Tradisi Malam Binai, Pelepasan Masa Lajang Gadis Minang

Tradisi Malam Binai, Pelepasan Masa Lajang Gadis Minang

Tradisi Malam Binai, Pelepasan Masa Lajang Gadis Minang

Pada pernikahan tradisional, segala macam ritual adatnya mengandung makna-makna yang mendalam dan menarik untuk disimak. Mulai dari busana, ritual, bahkan dekorasi pun semuanya bermakna. Jika kamu dan pasangan memutuskan untuk memilih tema pernikahan tradisional tentu harus melakukan ritual yang ada. Biasanya dalam prosesi pernikahan tradisional ada beberapa tahapan pada ritualnya. Sebagai contoh ada prosesi panggih pada pernikahan Adat Jawa, ritual buka pintu pada Adat Sunda, dan sebagainya. Tidak hanya prosesi atau ritual yang dilaksanakan di hari pernikahan saja lho. Berbagai prosesi pra pernikahan juga ada, misalnya Upacara Momondho dan Upacara Modutu dalam Adat Gorontalo, seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya. Bahkan juga tradisi memberikan seserahan yang bahkan dari isi benda dan jumlahnya pun ditentukan serta memiliki makna.

Kali ini Alienco ingin membahas mengenai ritual yang dilakukan oleh suku Minang jelang hari pernikahan nih. Sama halnya dengan Midodareni pada Adat Jawa, di Adat Minang ritual ini disebut Malam Binai. Maksud dari Malam Binai akan kami bahas pada artikel ini adalah malam terakhir bagi mempelai wanita Minang, bisa jadi seperti bridal shower. Malam terakhir mempelai wanita menjadi wanita lajang. Kalau pada pernikahan modern bridal shower dilalui dengan bersenang-senang bersama teman, lain halnya malam binai. Malam Binai akan dilalui anak daro bersama dengan kedua orang tua, sesepuh, kerabat, dan juga saudaranya. Yuk simak penjelasan Tradisi Malam Binai, Pelepasan Masa Lajang Gadis Minang di bawah ini :

Ritual Mandi-mandi

Anak daro, sebutan mempelai wanita suku Minang, juga akan melalui sebuah ritual lain sebelum malam binai, itu adalah ritual mandi-mandi. Mirip dengan siraman pada Adat Jawa, wanita Minang juga melakukan hal tersebut. Berbeda dengan siraman yang benar-benar disiramkan ke seluruh tubuh, anak daro hanya akan menerima mandi-mandi dengan cara dipercikkan air saja lho. Yang boleh memercikkannya pun tidak sembarang orang, hanya sesepuh dan orang tua saja. Pada percikan pertama akan dilakukan oleh sesepuh dari calon anak daro tersebut dengan menggunakan air bunga dengan daun sitawa sidingin. Baru setelahnya orang tua calon anak daro juga memercikkan air. Bukan sekedar memercikkan air lho, jumlah pemerciknya pun memiliki ketentuan, harus dengan jumlah ganjil. Sesepuh dan kerabat yang hadir menjadi pemercik ini juga sekaligus mengucapkan selamat dan bukti kasih sayang mereka pada anak daro.

Tidak hanya melakukan ritual begitu saja, anak daro juga nantinya akan memakai busana khas yang khusus untuk menjalankan ritual ini. Busana ini disebut busana tokah yaitu busana yang di bagian lengannya terbuka dan dipakai saat mandi-mandi. Setelahnya anak daro akan dibimbing oleh orang tuanya ke pelaminan dengan kain jajakan kuning sepanjang pelaminan. Kain ini juga tidak dibentangkan begitu saja, setelah anak daro memijaknya, kain jajakan kuning digulung kembali. Ini melambangkan bahwa anak daro cukup menempuh satu kali pernikahan di hidupnya. Makna yang dalam ya.

Makna Dari Pemakaian Inai

Kata binai pada malam binai berasal dari kata inai. Inai adalah sejenis tumbuhan berwana jingga yang kemudian akan dihaluskan untuk dibubuhkan pada kuku jemari anak daro. Jika dalam bahasa Indonesia, binai artinya berinai yaitu memakai inai. Jumlah jari yang dibubuhi inai pun tidak kesepuluhnya lho, melainkan hanya sembilan jari saja. Mengapa? Karena tradisi masyarakat Minangkabau selain adat istiadat mereka, mereka juga selalu mengedepankan syariat agama. Jumlah sepuluh dipercayai sebagai kesempurnaan, dan kesempurnaan hanyalah milik Tuhan semata, jadi hanya sembilan jari yang dibubuhi inai. Seperti halnya pemercik, yang membubuhi inai pun ada ketentuannya lho. Hanya kerabat saja bisa membubuhkannya, saat membubuhkan juga akan diselipi dengan membisikkan nasihat-nasihat yang berguna bagi kehidupan rumah tangga anak daro. Pada setiap nasihat ini nantinya juga ada ketentuannya lho.

Pemakaian inai juga memiliki makna. Inai yang berwarna merah pada jari kuku ini tidak hanya sekedar dipakaikan begitu saja.  Selain pada makna dari pemakaiannya, pada setiap kuku jemari yang dibubuhi inai memiliki makna yang tidak sama satu dengan yang lainnya. Pada kuku jari tengah yang berinai memiliki makna agar anak daro akan secara adil membagi kasih sayangnya seperti halnya kasih sayang yang orang tuanya berikan kepadanya. Sedangkan kuku jari kelingking, kerabat yang bertugas membubuhi inai akan sembari mendoakan agar di masa depan anak daro dapat mengatasi berbagai kesulitan yang terjadi padanya dan suami kelak. Jadi jika suami tidak dapat menembus suatu kesulitan, anak daro sebagai istri dapat membantu mengatasi kesulitan tersebut.

Kuku jari manis pun tak luput dari doa kerabat yang menjadi pembubuh inai lho. Kerabat anak daro selagi memakaikan inai akan mendoakan keabadian cinta bagi anak daro dan pasangannya. Doa ini dibisikkan ketika membubuhi jari manis karena jari manis adalah tempat dimana cincin kawin akan dipakai seumur hidupnya nanti. Inai diharapkan menjadi doa supaya cinta keduanya abadi.

Simak juga Mengabadikan Keunikan Prosesi Pernikahan Adat Minangkabau

Makna Daun Sirih Pada Pembubuhan Inai

Pada proses pemakaiannya, inai pada jemari akan dibalut dengan daun sirih. Kalian pasti sudah tahu mengenai daun sirih kan? Hampir di seluruh wilayah Indonesia pernah dijumpai daun sirih. Bukan hanya agar kuku bisa terbubuhi dengan baik, namun daun sirih juga dipercaya oleh leluhur mereka menyimpan kekuatan untuk mencegah hal-hal buruk yang tidak diinginkan terjadi. Hal-hal buruk seperti rasa iri, dengki, dan kesal dari orang lain kepada anak daro. Nah daun sirih dipercaya akan menangkal hal tersebut.

Tentunya warna dari inai biasanya akan awet selama beberapa hari, hal ini dipercaya akan melindungi anak daro selama pesta pernikahan berlangsung hingga usai. Sepanjang acara anak daro akan terlindungi. Inai atau disebut pacar kuku, ini juga menandakan status anak daro sebagai wanita yang sudah menikah, bukan lajang lagi. Semua ini memang tidaklah wajib dilaksanakan. Tetapi tetap masih ada masyarakat Minang yang melaksanakan tradisi ini demi upaya untuk melestarikan tradisi dan nilai-nilai budaya leluhur. Tentu juga karena makna, maksud, dan tujuan dari ritual tersebut demi kebaikan pernikahan anak daro.

 

Nah demikianlah penjelasan mengenai malam binai pada tradisi masyarakat Minang. Menarik sekali bukan? Hal ini membantu kita menyadari bahwa banyak sekali tradisi pernikahan yang dimiliki tanah air kita ini. Kita menjadi sama-sama belajar mengenai budaya dari suku selain suku kita sendiri. Kalian yang masyarakat Jawa, Batak, Sunda, dan sebagainya ikut mengetahui mengenai budaya masyarakat Minang. Budaya yang wajib kita lestarikan bersama. Sekian dulu artikel kali ini, selanjutnya Alienco akan kembali dengan berbagai artikel menarik mengenai tradisi prosesi pernikahan di Indonesia. Simak terus ya!

Wajib Ketahui! Prosesi Pra Pernikahan Adat Gorontalo

Wajib Ketahui! Prosesi Pra Pernikahan Adat Gorontalo

Wajib Ketahui! Prosesi Pra Pernikahan Adat Gorontalo

Jika beberapa waktu lalu Alienco sempat membahas mengenai konsep pernikahan berdasarkan prosesi adat, seperti Adat Jawa, Adat Sunda, dll. Nah pada artikel kali ini Alienco akan berbagi informasi mengenai pernikahan berdasarkan prosesi Adat Gorontalo. Mungkin beberapa dari kalian masih banyak yang belum mengetahuinya kan? Karena prosesi dengan Adat Gorontalo ini termasuk yang jarang kita tau. Meski begitu, prosesi dengan Adat Gorontalo ini sangat menarik untuk kita ketahui lho.

Gorontalo merupakan satu daerah yang berada di ujung utara Pulau Sulawesi, tepatnya Provinsi Gorontalo, berdekatan dengan Sulawesi Utara. Pada rangkaian prosesinya, ternyata ada beberapa tahapan lho. Mulanya akan ada prosesi pra pernikahan dan prosesi hari H. Di artikel ini Alienco akan membahas pada tahan prosesi pra pernikahan, yaitu upacara Momondho dan upacara Modutu.

Upacara Momondho

Momondho ini memiliki arti pengesahan yang menyatakan kedua calon pengantin sudah siap menikah. Pada upacara Momondho, kedua calon pengantin akan dibekali nasihat-nasihat mengenai kehidupan berumah tangga. Bertujuan agar kedua calon pengantin nantinya akan siap saat sudah berumah tangga, biasanya akan digelar pada 40 hari jelang hari pernikahan.

Semenjak upacara Momondho hingga hari H pernikahan, mempelai wanita akan diperlakukan secara khusus. Menjalani berbagai ritual untuk merawat tubuh agar tampil cantik pada hari pernikahan dengan dibantu oleh keluarganya. Bahan yang digunakan untuk perawatan tubuh tersebut  menggunakan bahan tradisional, seperti batang pohon mangga kulitnya digerus, dicampur air rendaman beras untuk dijadikan lulur.

Jika pada Adat Jawa aka nada proses pingitan, begitu juga dengan Adat Gorontalo. Mempelai wanita akan menjalani proses pingitan, yang mana ia tidak akan diijinkan untuk keluar rumah sejak dimulainya upacara Momondho. Hal ini untuk menjaga mempelai wanita dari polusi yang dapat merusak perawatan tubuhnya.

Simak juga Tahapan Lengkap Prosesi Pernikahan Adat Batak

Upacara Modutu

Selanjutnya adalah upacara Modutu, yang mana setelah menerima nasihat-nasihat di upacara Momondho, mempelai wanita akan menerima biaya dan bantuan dana pernikahan dari pihak pria. Proses pemberiannya pun ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu :

Tonggu

Ini adalah pembayaran adat dari pihak pria kepada keluarga mempelai wanita untuk menyampaikan maksud dan tujuan atas kedatangan mereka.

Kati

Disini sebagai pembayaran adat, memilih kakak atau adik dari mempelai untuk meminta direstu kepada seluruh anggota keluara mempelai wanita.

Tonelo

Seperti halnya seserahan, tonelo berarti mas kawin. Tonelo memiliki makna sebagai jaminan dari pengantin pria terhadap pengantin wanita.

Tutu Lopolidudu

Merupakan pembayaran adat yang diserahkan kepada perias pengantin dan juga pelaminan. Karena keduanya berperan penting untuk merias mempelai dan memperindah tempat pernikahan.

Baluwa Loumonu

Pada Adat Gorontalo ada yang disebut juru langir. Juru langir ini merupakan orang yang akan membantu perawatan kecantikan bagi mempelai wanita. Nah pada baluwa loumonu ini pembayaran adat diberikan kepada juru langir.

Tapahula

Tidak seperti pembayaran adat lainnya yang berupa uang, tapahula merupakan kosmetik, pakaian, dan perlengkapan lainnya untuk mempelai wanita.

Pomana

Digunakan sebagai simbol persatuan dari kedua pengantin berupa tempat sirih pinang. Selain itu, sirih pinang juga memiliki makna yang dalam, sirih yang bermakna urat serta pinang bermakna daging. Terdapat pula gambir yang mengandung makna darah dan tembakau yang memiliki makna rambut dan aroma tubuh.

Ayuwa

Berisi buah-buahan, seperti jeruk bali, nanas, nangka, tebu, dan kelapa. Buah-buahan yang dipilih juga memiliki arti lho, yaitu jeruk bali bermakna otak, nangka melambangkan perut, dan lain-lain. Ayuwa ini merupakan ungkapan bahwa kedua mempelai menunjukkan ramah tamahnya kepada satu sama lain.

 

Nah menarik banget ya ternyata. Selain itu masih banyak hal unik dan menarik yang bisa dibahas dari prosesi pernikahan Adat Gorontalo lho! Lain kali Alienco akan ulas lebih lengkap. Ditunggu ya!

Hindari 4 Makanan Ini Demi Kulit Cerah Di Hari Pernikahan

Hindari 4 Makanan Ini Demi Kulit Cerah Di Hari Pernikahan

Hindari 4 Makanan Ini Demi Kulit Cerah Di Hari Pernikahan

Momen pernikahan adalah momen yang paling bersejarah di hidup seseorang. Hari dimana kamu dan pasangan akan berjanji untuk menghabiskan sisa hidup kalian bersama-sama. Tentunya pada hari pernikahan juga kalian menjadi orang paling istimewa. Banyak orang akan  membantumu melakukan berbagai hal, dan kalian yang menjadi pusat perhatian di pesta tersebut.

Nah bagi kamu, wanita bride-to-be, utamanya penting sekali untuk menjaga penampilan pada hari H kan? Kamu akan menjadi ratu di hari itu, yang mana kamu juga pasti ingin tampil dengan sempurna. Maka dari itu, wajib banget nih bagi para bride-to-be untuk memperhatikan kesehatan tubuh. Ditambah lagi dengan berbagai macam perawatan.

Tentu saja ketika di acara, kulit wajahmu akan menjadi yang pertama kali terlihat. Nggak mau dong sampai kulit wajahmu justru kusam di hari pernikahan? Alienco punya tips untuk menjaga kulitmu tetap sehat dan sempurna, yaitu dengan menjaga pola makanmu. Wajib ketahui juga beberapa jenis makanan yang sebaiknya kamu hindari hingga hari H tiba, apa aja? Yuk langsung simak saja :

Dessert and Sweet Things

Kelemahan para wanita nih, brides! Bagi kamu yang hobi banget makan makanan manis dan mengandung banyak gula yuk segera coba dikurangi. Selain terlalu banyak asupan gula yang masuk ke tubuh tidak baik karena bisa menambah berat badan. Ternyata ngga baik juga lho buat kulit. Karena minyak pada kulit manusia juga diproduksi dari proses darah memproduksi hormone androgen. Hormon tersebut diproduksi karena insulin yang bercampur di darah. Makanan banyak manisan tentu membuat kadar insulin meningkat yang pastinya minyak juga meningkat, brides!

Simak juga tips lainnya 4 Tips Tampil Cantik dan Fit di Hari Pernikahan

Mengandung Banyak Minyak

Mempersiapkan pernikahan tentu kamu perlu untuk banyak browsing bahkan hingga survei lokasi. Pada proses tersebut tentu saja kamu juga perlu energi dengan makan. Tak jarang juga kamu lebih banyak makan diluar ketimbang di rumah. Makanan yang mengandung banyak minyak wajib kamu hindari nih, brides. Memang sih gorengan-gorengan yang ada diluar sana beragam dan yang jelas menggoda banget untuk disantap. Tapi ingat ya, minyak ngga bagus lho buat kulit. Apalagi jika kulit wajahmu sendiri merupakan tipe kulit berminyak. Jauh-jauh deh dari gorengan!

Makanan Yang Pedas

Makanan pedas sudah pasti memang menjadi favorit banyak orang. Jika kamu termasuk salah satunya, lebih baik mulai kontrol konsumsi makanan pedasmu ya! Karena dengan memakan makanan yang pedas, suhu di tubuh kita meningkat dengan cepat lho. Sehingga hal ini akan membuat pori-pori yang ada pada kulit menjadi lebih lebar. Mungkin bagi sebagian orang ketika keringat dan minyak keluar sehabis memakan makanan pedas, tapi ada juga negatifnya nih. Keringat dan minyak tersebut tentunya dapat membuat kotoran di udara menjadi lekas menempel pada kulit. Hal ini dapat membuat kulit kusam. Hati-hati ya, brides!

Baca jugaWajib Baca! 7 Pertanyaan yang Harus Kamu Tanyakan ke Vendor Catering

Kopi

Duh persiapan pernikahan kan sudah pasti menguras waktu. Tak jarang juga kamu harus sedikit memotong jam tidurmu. Nah kalau kamu mengkonsumsi kopi, jam tidurmu yang sudah terpotong akan semakin terpotong karena kamu jadi tidak bisa tidur. Hal ini karena kopi memiliki kafein di dalamnya. Kurang tidur justru akan membuat kulit wajahmu menjadi kusam dan tidak sehat. Siapa sih yang mau terlihat kusam di hari pernikahan? Kurangi ya, brides!

 

Tenang saja, brides, itu semua hanya sementara kok! Setelah pesta pernikahan kamu bisa mulai menikmati makanan-makanan tersebut. Namun tetap kontrol konsumsinya ya. Menjaga kesehatan kan hal yang wajib. Semoga bermanfaat!

Cara Agar Travelling Menyenangkan Saat Bersama Calon Mertua

Cara Agar Travelling Menyenangkan Saat Bersama Calon Mertua

Cara Agar Traveling Menyenangkan Saat Bersama Calon Mertua

Sudah memiliki rencana untuk mengisi weekend-mu kali ini? Sepertinya travelling ide yang bagus. Apalagi masih di awal tahun seperti ini. Memulai tahun baru dengan berjalan-jalan bersama keluarga pasti menyenangkan. Meskipun liburan bersama keluarga sedikit merepotkan dari segi persiapan, kamu bisa juga lho mengajak calon mertuamu ikut. Tentunya kalian bisa menghabiskan waktu bersama dan menciptakan kenangan yang bisa kalian ingat nantinya. Tapi, lebih merepotkan nggak ya kalau bersama calon mertua? Harus ini, harus itu, atau bagaimana jika destinasinya tidak cocok? Duh jangan khawatir deh! Karena Alienco akan memberikan beberapa trik menarik untuk travelling menyenangkan bersama calon mertua. Yuk langsung simak saja :

Keep Smile!

Membuat rencana travelling gampang-gampang susah lho. Harus browsing ini itu, cek harga, membuat itinerary, dan lain-lain. Tentu lelah dan menguras pikiran. Namun, ingat saja bahwa kalian akan bersenang-senang. Mengakrabkan hubungan dengan calon mertua, entah apa ekspetasi beliau sebelum pergi travelling denganmu. Alangkah baiknya jika kamu selalu tersenyum dan bersikap positif terhadap respon yang kamu terima ya!

Jangan Idealis

Mungkin kamu memang sudah mempersiapkan semuanya. Jika terjadi sesuatu hambatan ketika travelling, misal calon mertuamu menginginkan hal tambahan lain saat travelling. Kamu sebaiknya jangan terlalu kaku dan bersikeras perjalanan tersebut harus sesuai rencanamu. Mereka mungkin memiliki keinginan untuk kenangan pada travelling tersebut. Ada baiknya jika kamu mencoba bersikap lebih fleksibel dan juga memahami ya. Jadilah realistis!

Membantu Mengabadikan Momen

Bukan hanya anak remaja saja yang doyan selfie, orang tua pun kini sejak mengenal teknologi suka lho difoto. Meski bagi mereka akan sedikit sulit mengambil selfie, kamu bisa menawarkan diri memotretkan mereka di tempat travelling tersebut. Kalau hasil foto yang kamu ambil bagus pasti mereka akan sangat senang, terlebih kamu secara inisiatif menawarkan diri. Mereka mendapatkan kenangan yang diinginkan, dan calon mertuamu akan semakin suka kepadamu lho. Oiya, kamu juga bisa membuat vlog tentang perjalananmu tersebut.

Simak juga Ini Dia 6 Tips Agar PDKT dengan Calon Ibu Mertua Sukses!

Kenali Selera Calon Mertuamu

Ketika kamu sedang merencanakan perjalanan, baik adanya jika kamu juga ikut mencari tahu apa sih kesukaan calon mertuamu. Misal makanan yang beliau sukai, atau hal-hal khusus yang mereka akan terkesan. Hal ini bisa kamu diskusikan dengan pasanganmu. Tentunya karena dia lebih mengenal sosok calon mertua yang merupakan orang tuanya tersebut. Dia juga pasti akan dengan senang hati berdiskusi dan memberitahumu. Karena kamu terlihat benar-benar perhatian kepada orang tuanya lho!

QTime Bersama Pasangan

Saat travelling bersama mertua, bukan berarti kamu tidak boleh menghabiskan waktu berdua saja dengan pasangan kok. Kalian bisa membuat rencana untuk berdua juga. Seperti berjalan-jalan di sekitar penginapan ketika malam hari yang lain sedang beristirahat. Atau bisa juga kamu menyiapkan jadwal dimana calon mertua mempunyai waktu khusus, contohnya spa atau layanan massage. Kemudian kamu dan pasangan bisa berjalan-jalan di sekitar tempat tersebut sambil berbelanja souvenir. Menyenangkan kan!

 

Nah, liburan bersama calon mertua tidak merepotkan, kan? Kamu masih bisa bersenang-senang dan menikmati waktu berdua kalian kok. Travelling bersama calon mertua bisa jadi pertimbangan untuk menghabiskan waktu weekend kalian. Membuat kenangan bersama, mencoba lebih dekat, dan saling mengenal baik calon mertuamu. Selamat bersenang-senang ya!

5 Cara Membuat Thank You Notes Berkesan

5 Cara Membuat Thank You Notes Berkesan

5 Cara Membuat Thank You Notes Berkesan

Siapa sih yang tidak bahagia setelah menikah? Tentu saja tidak ada. Memang hari pernikahan adalah hari paling membahagiakan sekaligus berkesan bagi pasangan yang menikah. Mungkin kamu dan pasangan masih berbunga-bunga dan merasakan euphoria pernikahan. Tapi jangan lupa ucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang membantumu dalam mensukseskan acara ya. Vendor pernikahan, vendor dekorasi, vendor foto, hingga pihak keamanan pun perlu kamu sadari jasa mereka di acaramu. Meskipun sepele, tapi mengucapkan terimakasih atau yang biasa disebut thank you notes itu sangat penting lho. Nah jika kamu ingin memberikan thank you notes kepada pihak-pihak terkait, ada baiknya simak artikel ini. Yuk simak 5 Cara Membuat Thank You Notes Berkesan di bawah ini!

Memilih Pulpen Yang Bagus

Ada yang bilang bagus atau tidaknya tulisan seseorang bergantung pada pulpennya. Ya meskipun hanya kata orang, tapi memilih pulpen yang bagus untuk menulis thank you notes saran yang lumayan kan. Cukup memilih pulpen yang membuatmu nyaman saat menulis dan jangan lupa lihat ujungnya ya, pastikan tintanya tidak ‘luber’. Memilih ujung pulpen yang benar akan membuat thank you notes-mu menjadi rapi. Karena, tinta tidak akan tergores kesana kemari karena terlalu lama kering akibat keluar kebanyakan. Pilih juga pulpen yang ketika dipakai menulis kamu tidak harus menekannya dengan keras. Resiko kertas menjadi berlubang bisa saja terjadi.

Gunakan Kertas Ucapan Yang Menarik

Memilih kertas thank you notes yang memiliki desain yang sesuai dengan konsep pernikahan boleh juga lho. Memang kertas apapun sebenarnya tidak masalah asal diberikan dengan tulus. Namun kertas yang lebih estetik tentu akan membuat si penerima terkesan dan pasti akan menyimpan thank you notes dari kamu. Boleh juga disemprotkan wewangian, supaya si pembaca semakin merasa senang dan dihargai. Penting juga untuk membeli kertas tersebut dengan jumlah lebih. Ini untuk menghindari kesalahan yang mungkin terjadi saat menulis thank you notes, seperti typo atau kertas robek.

Baca juga Yuk Simak! 5 Cara Berterimakasih Pada Vendor Pernikahanmu

NO COPY PASTE! Be sincere!

Tulis dengan tulus ya! Jangan copy paste kata-kata di tiap kartu. Bantuan pihak-pihak tersebut kan berbeda jadi alangkah baiknya jika kamu ucapkan terimakasih dengan baik. Menuliskan seberapa besar rasa terimakasih kamu dan pasangan atas bantuan yang mereka berikan. Semisal untuk vendor foto, kamu bisa berterimakasih karena mereka selalu standby sepanjang acara tanpa terlewat momen.

Best Regards as Couple

Karena pernikahan ini adalah pernikahan kamu dan pasangan, best regards pada thank you notes tentu saja arus kamu dan pasangan. Jangan hanya salah satu di antara kalian. Hal ini kan membuat kalian terlihat lebih tulus dalam berterimakasih kepada pihak-pihak tersebut. Kalau kamu meminta suamimu ikut menandatangani dia pasti akan senang membantumu.

Jangan lupa baca ini Ingat 8 Hal Yang Penting Dilakukan Setelah Menikah!

Jangan Terburu-buru

Hey meskipun memang penting dilakukan dengan segera, jika kamu tergesa bisa saja ada kesalahan. Entah dari penulisan atau hal lainnya. Kamu dan pasangan bisa mengerjakannya di waktu luang dan nikmati saja menulisnya. Jika terjadi kekurangan pun bisa segera dipenuhi. Apalagi kamu bisa mengeceknya berulang untuk memastikan bahwa thank you notes tersebut sudah beres. Dicicil dalam seminggu juga pasti akan selesai kok. Hanya beberapa menit untuk 1 kartu sudah cukup. Atur waktunya, termasuk ke waktu saat menyerahkannya juga.

 

Nah itu dia 5 Cara Membuat Thank You Notes Berkesan yang wajib kamu ketahui. Jangan lupa dipraktekkan ya! Semoga bermanfaat!

List Vendor Photo di Wedding Celebration Festival 2018 Part 2

List Vendor Photo di Wedding Celebration Festival 2018 Part 2

List Vendor Photo di Wedding Celebration Festival 2018 Part 2

Melanjutkan dari  List Vendor Photo di Wedding Celebration Festival 2018 Part 1   kali ini Alienco akan membahas vendor-vendor photo di Wedding Celebration Festival 2018 selanjutnya. Yuk simak langsung :

Studio 8 Bali Photography

Kali ini vendor photo dari Bali lagi nih, stand by di booth M49 – Main Lobby. Meski melayani beragam jasa fotografi, Studio 8 Bali berfokus pada foto pernikahan dan portrait. Mengkombinasikan fesyen dan kasual, Studi 8 Bali melakukan pendekatan pada klien secara personal. Sehingga kamu bisa lebih nyaman menyampaikan ide-idemu kepada mereka.

www.studio8bali.com

View In Life Pictures

Kembali ke vendor photo di Jakarta, khususnya Jakarta Pusat, kamu bisa juga mempertimbangkan memilih View In Life Pictures. Foto-foto yang dihasilkan oleh tim View In Life Pictures mampu menyampaikan cerita kalian dengan baik. Membuat foto-foto pernikahanmu menjadi memorable! Tim View In Life Pictures siap menyambutmu di 30 – Assembly.

www.vilpictures.com

Ws Photography & Winworks

Pada booth R2 – Assembly kamu bisa menggali informasi tentang Ws Photography & Winworks. Puaskan rasa ingin taumu dengan vendor ini. Kalau masih belum cukup kamu bisa mengunjungi kantornya di Jakarta Utara dengan membuat janji dulu ya!

www.instagram.com/ws.photo/

Catherine Wedding & Photo

Meski baru, Catherine Wedding & Photo yang akan ada di booth C – Assembly siap melayani pernikahan kamu dan pasangan lho. Selain foto prewedding dan wedding, Catherine Wedding & Photo juga menyiapkan jasa tata rias dan rambut. Paket lengkap banget deh!

www.instagram.com/catherinewedding/

Double C Cinematography

Tidak boleh terlewatkan juga, di booth 5B – Assembly ada Double C Cinematography! Mereka akan meng-capture momen-momen bahagia mu menjadi sangat indah dan penuh kesan. Kamu bisa mampir untuk melihat-lihat portofolio yang mereka miliki.

www.instagram.com/doublec_cinematography/

Hope Portraiture

Hope Portraiture berisi kumpulan orang yang siap mewujudkan foto pernikahan dengan mengabadikan setiap momen dan ekspresi kalian. Semua foto yang dihasilkan akan timeless. Nah jangan lupa mampir ke 3A – Assembly. Atau berkunjung ke kantornya di Jakarta Barat.

www.instagram.com/hopeportraiture/

Lady Quissera

Vendor ini mempercayai bahwa momenlah yang akan bertahan selamanya! Untuk mengabadikan momen pernikahanmu mungkin kamu juga bisa mempertimbangkan Lady Quissera. Dengan seni dan passion-nya, mereka menyukai bertemu dengan orang-orang baru dan menjadi kawan melalui fotografi. Kunjungi booth 14A – Assembly untuk menjadi teman mereka!

www.ladyquissera.com

Simak juga Event Minggu Ini : Wedding Celebration Festival 2018

Luminaire Photography

Berbagai konsep pernikahan siap digarap oleh Luminaire Photography. Mereka akan berusaha mewujudkan ide-ide dan impian kalian menjadi nyata! Silahkan mampir ke booth 10 – Assembly  untuk bertemu langsung dengan Luminaire Photography.

www.instagram.com/luminairephotography/

Maxine Photography & Video Art

Satu lagi vendor photo pernikahan dari Jakarta Utara yang akan meramaikan Wedding Celebration Festival 2018, Maxine Photography & Video Art. Cukup mampir ke L3 – Assembly, kamu bisa mengulik informasi pelayanan mereka secara langsung!

www.instagram.com/maxinephotography/

Pixels Photography & Videography

Bukan cuma di Jakarta, Pixels Photography & Videography ini juga punya kantor di Bali lho. Jadi buat kalian yang berdomisili di kedua tempat tersebut, bisa langsung mampir ke G3 & G4 – Assembly, untuk menentukan foto pernikahan impian kalian!

www.instagram.com/pixels.pv/

Snapshot Pictures

Berisi tim yang masih muda namun memiliki semangat kerja yang membara, kamu tidak perlu khawatir bekerja sama dengan Snapshot Pictures. Mereka siap mengawal pernikahanmu dari pagi buta hingga malam hari dengan peralatan dan tim yang selalu siap. Momen-momen berharga di pernikahanmu pun tidak akan ada yang terlewat. Nah langsung saja mampir ke 18 – Assembly ya!

www.instagram.com/snapshotpicturess/

Surya Photography & Video

Melihat dari portofolio milik Surya Photography & Video tidak perlu ragu lagi untuk langsung mampir ke booth mereka di 33 – Assembly pada Wedding Celebration Festival 2018.

www.instagram.com/surya.photography/

Welio Photography

Terakhir, ”What you have capture on file is captured forever.. it remember little things, long after you have forgotten everything.” begitulah kata Welio Photography. Benar-benar memahami bahwa momen pernikahan adalah momen sekali seumur hidup, Welio Photography siap mendampingimu dari persiapan pagi hingga pesta berakhir. Tanpa ada momen yang terlewat, dan akan ter-capture sempurna! Jangan lupa untuk mampir ke booth mereka di 9 – Assembly.

www.weliophotography.com

 

Nah itu dia List Vendor Photo di Wedding Celebration Festival 2018 Part 2. Semoga list tersebut bisa membantumu menentukan pilihan ya!

5 Tips Ini Penting Dilakukan Ketika Mencari Penghulu

5 Tips Ini Penting Dilakukan Ketika Mencari Penghulu

5 Tips Ini Penting Dilakukan Ketika Mencari Penghulu

Saat akan menikah, pasti ada banyak hal yang harus dipersiapkan oleh kamu dan pasangan. Persiapan yang dilakukan pun sudah dijalani sampai berbulan-bulan sebelum pesta diadakan, agar saat pesta pernikahanmu berlangsung tidak ada hal yang kurang atau bahkan terlewatkan. Terkadang, kamu dan pasangan kerepotan karena banyak sekali hal yang harus dipersiapkan mulai dari mencari vendor, catering, souvenir, dan penghulu. Nah, kamu dan pasanganmu jangan sampai luput memperhatikan penghulu dipernikahan kamu ya! Penghulu merupakan hal terpenting dari yang terpenting saat mempersiapkan pernikahanmu, maka dari itu kamu harus memerhatikan beberapa hal saat mencari penghulu untuk pernikahanmu. Yuk, intip tipsnya !

Mencari Penghulu dari Jauh-jauh Hari

Jika kamu dan pasanganmu sudah menentukan lokasi untuk akad nikah, hal yang kamu lakukan selanjutnya adalah mencari penghulu. Pilihlah penghulu dari kecamatan yang sesuai dengan tempat akad nikah kamu akan digelar. Apabila tempat akan nikah kamu cukup dikenal di masyarakat, pastikan kamu mencari penghulunya jangan sampai mepert waktunya, ya! Kamu dan pasangan harus mendatangi kantor KUA Kecamatan untuk menanyakan, apakah ada seorang penghulu yang bersedia di hari pernikahan kamu dan pasangan. Ini menjadi hal yang sangat penting. Karena, yang menikah pada hari dan waktu yang sudah kamu tentukan bersama pasangan, bukannya kamu saja ya. maka dari itu, kamu dan pasangan harus cepat mendaftarkan diri, dengan begitu semakin besar kemungkinan kamu dan pasangan bisa mendapatkan penghulu, yang sesuai dengan hari dan waktu yang sudah kamu dan pasangan tentukan.

Selalu Menjaga Komunikasi dengan Penghulu

Setelah kamu dan pasangan mendapat penghulu yang akan menikahkan kalian, kamu dan pasangan harus menjaga komunikasi dengan penghulu, bisa dengan menyimpan nomor telepon yang bisa dihubungi tentunya. Apalagi di zaman yang sudah serba teknologi ini, kamu dan pasangan bisa saling berkomunikasi dengan penghulu melalui telepon. Apa sih yang harus kamu komunikasikan dengan penghulu? Kamu harus terus berkomunikasi untuk saling mengingatkan atau membicarakan tentang keperluan persiapan pernikan kamu dan pasangan. Selain itu, dengan cara ini, kamu dan pasangan bisa mengikutsertakan penghulu, agar tetap ingat dengan hari akad nikahmu.

Tentukan Transportasi

Selain kamu harus teap menjaga komunikasi, langkah penting selanjutnya adalah, kamu dan pasangan perlu mendiskusikan bagaimana transportasi penghulu di hari pernikahanmu, saat akan menuju tempat akad nikah, dan pulang dari sana. Ingat ya! Penghulu yang hadir dipernikahanmu memiliki waktu yang sangat berharga. Beliau harus pergi ke beberapa tempat lagi dalam waktu yang tidak banyak dimilikinya. Kamu bisa menanyakan kebutuhannya, apakah beliau perlu kalian siapkan transportasi antar jemput, atau memilih berangkat sendiri.

Memilih Salah Satu dari Panitia Sebagai LO

Jika panitia sudah terbentuk untuk hari H nanti, kamu dan pasangan harus memilih salah satu panitia pernikahan kamu, untuk bertugas mengawal penghulu, kamu bisa memilih dari keluarga kamu sendiri atau dari pihak Wedding Organizer. Orang yang kamu pilih ini, nantinya akan bertugas mengawal penghulu. Mulai dari menghubungi, mempersiapkan transportasi, dan selalu mendampingi sampai penghulu selesai melakukan tugasnya. Komunikasikan segalanya dengan baik pada panitia yang kamu pilih ini, agar kamu tidak memikirkan hal lain saat hari bahagiamu bersama pasangan.

Simak juga yuk Perhatikan Hal Ini Ketika Mengurus Surat Nikah di KUA!

Memberikan Souvenir yang Terbaik

Tidak ada dalam aturan negara, berapa biaya untuk seorang penghulu. Namun, ada biaya resmi yang harus kamu dan pasangan keluarkan yaitu sebesar Rp 600.000. Uang ini nantinyanya dibayarkan kepada negara melewati bank, apabila akad nikah tidak dilangsungkan di kantor KUA. Karena tidak adanya biaya untuk seorang penghulu, tidak ada salahnya kamu dan pasangan memberikan buah tangan kepada penghulu, sebagai tanda terima kasih tertu hal ini dibolehkan.

 

Itulah tips-tips mencari penghulu untuk hari pernikahanmu dan pasangan. Semoga persiapan pernikahan kamu dan pasangan berjalan lancar sampai hari H, ya!

 

6 Keuntungan Menikah Di Bulan Desember

6 Keuntungan Menikah Di Bulan Desember

6 Keuntungan Menikah Di Bulan Desember

Memilih tanggal dan bulan pernikahan, sudah menjadi tradisi yang dilakukan oleh pasangan kekasih yang akan menikah. Biasanya kedua mempelai memilih tanggal dan bulan sesuai hari keburuntungan pasangan tersebut. Kendati demikian, tidak ada hari dan bulan yang buruk untuk melangsungkan pernikahan, apalagi pada bulan Desember. Masih banyak para pasangan, bahkan mungkin termasuk kamu tidak tahu bahwa, menikah dibulan Desember akan mendapat beberapa kelebihan dibandingkan kesebelas bulan sebelumnya. Untuk kamu calon mempelai pengantin yang masih bingung memilih bulan pernikahan, lebih baik simak kelebihan menikah di bulan Desember di bawah ini :

Terdapat Banyak Diskon Besar-besaran Menjelang Akhir Tahun

Dalam rangka menyambut momen pergantian tahun, seringkali perusahaan atau usaha-usaha yang mengadakan cuci gudang terhadap produknya. Momen ini, bisa kamu manfaatkan untuk memburu barang-barang, atau peralatan yang diperlukan untuk pesta pernikahan kamu. Selain perusahaan barang, ada juga vendor-vendor pernikahan yang mengadakan diskon besar-besaran pada bulan Desember. Kamu bisa meminimalisir budget yang dikeluarkan, karena mendapat diskon besar-besaran.

Mendapatkan Bonus di Tempat Kerja

Apabila kamu merupakan calon pasangan pengantin yang sama-sama bekerja, menjelang akhir tahun biasanya perusahaan sering memberikan bonus kepada karyawan-karyawannya. Ini juga menjadi bonus bagi kamu, yang sama-sama bekerja. Selain dompet menjadi tebal, bonus yang diberikan bosmu juga bisa menambah tabungan pernikahanmu lho. Lumayan kan, untuk tambah-tambah beli souvenir pernikahan.

Kesan Yang Selalu Diingat Bagi Tamu Undangan

Jika kamu menikah pada bulan Desember, besar kemungkinan tamu undangan yang datang ke pesta pernikahanmu, akan memiliki kesan yang selalu terekam dimemorinya lho. Sangat berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya yang berada di tengah-tengah, tamu undangan cenderung lupa untuk mengingatnya. Selain itu, jika kamu menikah di bulan Desember yang merupakan bulan terakhir dalam satu tahun, maka pasangan kamu juga merupakan pelabuhan terakhir kamu dalam menjalin asmara.

Menyambut Tahun Baru Bersama Pasangan

Apabila tahun-tahun sebelumnya, kamu menyambut tahun baru bersama keluarga atau teman-teman. Kali ini, kamu bisa merayakannya berdua saja dengan pasanganmu. Kamu bisa merayakannya dengan makan malam romantis, atau melakukan kegiatan seru lainnya berdua saja, tanpa adanya orang lain yang menganggu. Duh sosweetnya.

Baca juga Tips Merencanakan Bulan Madu Bersama Pasangan

Membuka Lembaran Baru Dengan Pasangan

Jika kamu menikah dengan pasanganmu, tentunya kamu akan memiliki kehidupan baru bersama pasanganmu. Apabila kamu melangsungkan pernikahan pada bulan Desember, kamu bisa menyambut tahun baru, dan lembaran-lembaran baru dihidup kamu dan pasanganmu. Kamu bisa membuat daftar yang isinya hal-hal atau kegiatan yang ingin kamu dan pasanganmu lakukan ditahun baru nanti. Hari-hari mu dan pasangan di masa yang akan datang jadi semakin seru dan selalu dinantikan.

Bisa Berbulan Madu Sambil Berlibur Tahun Baru

Selain diskon besar-besaran yang diadakan oleh perusahaan atau usaha-usaha lain. Biasanya sejumlah hotel, tiket pesawat, dan tempat wisata juga mengadakan diskon dalam rangka menyambut tahun baru. Hal ini dapat kamu manfaatkan untuk pergi berbulan madu dengan pasanganmu, sambil merayakan tahun baru. Apasalahnya kan berbulan madu sambil berwisata menggunakan diskon, kamu bisa berbulan madu, tanpa mengeluarkan biaya yang besar.

 

Jika kamu sudah mengetahui kelebihan-kelebihan menikah pada bulan Desember, kamu pasti bingung untuk menentukan kapan akan menikah. Namun, bulan desember  bisa kamu jadikan opsi, karena memiliki banyak kelebihan. Kamu bisa mempertimbangkannya beserta dngan pasanganmu agar tidak salah pilih.

Tradisi Adat Jawa : Jangan Menikah Pada 4 Waktu Ini!

Tradisi Adat Jawa : Jangan Menikah Pada 4 Waktu Ini!

Tradisi Adat Jawa : Jangan Menikah Pada 4 Waktu Ini!

Kalau mereka yang sudah mempunyai rencana untuk menikah tentu sangat berharap bahwa pernikahan segera diwujudkan. Bagi mereka keturunan Jawa atau orang yang memegang Tradisi Adat Jawa yang ketat ada anggapan bahwa ada bulan-bulan tertentu yang memang menjadi pantangan untuk melangsungkan pernikahan. Tentu bagi mereka yang hidup jaman sekarang merasa tradisi ini cukup menyulitkan, apalagi bagi mereka yang sudah lama merencanakan pernikahan . Meskipun kamu mungkin tidak yakin benar tentang tradisi ini, tentu tak ada salahnya untuk mengetahuinya kan? Siapa tahu calon pasangan kamu nantinya adalah orang keturunan Jawa yang masih teguh memegang adat Jawa, kamu jadi bisa lebih menghargainya.

Mulud

Bulan pertama yang menjadi pantangan untuk melangsungkan pernikahan adalah bulan Mulud kalau dalam agama Islam adalah bulan Maulud.  Yang menjadi argumen utama adalah kepercayaan Jawa yang bersumber dari Primbon Jawa. Di sini disebutkan bahwa menikah di bulan Mulud akan dapat menyebabkan tidak akan berlangsung lama pernikahan ini karena salah seorang mempelai akan meninggal setelah menikah, menakutkan bukan?

Kematian akan menyebabkan perpisahan dan hilangnya kelengkapan sebuah keluarga.  Namun begitu bisa juga diambil sisi positifnya bahwa kita benar-benar harus bersiap-siap menghadapi hal termasuk kematian seseorang bahkan orang  yang paling dicintai sekalipun.  Jika ini terjadi, tentu kita telah siap menghadapinya. Kematian adalah takdir yang tak dapat diketahui kapan datangnya, jadi tak berarti menikah di bulan selain Mulud tidak mendatangkan kematian. Jadi berfikir positif atas hal ini adalah hal terbaik yang dapat kita lakukan.

Suro

Bulan kedua yang tidak boleh untuk mengadakan ikatan perkawinan adalah bulan Suro. Di bulan ini dianggap bahwa pernikahan tersebut  akan mendatangkan bencana dan keburukan. Banyak hal yang terjadi yang menjadi penyebabnya mungkin berupa pencurian, masalah ekonomi dan berbagai  bencana lainnya.

Bencana memang menjadi masalah besar bagi sebuah keluarga, bencana yang terjadi dapat menghancurkan sebuah kehidupan berkeluarga. Pantangan ini mengingatkan bahwa dalam kehidupan berkeluarga akan selalu menghadapi banyak bencana. Jadi menghindari bencana bukanlah hal yang bijak. Tetapi berusahalah menghadapi bencana dengan persiapan dan kesabaran. Ini berarti bahwa pernikahan yang dilakukan di bulan ini harus benar-benar dipersiapkan secara benar-benar.

Sapar

Bulan ketiga adalah Sapar, di bulan ini pantang bagi orang Jawa melangsungkan pernikahan. Menikah di bulan ini akan mendatangkan masalahpada rumah tangga yang dibentuk. Masalah yang timbul adalah akan menyebabkan rumah tangga mengalami banyak kekurangan dan banyak hutang. Masalah keuangan menjadi masalah yang cukup besar yang dapat mempengaruhi keutuhan sebuah rumah tangga.

Selain sebab di atas,  di bulan Sapar ini juga  ada juga istilah Rebo Wekasan. Waktu ini  akan mendatangkan turunnya bencana penderitaan yang cukup banyak.

Jumadil Awal

Bulan Jumadil Awal merupakan bulan keempat yang menjadi pantangan. Bulan ini merupakan bulan yang penuh fitnah. Di dalam primbon disebutkan bahwa pernikahan yang dilaksanakan di bulan ini akan membuat biduk rumah tangga akan dilingkupi fitnah. Fitnah ini akan membuat keluarga terpecah belah. Kasih sayang yang menjadi dasar membina rumah tangga akan menjadi hilang karena fitnah yang timbul.

Baca juga Mengenal Jumlah Seserahan dari Etnis Jawa, Sunda, dan Tionghoa

Bagi kamu yang tidak terlalu meyakini akan hal ini tentu tidak menjadi masalah. Memang pada dasarnya orang Jawa merupakan orang yang sangat memperhatikan siklus waktu dalam suatu kehidupan seseorang. Jadi pernikahannya pun sangat dikaitkan dengan siklus-siklus waktu yang ada, misalnya hari lahir, nama dan lain-lain.  Hal ini mungkin menyiratkan bahwa bagi orang Jawa persiapan untuk menghadapi segala permasalahan yang timbul perlu dilakukan. Hal ini dibuat dengan melakukan pantangan-pantangan.  Bagi kamu yang nantinya akan menikah dengan orang Jawa tentu sekarang tidak perlu kaget lagi jika akan ada kejadian seperti penundaan pernikahan hanya karena tidak cocok waktunya.

6 Obrolan Yang Membuatmu Semakin Dekat Dengan Mertua

6 Obrolan Yang Membuatmu Semakin Dekat Dengan Mertua

6 Obrolan Yang Membuatmu Semakin Dekat Dengan Mertua

Pernikahan itu, tidak hanya sekadar menyatukan sepasang kekasih menjadi pasangan suami istri dan berkeluarga. Namun, pernikahan harus bisa menjadikan dua keluarga dari setiap pasangan menjadi satu keluarga besar, dengan hubungan yang harmonis. Hal itu memang sudah menjadi rahasia umum, khususnya di Indonesia.

Tidak heran lagi, kalau kamu sebagai calon menantu perlu melakukan pendekatan kepada calon mama mertua, agar hubungan keluarga yang akan dimulai tetap harmonis, sampai kamu sudah jadi bagian dari keluarga pasangan. Kamu bisa melakukan beberapa pendekatan dengan mengobrol santai bareng calon mama mertua, tapi jangan sampai salah ngomong yaaa. Kamu bisa memulai dengan obrolan ini lho.

“Ma, masa kecil dia itu kaya gimana?”

Pertanyaan ini seperti biasa saja, tapi belum tentu lho kamu sudah mengenal lebih jauh pasanganmu, meskipun kamu dan pasangan sudah menjalin kasih selama bertahun-tahun, itu tidak menjamin bahwa kamu mengetahui pasanganmu sepenuhnya. Jadi, tidak ada salahya kamu ngobrol dengan calon mama mertua dan bertanya lebih dalam tentang pasangamu yang belum kamu ketahui. Kamu bisa mengorek informasi kehidupan pasanganmu, sebelum kamu hadir dihidupnya. Mungkin saja kamu belum tahu kalau pasanganmu sangat manja waktu kecil, atau pasanganmu pernah melakukan hal-hal lucu waktu kecilnya.. Hal-hal sepele ini bisa kamu dapatkan dari calon mama mertua lho. Selain bisa mengetahui masa-masa kecil pasanganmu, kamu juga bisa menikmati waktu santai, ketawa-ketiwi bareng calon mama mertua.

“Ma, dia sering minta dimasakin apa sama Mama?”

Selain menanyakan masa-masa kecilnya, kamu juga bisa mengorek informasi tentang makanan kesukaannya lho, bisa jadi ada yang belum kamu ketahui soal selera dan kesukaannya. Calon mama mertuamu pasti paham betul, bagaimana cara membuat pasanganmu tidak rese saat perutnya keroncongan. Kamu bisa bertanya resep makanan kesukaannya, kamu juga bisa lho meminta di ajari masak makanan kesukaan pasanganmu.

“Mama tenang aja, aku tidak akan memisahkan Mama sama dia kok”

Sebagai seorang ibu yang melahirkan dan membesarkan pasanganmu hingga dewasa, mertuamu seringkali akan merasa kesepian. Mengingat jagoan kecilnya yang sudah tumbuh dewasa akan menikahi perempuan idamannya, dan akan mempunyai keluarga baru. Mertuamu akan merasa, bahwa nanti anak laki-lakinya kalau sudah menikah dan berkeluarga, akan berpaling kepada keluarga barunya, dan sudah tidak mempedulikannya lagi. Apabila mertuamu merasakan hal seperti itu juga, saatnya kamu untuk menenangkan mama mertuamu. Kamu harus bisa meyakinkan mama mertuamu, bahwa meski anak laki-lakinya telah menikah dan berkeluarga, kamu tidak akan menjauhkan bahkan memisahkan pasanganmu dari ibunda tercintanya.

Yuk simak Tips Memberikan Kesan Baik Saat Bertemu Calon Mertua

“Setiap ada waktu luang, kita pasti mengunjungi Mama kok.”

Hal pertama yang dipikirkan oleh orang tua saat anaknya sudah beranjak dewasa lalu menikah, orang tua pasti akan merasakan kesepian di rumahnya. Ketika kamu dan pasangan menikah, lalu berpindah rumah dari orang tua masing-masing, hendaknya kamu harus rajin mengunjungi orang tua masing-masing di akhir pekan, tidak hanya pada hari raya saja. Apalagi kalau pasangannmu merupakan anak satu-satunya, kamu harus pintar membagi waktu untuk mengunjungi orang tuanya. Jangan lupa juga untuk memberi pengertian ke mertua dan orang tua kamu, bahwa kamu akan mengatur jadwal kunjungan supaya adil.

“Doain aja ya Ma, biar cepat memberi cucu yang lucu”

Setelah kamu menikah dengan pasanganmu, selain orang tua ingin selalu dikunjungi, orang tua masing-masing pasangan pasti ingin cepat-cepat menimang cucu. Jangan lupa untuk meminta doa dari orang tua kamu dan mertua agar cepat diberikan momongan. Nah, apabila kamu dan pasangan masih ingin menikmati masa ‘pacaran’ meski telah menikah, jangan lupa untuk menyampaikan dengan baik kepada orang tua dan mertuamu tentang pertimbangan kamu dan pasangan.

“Mama jangan khawatir, bagi dia Mama tetap Ibunya”

Hal ini menjadi pr bagi kamu dan pasangan, kamu dan pasangan harus terus meyakinkan mama mertua kamu bahwa posisinya tidak akan tergantikan oleh siapapun. Bahkan termasuk kamu sebagai istri dari anak lelakinya. Selain bisa mengurangi pikiran negative yang mungkin muncul dibenak mama mertuamu, hal ini juga bisa membantu kamu memahami. Bahwa ada beberapa hal yang hanya bisa dilakukan dan dipahami oleh sang mama.

Baca juga 8 Hal Wajib Kamu Ketahui Sebelum Tinggal Dengan Mertua

Sebelum kamu meyakinkan mama mertuamu, penting bagi kamu untuk mengetahui dan memahami karakter dari mama mertua kamu lho. Supaya kamu lebih mudah saat menyampaikan maksudmu. Agar tidak terjadi kesalahpahaman antara kamu dan mertuamu. Kalau mama mertuamu merupakan sosok yang santai, humble, dan senang bergurau, tidak ada salahya lho kamu membicarakan hal ini dengan santai sambil minum teh. Sebaliknya, kalau mama mertumu merupakan tipikal orang yang serius, ada baiknya kamu mengikuti karakternya. Yang pasti, sampaikan maksudmu dengan tetap sopan, tulus, dan penuh kasih sayang.

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp