Syarat Menikah Dengan TNI AD, TNI AL & TNI AU

Syarat Menikah Dengan TNI AD, TNI AL & TNI AU 

 

Menikah adalah jalan Tuhan untuk setiap manusia demikian pula dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI).Karena TNI adalah orang – orang pilihan negara, maka pendampingnya kelak juga merupakan wanita pilihan yang dinikahi dengan syarat menikah dengan TNI. Hal ini ditujukkan agar pernikahan TNI tersebut syah dimata hukum dan mejalankan peraturan TNI. Bagi anda para calon istri TNI jaga terus semangat anda dalam mewujudkan jalinan suci dengan sang kekasih TNI, karena cukup banyak dokumen yang harus dipersiapkan.

 

paket abri indonesia instagramR2

Berikut adalah syarat – syarat pernikahan TNI:

    1. Surat Permohonan Izin Nikah, surat ini diurus calon suami sebagai anggota TNI yang ditanda tangani oleh komandan kompi. Surat – surat ini sebanyak sepuluh lembar.
    2. Surat kesangupan calon isteri yang ditanda tangani bermaterai 6000 oleh calon isteri yang diketahui oleh aparat desa setempat.
    3. Surat persetujuan orang tua atau wali calon isteri yang ditanda tangani oleh orang tua calon isteri yang diketahui oleh aparat desa domisili orang tua atau wali calon isteri.
    4. Surat keterangan belum menikah, surat ini diketahui oleh aparat desa setempat atau KUA setempat.
    5. Surat keterangan menetap orang tua, orang tua calon isteri diketahui oleh aparat desa dari domisili orang tua atau wali.
    6. Surat Bentuk Sampul D, surat ini dapat diperoleh dari kodim atau koramil yang berada pada tempat domisili alon isteri dan orang tua. Diantara lain berisikan:  Surat ditujukkan untuk Komandan Kodim, Surat ditujukkan untuk Pasi Intel, Surat ditujukkan untuk Pasi Ter, dan Surat ditujukkan untuk Danramil. Hal ini ditujukkan untuk menyelidiki dan mencari tahu apakahan calon isteri dan orang tua calon isteri pernah mengikuti gerakan atau organisasi yang melanggar persatuan dan kesatuan NKRI (Negara Keesatuan Republik Indonesia).
    7. Dokumen N1 untuk menyatakan surat akan menikah yang ditanda tangani orang ta dan isteri serta diketahui oleh aparat desa
    8. Dokumen N2 untuk menyatakan asal – usul calon isteri dan orang tua yang diketahui aparat desa setempat
    9. Dokumen N4 untuk menyatakan keterangan tentang orang tua calon isteri yang diketahui oleh aparat desa setempat
    10. Surat Pernyataan dari calon isteri dan calon suami yang diketahui oleh aparat desa setempat
    11. SKCK Calon Isteri dan Kedua orang Tua
    12. Ijazah Pendidikan Terakhir Calon Isteri
    13. Akte Kelahiran Calon Suami dan Calon Isteri
    14. Foto copy KTP calon isteri dan kedua orang tua calon isteri
    15. pas foto gandeng 6×9 menggunakan pakaian PDH plus persit tanpa lencana berlatar biru sebanyak 12 lembar
    16. Pas foto calon isteri 4×6 menggunakan pakaian persit sebanyak 5 lembar.

 

Demikianlah syarat – syarat menikah dengan TNI, bahkan ada berita yang simpang siur kebenarannya mengenai standar jenjang pendidikan  calon isteri TNI dan mengenai tes keperawanan sebagai calon isteri TNI. Ada yang berpendapat bahwa untuk menjadi perwira TNI harus memiliki pendidikan minimal S1, untuk tingkat Bintara calon isterinya berpendidikan minimal D3, sedangkan untuk tingkat Tamtama calon isterinya berpendidikan minimal SMA. Namun ada yang bilang tingkat pendidikan D3 dapat menikah dengan Kapten. Dan perbedaan tersebut disimpulkan bahwa tingkat pendidikan calon isteri tergantung pada wilayah dan tahun berlakuknya peraturan. Mengenai tes keperawanan sudah pasti tidak benar keberadaannya.

Semoga artikel syarat menikah dengan TNI AD, Al & AU ini dapat bermanfaat bagi anda. Kini, saatnya siapkan diri anda menjadi isteri TNI, layaknya calon suami anda yang siap mengabdikan dirinya untuk negeri. Selamat berbahagia. [LS66]

 

Artikel Terkait