thank You Notes Berkesan

5 Cara Membuat Thank You Notes Berkesan

Siapa sih yang tidak bahagia setelah menikah? Tentu saja tidak ada. Memang hari pernikahan adalah hari paling membahagiakan sekaligus berkesan bagi pasangan yang menikah. Mungkin kamu dan pasangan masih berbunga-bunga dan merasakan euphoria pernikahan. Tapi jangan lupa ucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang membantumu dalam mensukseskan acara ya. Vendor pernikahan, vendor dekorasi, vendor foto, hingga pihak keamanan pun perlu kamu sadari jasa mereka di acaramu. Meskipun sepele, tapi mengucapkan terimakasih atau yang biasa disebut thank you notes itu sangat penting lho. Nah jika kamu ingin memberikan thank you notes kepada pihak-pihak terkait, ada baiknya simak artikel ini. Yuk simak 5 Cara Membuat Thank You Notes Berkesan di bawah ini!

Memilih Pulpen Yang Bagus

Ada yang bilang bagus atau tidaknya tulisan seseorang bergantung pada pulpennya. Ya meskipun hanya kata orang, tapi memilih pulpen yang bagus untuk menulis thank you notes saran yang lumayan kan. Cukup memilih pulpen yang membuatmu nyaman saat menulis dan jangan lupa lihat ujungnya ya, pastikan tintanya tidak ‘luber’. Memilih ujung pulpen yang benar akan membuat thank you notes-mu menjadi rapi. Karena, tinta tidak akan tergores kesana kemari karena terlalu lama kering akibat keluar kebanyakan. Pilih juga pulpen yang ketika dipakai menulis kamu tidak harus menekannya dengan keras. Resiko kertas menjadi berlubang bisa saja terjadi.

Gunakan Kertas Ucapan Yang Menarik

Memilih kertas thank you notes yang memiliki desain yang sesuai dengan konsep pernikahan boleh juga lho. Memang kertas apapun sebenarnya tidak masalah asal diberikan dengan tulus. Namun kertas yang lebih estetik tentu akan membuat si penerima terkesan dan pasti akan menyimpan thank you notes dari kamu. Boleh juga disemprotkan wewangian, supaya si pembaca semakin merasa senang dan dihargai. Penting juga untuk membeli kertas tersebut dengan jumlah lebih. Ini untuk menghindari kesalahan yang mungkin terjadi saat menulis thank you notes, seperti typo atau kertas robek.

Baca juga Yuk Simak! 5 Cara Berterimakasih Pada Vendor Pernikahanmu

NO COPY PASTE! Be sincere!

Tulis dengan tulus ya! Jangan copy paste kata-kata di tiap kartu. Bantuan pihak-pihak tersebut kan berbeda jadi alangkah baiknya jika kamu ucapkan terimakasih dengan baik. Menuliskan seberapa besar rasa terimakasih kamu dan pasangan atas bantuan yang mereka berikan. Semisal untuk vendor foto, kamu bisa berterimakasih karena mereka selalu standby sepanjang acara tanpa terlewat momen.

Best Regards as Couple

Karena pernikahan ini adalah pernikahan kamu dan pasangan, best regards pada thank you notes tentu saja arus kamu dan pasangan. Jangan hanya salah satu di antara kalian. Hal ini kan membuat kalian terlihat lebih tulus dalam berterimakasih kepada pihak-pihak tersebut. Kalau kamu meminta suamimu ikut menandatangani dia pasti akan senang membantumu.

Jangan lupa baca ini Ingat 8 Hal Yang Penting Dilakukan Setelah Menikah!

Jangan Terburu-buru

Hey meskipun memang penting dilakukan dengan segera, jika kamu tergesa bisa saja ada kesalahan. Entah dari penulisan atau hal lainnya. Kamu dan pasangan bisa mengerjakannya di waktu luang dan nikmati saja menulisnya. Jika terjadi kekurangan pun bisa segera dipenuhi. Apalagi kamu bisa mengeceknya berulang untuk memastikan bahwa thank you notes tersebut sudah beres. Dicicil dalam seminggu juga pasti akan selesai kok. Hanya beberapa menit untuk 1 kartu sudah cukup. Atur waktunya, termasuk ke waktu saat menyerahkannya juga.

 

Nah itu dia 5 Cara Membuat Thank You Notes Berkesan yang wajib kamu ketahui. Jangan lupa dipraktekkan ya! Semoga bermanfaat!

3 Alasan Kenapa Memilih Konsep Prosesi Adat Untuk Pernikahan

3 Alasan Kenapa Memilih Konsep Prosesi Adat Untuk Pernikahan

3 Alasan Kenapa Memilih Konsep Prosesi Adat Untuk Pernikahan

Pernikahan di negara kita sangat erat dengan tradisi atau adat istiadat  masyarakat. Beragam prosesi pernikahan  secara adat sering kita lihat di tayangan televisi atau media sosial atau media lain. Biasanya pernikahan adat yang melibatkan tokoh atau orang terkenal/artis cukup banyak mendapat liputan dan umumnya terlihat sangat njlimet.  Sekilas memang pernikahan dengan secara adat terlihat membutuhkan lebih banyak persiapan dan perencanaan. Sehingga mungkin bagi pasangan yang ingin menggunakan tema simpel akan lebih banyak menghindarinya.

Tetapi lain halnya bagi masyarakat yang masih kental tradisi budaya. Bisa juga dari orang tua yang masih teguh berpegang pada adat biasanya berkeras untuk meminta anak-anaknya melangsungkan pernikahan dengan prosesi adat yang dianut. Selain untuk melestarikan budaya juga untuk memperkenalkan tradisi yang semakin lama semakin kurang diminati.  Namun demikian pernikahan secara  adat ini juga mempunyai banyak hal yang positif juga. Jadi kalau kamu diminta untuk mengikuti prosesi pernikahan secara adat, hal-hal berikut bisa ikut menjadi pertimbangan ya.

Manfaat

Biasanya dari pengalaman mereka yang melangsungkan pernikahan secara adat lebih banyak memberikan tanggapan yang positif. Hal tersebut biasanya menambah pengalaman yang baru dalam kehidupan seseorang. Tidak hanya bagi pasangan dan keluarga yang merayakan lho. Tamu yang hadir pun memperoleh pengetahuan baru tentang prosesi adat yang mungkin berbeda dari suku mereka.

Upaya Melestarikan Budaya

Prosesi adat untuk pernikahan merupakan salah satu pintu untuk melestarikan adat istiadat yang masih banyak berlaku. Dengan prosesi adat ini masyarakat yang belum tahu jadi lebih paham dengan adanya prosesi adat pernikahan untuk suatu tempat.  Misalnya bagi masyarakat di daerah Jawa Barat atau yang bersuku Sunda, salah satu prosesi pernikahan yang sering ditunggu-tunggu adalah upacara saweran. Dalam prosesi ini sejumlah uang dilemparkan kepada para tamu, sebagai ungkapan untuk berbagi kebahagiaan dan rezeki. Ini tentu akan menggembirakan bagi mereka yang mendapatkannya. Kalau kamu bersuku Sunda tak ada salahnya kan berbagi kegembiraan dengan saudara-saudaramu lewat prosesi saweran ini.

Baca juga Tahapan Lengkap Prosesi Pernikahan Adat Batak

Keunikan

Di samping melestarikan tradisi dan budaya leluhur, prosesi adat yang dilakukan dalam setiap tahapnya mempunyai makna simbolis dan nilai-nilai yang dalam. Entah itu dari teknis pelaksanaannya maupun dari perangkat atau uborampe yang digunakan, biasanya tidak sembarangan. Jadi untuk pernikahan secara adat ini memang lebih membutuhkan persiapan teknis yang lebih banyak. Mulai dari segi busana, pernik-pernik yang harus disediakan, jenis dan jumlahnya pun kadang sudah ditentukan.  Dengan demikian kamu akan jadi lebih mengenal jauh mengenai detil dan syarat-syarat yang harus dipenuhi dan apa arti yang terkandung di dalamnya. Bahkan dari tarian dan hiburan untuk tamu juga memiliki ketentuan dan keunikannya sendiri.

Dari banyaknya prosesi adat untuk pernikahan tentu kalian sudah pernah melihat beberapa kan? Keunikan dari masing-masing prosesi adat pasti mengesankan untuk dilihat. Apalagi bagi tamu yang benar-benar baru pertama kali melihatnya. Prosesi adat pernikahanmu bisa menjadi prosesi adat pernikahan yang meninggalkan kesan bagi para tamu yang hadir.

Yuk simak juga Yuk Simak Tradisi Prosesi Pernikahan di Koto Gadang!

Dan yang tidak kalah penting adalah dengan pernikahan secara adat ini tentu akan memberi nilai plus untuk pernikahan kamu. Setidaknya kamu tidak menikah secara biasa-biasa saja, tapi ada hal-hal yang istimewa yang tentu nantinya akan membawa kesan yang lebih dalam di masa mendatang. Tak ada salahnya kamu mendengar dan mengikuti kemauan orang tua untuk hal-hal yang memang positif. Mudah-mudahan kamu akan lebih mendapatkan kebahagiaan dan kelancaran dalam kehidupan yang akan kamu jalani  nantinya.

Nah semoga artikel ini bermanfaat ya!

Hati-hati! Ini 5 Kesalahan Ketika Menentukan Undangan Pernikahan

Hati-hati! Ini 5 Kesalahan Ketika Menentukan Undangan Pernikahan

Hati-hati! Ini 5 Kesalahan Ketika Menentukan Undangan Pernikahan

Undangan pernikahan adalah salah satu komponen penting yang harus disiapkan oleh calon pengantin, tentu saja sebuah pesta pernikahan akan terasa kurang lengkap jika tidak dihadiri oleh tamu undangan. Bagaimana tamu undangan akan datang jika tidak diberikan undangan khusus bukan? Meskipun hanya sekedar selembar kertas, namun undangan pernikahan membawa makna penting bagi pengundang maupun yang diundang. Bagi pengundang merupakan suatu harapan agar yang diundang hadir dalam acara pernikahan, sedangkan bagi yang diundang hal tersebut merupakan kehormatan dan juga informasi yang lengkap mengenai pesta pernikahan yang diadakan.

Meskipun pada saat ini undangan juga dikirim melalui email atau informasi elektronik lainnya, namun kehadiran undangan yang berupa amplop undangan khusus pernikahan masih tetap menjadi salah satu tolok ukur etis dan kurang etis. Oleh karena itu jangan sampai undangan pernikahan yang dibuat ada kesalahan.  Kesalahan memang bisa saja terjadi, nah kira-kira apa saja kesalahan yang sering terjadi dan bagaimana solusinya? Yuk simak saja Hati-hati! Ini 5 Kesalahan Ketika Menentukan Undangan Pernikahan di bawah ini :

Terlalu Berwarna

Undangan pernikahan berbeda dengan undangan ulang tahun anak-anak. Sebagai sarana resmi undangan memang tidak terlalu banyak memakai variasi warna.  Undangan yang telalu colourful akan tampak janggal, meskipun hal itu tidak terlarang. Sebaiknya gunakan warna yang sesuai dengan konsep pernikahan yang kamu selenggarakan. Kamu bisa memilih satu atau dua warna untuk mewakilinya.

Tidak Ada Contoh

Contoh undangan atau dummy sebaiknya harus dibuat dulu sebelum kamu mencetaknya dalam jumlah besar. Kesalahan kecil namun fatal, misalnya tanggal pernikahan yang harusnya tanggal 2 mungkin tercetak tanggal 7 karena dikonsep hanya dengan tulisan tangan dan percetakan mungkin kurang perhatian.  Selain informasi juga mungkin ada kata-kata yang salah tulis, mungkin salam, kutipan ayat, yang memang kadang-kadang kurang begitu diperhatikan. Meskipun tidak terlalu mencolok namun untuk yang teliti mungkin akan merasa janggal.

Jadwal Cetak Yang Terlalu Mepet

Menyiapkan undangan pernikahan juga tidak boleh terlalu mepet, namun demikian kadang karena suatu hal mungkin harus agak mepet. Bisa jadi tempat atau venue belum dapat ditentukan atau hal yang lain sehingga undanganpun belum dapat dibuat atau disebarkan. Tetapi sebaiknya memang tidak terlalu dekat waktu dengan hari H mengingat banyak hal yang harus dipertimbangkan, misalnya membuat konsep undangan, membuat disain, persiapan mencetak, waktu pengiriman, semua harus dipertimbangkan.

Baca juga 6 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Membuat Undangan

Menulis Daftar Undangan Sendiri

Menulis undangan dan alamat sebuah undangan pernikahan memang dapat dibuat sendiri. Memang tidak salah kok, tetapi jika waktu tidak terlalu banyak sebaiknya kamu pertimbangkan untuk meminta bantuan orang lain untuk menuliskannya. Kamu nanti tinggal mengecek mana-mana tamu yang belum dibuat undangannya mana yang belum, dari list daftar tamu undangan yang kamu rencanakan. Akan lebih enak lagi jika di percetakan tersebut juga sudah mempunyai paket denggan penulisan alamatnya sekaligus. Akan terlihat lebih profesional, namun demikian kamu harus memastikan bahwa daftar nama tamu undangan  dan alamatnya sudah benar-benar sesuai karena jika terjadi kesalahan penulisan percetakan tidak bertanggung jawab.

Kurang Teliti Dalam Pengecekan

Bukan hal yang jarang, undangan pernikahan ada kesalahan baik kesalahan berupa penulisan kata, kalimat atau angka-angka yang harusnya sesuai dengan informasi yang ingin disampaikan. Agar tidak terjadi dalam undangan pernikahan kamu, sebaiknya kamu mengecek ‘word by word’, dengan demikian kesalahan yang fatal tidak terjadi. Penulisan nama, gelar alamat, tempat dan tanggal pernikahan juga benar-benar harus valid. Jika ada disertakan peta lokasi sebaiknya kamu cek juga apakah sesuai dengan kondisi yang sebenarnya, sehingga tamu undangan akan mudah dipandu oleh peta tersebut.

 

Jadi itulah beberapa informasi seputar beberapa hal yang sering menimbulkan kesalahan dan bagaimana solusi untuk menghindarinya. Jikapun masih harus ada kesalahan dalam undangan pernikahan  yang kamu buat, sebaiknya tidak terjadi kesalahan yang berakibat cukup fatal. Pastikan semua hal sudah benar sesuai perencanaan. Dengan demikian kesalahan yang terjadi tidak menyebabkan tamu undangan sampai salah tempat atau salah tanggal.

5 Cara Pintar Pangkas Biaya Dekorasi Pernikahan

5 Cara Pintar Pangkas Biaya Dekorasi Pernikahan

5 Cara Pintar Pangkas Biaya Dekorasi Pernikahan

Pesta pernikahan tidak akan terasa lengkap tanpa adanya dekorasi yang ikut menyemarakkan kemeriahannya.  Jadi dalam persiapan pernikahan hal ini tak boleh dilupakan, konsep pernikahan yang diinginkan seperti apa, dekorasi juga nanti akan ikut memberikan kesan pada sebuah pesta pernikahan, apakah glamour, simple, whimsical atau lainnya.  Yang juga tak kalah penting adalah persiapan anggaran khusus untuk keperluan dekorasi ini, jika ingin sebuah dekorasi yang mewah tentu juga perlu anggaran spesial, namun demikian jika anggaran yang ada mungkin terbatas karena banyak hal lain juga yang harus dipersiapkan anggarannya, kamu tak perlu risau.

Masih banyak  hal-hal teknis terkait dekorasi ini yang akan dapat dibuat tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Bukan mustahil kamu akan mendapatkan dekorasi yang sesuai keinginan kamu dengan anggaran yang tersedia. Yuk simak langsung 5 Cara Pintar Pangkas Biaya Dekorasi Pernikahan berikut ini :

Waktu Persiapan

Waktu persiapan dekorasi, gunakan waktu seawal mungkin.  Ketika tanggal acara sudah ditentukan, maka segeralah buat konsep dan rencana yang matang. Dengan demikian, kamu bisa mencari-cari pilihan atau mencoba-coba konsep yang ingin kamu terapkan di pesta pernikahan nanti. Bisa kesulitan, tak ada salahnya meminta bantuan ahli dekorasi atau florist.

Pemilihan Bunga

Pemilihan bunga juga ikut menentukan lho. Jadi sebaiknya kamu mengikuti musim bunga yang berjalan, sehingga dengan bunga yang mudah diperoleh tentu harga yang dipatok oleh penjual bunga juga relatif lebih murah. Kalau memaksakan dekorasi dengan bunga yang tidak musimnya, selain sukar mendapatkannya juga bisa jadi harganya jauh lebih tinggi, apalagi kamu terlihat kepingin banget, bisa-bisa abang penjual bunganya jual makin mahal.

Untuk harga bunga, selain ditentukan oleh musim juga dipengaruhi oleh jenis bunga yang dipilih. Jika menggunakan bunga lokal seperti krisan, garbera, anggrek lokal atau bunga lokal lainnya tentu akan jauh lebih murah. Tetapi jika menginginkan bunga impor, kamu bisa memilih yang harganya tidak terlalu tinggi, hindari bunga yang mahal seperti peony, cymbidum atau jenis bunga impor yang mahal.

Tanggal Pernikahan

Waktu pernikahan juga ikut menentukan, pada masa-masa puncak seperti valentine atau tahun baru atau musim lain yang banyak membutuhkan bunga dan hiasan dekorasi lainnya tentu akan ikut naik. Jadi jika memungkinkan pilihlah waktu pernikahan yang tidak bertabrakan dengan musim-musim tersebut.

Pemilihan Lokasi Venue Pernikahan

Pelaksanaan acara resepsi dan upacara dalam satu lokasi. Tips ini akan menghemat kebutuhan dekorasi. Kamu tidak perlu membuat dekorasi untuk dua tempat, karena toh akan dilaksanakan dalam satu lokasi saja.  Dengan demikian biaya untuk vendor dekorasi akan terpusat di satu tempat saja. Jika ingin variasi, cukup dengan sedikit perubahan, mungkin pada background atau hal lain yang tidak terlalu membutuhkan biaya besar.

Butuh tipsnya? Yuk simak Wajib Ketahui! Tips Cerdas Ketika Memilih Venue Pernikahan

Pertimbangan Jika Konsep Outdoor

Konsep pernikahan outdoor juga dapat menghemat biaya dekorasi, apalagi jika pemandangan atau suasana sekitar sudah  mendukung. Dengan keindahan alam di sekitar, maka kebutuhan dekorasi akan jauh berkurang. Kamu cukup menyediakan tenda, fan pendingin (agar tak terlalu panas) dan lantai rumput. Meskipun demikian kamu juga harus mempertimbangkan hal-hal lainnya sebelum menentukan pernikahan dengan konsep outdoor ini ya.

Simak juga rekomendasi Top 9 Venue Wedding Outdoor Di Jakarta Versi Alienco

 

Jadi untuk pemilihan dekorasi hemat biaya kamu tentu dapat menggunakan tips-tips di atas. Sebaiknya kamu mempertimbangkannya baik-baik. Yang penting adalah pakailah dekorasi yang benar-benar sesuai dengan keinginan kamu dan anggaran yang sesuai yang telah kamu siapkan. Sekiranya sekian 5 Cara Pintar Pangkas Biaya Dekorasi Pernikahan semoga bermanfaat ya!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp