Daftar Panitia dan Susunan Acara Lamaran (Part II)

Daftar Panitia dan Susunan Acara Lamaran (Part II)

Daftar Panitia dan Susunan Acara Lamaran (Part II)

Susunan Acara Lamaran. – Sebelum membaca artikel ini, alangkah baiknya simak dahulu artikel Daftar Panitia dan Susunan Acara Lamaran (Part I). Dalam artikel tersebut membahas tentang daftar panitia untuk acara lamaran. Jadi, pastikan dulu kamu sudah memiliki daftar panitia sebelum menyusun acara lamaran. Nah, jika sudah membuat daftar panitianya. Sekarang waktunya kamu untuk menyusun acara lamaran.

Susunan acara lamaran ini nantinya akan dibawakan oleh pembawa acara. Namun, sebelum acara lamaranmu diambil alih oleh pembawa acara. Pastikan kamu dan pasangan telah berdiskusi mengenai urutan acara dalam acara lamaran nanti. Dengan mengetahui susunan acara lamaran yang telah disepakati bersama. Kedua belah pihak akan merasa lebih nyaman dalam acara lamaran tersebut. Berikut ini adalah salah satu contoh susunan acara dalam acara lamaran.

Daftar Panitia dan Susunan Acara Lamaran Part II

  • Pembukaan Acara Lamaran

Semua acara tentu akan dimulai dengan sesi pembukaan acara. Dengan adanya pembukaan acara ini menunjukan bahwa lamaran resmi akan segera dimulai. Acara Lamaran dibuka oleh Pembawa Acara. Pembukaan acara lamaran ini juga bisa disebut dengan ramah tamah. Hal tersebut juga merupakan penyambutan pihak mempelai wanita kepada pihak mempelai laki-laki. Hendaknya pembawa acara mampu menciptakan suasana hangat kekeluargaan selama acara berlangsung. Sehingga tidak akan ada suasana canggung yang berlangsung lama, dalam pertemuan dua keluarga ini.

  • Do’a Pembuka Dipimpin Oleh Pembawa Acara

Tidak afdol rasanya jika acara lamaran ini tidak diawali dengan berdoa pada Tuhan Yang Maha Kuasa. Jadi, alangkah baiknya sebelum acara lamaran benar-benar dimulai, berdoa terlebih dahulu. Berdoa ini biasanya dipimpin oleh pembawa acara. Doa ini bertujuan agar acara lamaran yang akan dilangsungkan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan.

Selain itu, do’a di awal acara ini merupakan wujud syukur atas kesempatan bertemunya dua keluarga. Tentunya juga merupakan wujud iman bahwa Tuhan ikut serta dalam setiap tindakan manusia.

  • Sambutan Oleh Tuan Rumah (Ayah atau Wakil dari Mempelai Wanita)

Selanjutnya adalah sambutan dari pihak mempelai wanita. Penyambutan dari pihak mempelai ini bisa dilakukan oleh ayah atau wali dari mempelai wanita. Penyambutan ini merupakan ucapan sambutan selamat datang atas kehadiran keluarga dari pihak mempelai pria. Dalam penyambutan ini alangkah baiknya sambutan diucapkan dengan kata-kata yang ramah.

Sehingga, pihak mempelai pria ini akan merasa disambut dengan baik. Tuan rumah yang menyambut, alangkah baiknya untuk memperkenalkan satu persatu anggota keluarga besarnya. Setelah itu, masuk lah pada poin utama yaitu mempertanyakan maksud dan tujuan kedatangan dari pihak mempelai pria.

  • Sambutan Oleh Tamu (Ayah atau Wakil dari Mempelai Pria)

Setelah tuan rumah memberikan sambutan hangatnya. Sebaiknya pihak mempelai pria segera mengutarakan maksud dan tujuan kedatangannya yang ingin melamar. Selain untuk mengutarakan maksud kedatanganan tersebut. Pihak perwakilan mempelai pria juga memperkenalkan keluarga besar mereka yang turut hadir dalam acara lamaran tersebut.

Dalam sesi penyambutan antara kedua belah pihak ini. Alangkah baiknya orang yang memberikan sambutan, baik dari mempelai pria maupun wanita. Memiliki sambutan dengan pembawaan yang hangat dan santai. Karena, apabila sambutan dilakukan dengan pembawaan formal dan kaku. Maka, suasana acara lamaran akan terasa kaku dan canggung.

  • Sesi Jawaban Lamaran

Sesi ini merupakan sambutan pihak mempelai wanita sebagai jawaban dari lamaran yang disampaikan pihak mempelai pria. Dalam acara lamaran yang resmi ini, jawaban bisa diberikan dalam berbagai cara. Biasanya, ini dilakukan sesuai dengan tradisi daerah setempat. Mempelai wanita akan didatangkan dari tangga beserta para pengiringnya, sebagai jawabannya.

Ada pula tradisi unik, yang menghadirkan mempelai wanita memakai kostum sama dengan pengiringnya dengan wajah ditutupi kain. Lalu, mempelai pria akan diminta untuk memilih wanita mana yang ingin dilamarnya. Jika pilihannya tepat, maka mempelai pria dipersilahkan langsung menanyakan jawaban lamarannya kepada mempelai wanita.

Susunan Acara Lamaran

  • Sesi Penyematan Cincin

Apabila lamaran mempelai pria resmi diterima oleh mempelai wanita. Maka, selanjutnya adalah sesi penyematan cincin. Acara lamaran ini sebenernya sudah resmi jika kedua belah pihak sudah menyetujuinya. Namun, seiring berjalannya waktu acara lamaran ini diadakan sesi penyetaman cincin. Cincin hanyalah sebagai simbolis wujud bahwa calon pengantin wanita telah dilamar seorang pria.

Acara penyematan cincin ini dilakukan oleh ibu mempelai pria kepada calon mempelai wanita. Cincin tersebut biasanya disematkan di jari manis tangan kiri masing-masing. Cincin ini memiliki makna bagi kedua calon pengantin. Yaitu, sudah terikatnya hubungan mereka, sehingga tidak akan ada yang mengganggu sampai hari pernikahan nanti.

Baca juga,

9 Makanan Andalan Untuk Menjamu Tamu Di Lamaran

  • Do’a Penutup

Jika inti dari acara lamaran ini telah dilewati. Maka, sebelum acara lamaran ini resmi ditutup oleh pembawa acara. Alangkah baiknya untuk melakukan doa bersama-sama. Acara lamaran ini dibuka dengan pembacaan doa, maka penutupan acara juga harus dengan pembacaan doa. Melakukan penutupan dengan doa ini merupakan bentuk rasa terima kasih pada Tuhan Yang Maha Esa. Karena telah memberikan kelancaran saat acara dimulai sampai berakhir. Selain itu juga untuk berharap acara pernikahan yang akan dilaksanakan akan berjalan lancar sesuai rencana dan tidak ada suatu halangan apapun. Do’a penutup ini biasanya dipimpin oleh pemuka Agama setempat.

  • Penutupan Acara dan Makan Bersama

Berakhirnya acara akan ditutup oleh pembawa acara. Pada saat acara akan ditutup, pada umumnya sang pembawa acara menyebutkan tanggal pelaksanaan pernikahan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Setelah acara resmi ditutup oleh pembawa acara. Maka, selanjutnya adalah jamuan makan bersama yang sudah disiapkan oleh pihak mempelai wanita. Acara makan bersama ini diharapkan akan semakin mempererat kekerabatan antara kedua belah pihak.

foto-Lamaran-pernikahan-daftar-panitia-lamaran-alienco-photography

  • Sesi Penyematan Cincin

Cincin hanyalah sebagai simbolis wujud bahwa calon pengantin wanita telah dilamar seorang pria. Acara penyematan cincin ini dilakukan oleh ibu mempelai pria kepada calon mempelai wanita di jari manis tangan kirinya.

  • Do’a Penutup

Sebelum acara ditutup oleh pembawa acara, dilakukan pembacaan do’a bersama-sama. Harapannya acara pernikahan yang akan dilaksanakan akan berjalan lancar sesuai rencana dan tidak ada suatu halangan apapun. Do’a penutup ini biasanya dipimpin oleh pemuka Agama setempat.

  • Penutupan Acara oleh Pembawa Acara

Pada saat acara akan ditutup oleh pembawa acara, pada umumnya sang pembawa acara menyebutkan tanggal pelaksanaan pernikahan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Penentuan tanggal acara pernikahan tidak dilaksanakan pada saat acara lamaran dengan tujuan memfokuskan acara lamaran, karena penentuan tanggal dengan kepentingan atau kesibukan yang berbeda-beda memakan waktu yang cukup lama.

Demikianlah Daftar Panitia dan Susunan Acara Lamaran (Part II). Semoga bermanfaat dan selamat berbahagia. Nah untuk melihat foto-foto prosesi lamaran bisa ke instagram @aliencophoto dan untuk jasa foto lamaran hubungi Admin Alienco ya!

View this post on Instagram

"There are only two ways to live your life. One is as though nothing is a miracle. The other is as though everything is a miracle." Engagement of @anisahsalma & @fzlamri Photo : @aliencophoto Video : @aliencopictures @aliencovideo Venue : @berandakitchen  Fabrics : @bindusamtani  Attire : @ivory.studio  Decoration : @nitaflorist  MC : @samiajiikhsan  MUA :@fauziaahanummakeup  Hair do : @fajrisalonnew  Engagement ring : @luxmatters  Hampers : @seserahan_by_rosearbor  Nails : @tokyo_nail_collection #aliencophoto #videolamaran #engagementdress #engagementinspiration #engagementphoto #engagementdress #bridal #bridalstyle #engagementphoto #bridalinspiration #fashioninspiration #fashion #engagementdiaries #engagementunik #fashionphoto #beforewedding #instamakeup #cinematicengagement #bride #bridestory #bridesmaids #makeup #engagementhairdo #hairstyle #weddingku

A post shared by Wedding photographer jakarta (@aliencophoto) on

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp