Yuk Simak Informasi Lengkap Tentang Pameran Pernikahan Disini!

Yuk Simak Informasi Lengkap Tentang Pameran Pernikahan Disini!

Informasi Lengkap Tentang Pameran Pernikahan Ada Disini!

Informasi Lengkap Tentang Pameran Pernikahan – Mempersiapkan pernikahan hanya kamu dengan pasangan tentu sangat berat. Memilih wedding organizer dan vendor pernikahan gampang-gampang susah. Banyak aspek yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan. Semua itu demi kelancaran acara pernikahan kamu. Tentunya tidak bisa asal pilih kan?

Salah satu solusinya adalah Pameran Pernikahan. Pada pameran pernikahan biasanya hingga ratusan vendor hadir disana. Para vendor tersebut membawa berbagai pelayanan menarik untuk para calon pengantin. Biasanya juga disertai banyak promo yang sayang dilewatkan. Terutama bagi kamu yang tengah kebingungan mempersiapkan pernikahan.

Apa itu Pameran Pernikahan?

Pameran pernikahan merupakan suatu acara pameran dimana semua vendor yang berkaitan dengan pernikahan berpameran disana.

informasi pameran pernikahan

Ada apa aja sih di Pameran Pernikahan?

Tentu saja vendor yang berhubungan dengan pernikahan dan berbagai jasa layanannya. Jasa yang ditawarkan para vendor diantaranya adalah :

  • Wedding Organizer
  • Busana Pengantin
  • Bridal
  • Make-up atau Tata Rias
  • Foto dan Video
  • Cincin Pernikahan
  • Catering
  • Gedung Pernikahan atau Hotel Ballroom
  • Undangan Pernikahan
  • Souvenir Pernikahan
  • Dekorasi Pernikahan
  • Musik dan Hiburan / Entertainment
  • Master of Ceremony atau MC
  • Honeymoon Packages

Semua hal tersebut tentunya sangat berkaitan erat dengan sukses tidaknya suatu acara pernikahan. Berbagai vendor tersebut tentu punya pelayanan dan keunikan masing-masing. Tinggal bagaimana rencana pernikahan kamu dan pasangan. Saat hadir di pameran pernikahan, kamu dan pasangan bisa konsultasi dengan ratusan vendor tersebut.

Bukan hanya vendor-vendor saja lho. Pameran pernikahan juga pastinya memiliki rangkaian acara untuk meramaikan suasana pameran. Nah ini dia jadwal acara yang biasa ada di pameran pernikahan :

pameran pernikahan

Fashion Show

Acara ini sebagai tempatnya para vendor busana pengantin unjuk gigi. Mereka akan menyiapkan busana pengantin terbaiknya dan model pilihan untuk mempresentasikan produk mereka. Disini kamu bisa secara sekaligus melihat banyak busana pengantin dan bagaimana busana tersebut dipakai. Tak hanya bagi vendor, biasanya banyak fashion designer yang membawa serta koleksi busana pengantin mereka. Busana pengantin tersebut akan dipamerkan dengan model berjalan di catwalk. Seru banget lho.

Penampilan Hiburan

Sepanjang hari ketika pameran tentu suasana tidak boleh sepi dong. Tidak akan hanya ada suara orang bercakap-cakap dan saling menawarkan jasanya. Di event pameran pernikahan pun hiburan seperti musik diperlukan. Nah kalau ini biasanya diisi oleh vendor penyedia jasa hiburan pernikahan. Biasanya sih penampilannya diisi dengan nyanyian-nyanyian. Penyanyi dan band andalan vendor entertainment akan menunjukkan kebolehannya menghibur para tamu. Kamu jadi bisa melihat apakah penyanyi tersebut akan cocok dengan pernikahanmu atau tidak. Melihat dan mendengar secara langsung bisa membantumu mengambil keputusan lho!

Undian Doorprize

Promo vendor memang menarik, apalagi test food gratis. Tapi tentu saja yang tak boleh terlewatkan adalah doorprize. Penyelenggara pameran biasanya menyiapkan doorprize bagi pasangan yang melakukan transaksi di pameran. Terdiri dari grand prize dan hadiah hiburan lainnya. Biasanya sih grand prize yang disiapkan adalah mobil atau bahkan paket bulan madu yang tentunya menarik banget kan. Namun siapa sangka hadiah lainnya juga lumayan banget, beberapa unit motor, televisi, dan peralatan lain menjadi hadiah yang menarik. Hadiah-hadiah tersebut biasanya akan diundi di akhir acara tiap harinya dan grand prize di akhir pameran.

Kapan saja ada pameran pernikahan? Berapa lama setiap satu event pameran?

Tak terlewatkan juga di informasi lengkap tentang pameran pernikahan mengenai kapan dan waktunya nih. Sebenarnya pameran pernikahan selalu ada tiap tahun kok. Bahkan dalam satu tahun ada lebih dari 10 event pameran pernikahan di tiap kota. Dalam satu bulan saja bisa ada 2 atau 3 pameran pernikahan yang hanya berbeda tempat. Keikutsertaan vendor di tiap pameran tentu tak ada bedanya. Mereka selalu membawa penawaran menarik demi mewujudkan pernikahan impian kamu dan pasangan.

Kamu bisa mulai mencari di internet atau media sosial lho. Biasanya jelang diadakannya pameran pernikahan, penyelenggara pasti akan menginformasikannya. Begitu juga dengan para vendor yang berpartisipasi. Platform media sosial mereka pasti akan memberikan informasi mengenai waktu pameran pernikahan. Tak usah kecewa jika saat ada pameran pernikahan kamu tidak bisa hadir. Tidak perlu waktu lama pasti kamu akan mendapatkan informasi baru mengenai pameran pernikahan berikutnya.

Oiya pameran pernikahan tidak hanya ada di Ibukota Jakarta ya. Berbagai kota di Indonesia punya gelaran pameran pernikahannya sendiri. Jadi dimanapun kamu berada tenang saja. Pasti akan ada pameran pernikahan yang digelar. Dan biasanya pameran pernikahan digelar selama 3 hari.

Penyelenggara biasa memanfaatkan waktu weekend, mengingat para calon pengantin pasti banyak memiliki kesibukan selama weekdays. Tak usah takut terlambat juga, kalau kamu kesianganpun pameran pernikahan bisa dihadiri di malam hari. Memulai pameran di pagi hari dan biasanya berakhir di malam hari.

@aliencophoto pernah pameran disini loh!

Dimana sih pameran pernikahan diadakan?

Kalau kamu tinggal di Jakarta, Alienco akan membagikan beberapa lokasi yang biasa menjadi tempat gelaran pameran pernikahan nih. Pada beberapa lokasi tersebut pun Alienco Photo sering ikut berpartisipasi sebagai vendor foto dan video. Tempat pameran pernikahan tersebut diantaranya :

  • Balai Kartini, Jakarta
  • Jakarta Convention Center
  • Grand Ballroom, Sheraton Grand Jakarta
  • JIExpo – PRJ Kemayoran Jakarta
  • Seasons City Trade Mall, Jakarta
  • Grand Ballroom, The Ritz Carlton Jakarta
  • Granada Ballroom, Menara 165, Jakarta
  • The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan & JW Marriott Hotel Jakarta

Tempat-tempat tersebut ada beberapa yang memiliki gelaran pameran pernikahan yang rutin tiap tahunnya. Seperti Balai Kartini memiliki Balai Kartini Wedding Expo, Gebyar Pernikahan Indonesia, dan Jakarta Mega Wedding Festival di JIExpo Jakarta. Untuk informasi lengkap tentang pameran pernikahan yang akan digelar oleh tempat-tempat tersebut pun kamu disarankan untuk selalu cek website mereka. Biasanya juga di media sosial sebelum event akan dibagikan infonya!

Beberapa pameran pernikahan yang pernah Alienco Photo ikuti, yaitu :

  • Balai Kartini Wedding Expo Jakarta
  • Gebyar Pernikahan Indonesia di Balai Kartini
  • dan pameran pernikahan lainnya.

Baca juga Hal Ini Wajib Kamu Ketahui Sebelum Menentukan Wedding Organizer

Persiapan apa aja yang harus dilakukan sebelum ke pameran pernikahan?

Di bawah ini adalah tips dan persiapan yang perlu dilakukan :

Research Before Going

Memang sih semua pertanyaanmu akan terjawab jika kamu pergi ke pameran pernikahan. Para vendor tentu saja akan menjawab semua pertanyaanmu. Tapi lebih baik memang sebelumnya kamu melakukan riset terlebih dahulu. Penyelenggara pameran pasti memiliki website resmi terkait event tersebut. Biasanya akan berisi mengenai detil pameran, seperti nama vendor, layout lokasi, dan doorprize pameran. Informasi tersebut penting untuk kamu mengetahui lokasi booth vendor yang menjadi incaranmu. Kamu juga bisa mempersiapkan pertanyaan untuk mereka terlebih dahulu.

Datang Lebih Awal

Betul pameran pernikahan biasa dari pagi hingga malam hari. Tapi, lebih baik jika kamu dan pasangan tiba lebih awal. Karena yang akan menikah kan bukan hanya kalian berdua, ratusan bahkan ribuan pasangan juga dipastikan akan menghadiri pameran pernikahan. Meski banyak vendor yang bisa dipilih, datang lebih awal memberimu waktu lebih luang untuk berdiskusi dengan vendor-vendor. Memudahkan kamu untuk berpindah dari vendor satu ke yang lainnya karena belum banyak kerumunan.

Jangan Pergi Sendiri

Pernikahan tentu saja tentang dua orang yang menjadi satu dalam ikatan suci. Jadi tidak hanya kamu sendiri yang pergi ke pameran pernikahan. Kamu perlu mengajak pasanganmu agar diskusi lebih mudah. Yang mengetahui detil mengenai konsep pernikahan kalian tentu saja kalian berdua. Bisa juga mengajak keluarga atau seorang teman dekat. Selain saran mereka diperlukan, lebih safety bagi kamu untuk bepergian karena disana pasti ramai sekali.

Membawa Kartu Nama

Bukan hanya para vendor yang perlu memiliki kartu nama. Ada baiknya juga kamu dan pasangan membawa kartu nama kalian. Hal ini perlu karena nantinya disana kamu perlu untuk meninggalkan informasi kontak kepada vendor yang kamu ajak diskusi. Nantinya kamu bisa meminta vendor mengirimkan informasi mengenai jasa mereka jika kamu memiliki waktu terbatas disana. Jangan lupa juga minta kartu nama vendor pilihanmu.

Selalu Catat Hasil Diskusi

Sesudah catatan pertanyaanmu, tentu kamu akan membawa pulang jawaban dari vendor-vendor tersebut. Demi menghindari human error atau lupa, alangkah baiknya kamu membawa buku catatan atau sekedar notes di ponsel. Nantinya kamu akan mendapatkan banyak informasi dari berbagai vendor, tentu saja penting dicatat. Kalau lupa kan kunjunganmu kesana bisa saja sia-sia.

Memotret

Perlu juga mengambil foto benda-benda menarik di pameran pernikahan. Jika ada gaun pengantin yang menarik perhatianmu, sepatu pengantin, hingga aksesoris seperti perhiasan yang kamu taksir. Foto-foto tersebut bisa kamu kumpulkan dan dijadikan referensi di hunting berikutnya. Untuk pertimbangan di rumah jika kalau kamu masih belum bisa banyak memutuskan di lokasi.

Bawa Tas Tambahan/Goody Bag

Vendor-vendor yang berpameran selain membawa promo menarik, mereka juga biasanya menyiapkan sampel atau goodies. Kamu bisa mengambil hal-hal tersebut untuk referensi. Perlu juga mengumpulkan brosur berisi pricelist yang disediakan vendor. Jumlahnya sudah pasti banyak, jadi kalau bisa bawa tas yang besar ya!

Berburu Promo

Selesai di vendor 1 lebih baik jangan buru-buru memutuskan. Karena hampir semua vendor memiliki promo menarik yang sayang banget kalau kamu lewatkan. Meski tidak berarti kamu harus mengunjungi semuanya, setidaknya lebih baik. Kamu jadi memiliki pilihan dan bisa lebih mudah mempertimbangkan berdasarkan kemampuanmu dan pasangan. Biasanya juga aka nada doorprize menarik bagi kamu yang bertransaksi di lokasi pameran. Jadi, tak perlu segan untuk bertanya mengenai harga, demi mendapatkan kesepakatan terbaik dengan vendor pilihanmu!

Kenapa sih harus ke pameran pernikahan?

Bertatap Muka dengan Vendor

Browsing di internet dan berinteraksi di media sosialnya mungkin menurutmu sudah cukup. Tapi, pernah nggak sih kepikiran kalo itu suatu penipuan? Semeyakinkan apapun, ada lho kasus penipuan Wedding Organizer yang membuat pasangan pengantin merugi ratusan juta. Maka dari itu lebih baik bertatap muka langsung dengan para vendor.

Salah satu caranya yaitu dengan datang ke pameran pernikahan. Kamu juga sekaligus bisa memperhatikan cara mereka dalam menghadapi calon kliennya. Melihat langsung cara mereka menjawab pertanyaanmu, bahkan menenangkan kekhawatiranmu tentang persiapan pernikahan. Dengan berkomunikasi secara langsung lebih mudah bagimu untuk memutuskan.

Artikel terkait Tips Terhindar Dari Penipuan Wedding Organizer

Menghemat Waktu

Calon pengantin tentu saja sibuk dengan persiapan pernikahan. Bagi kalian yang merupakan pekerja kantor tentu saja terikat dengan jam kerja kantor masing-masing. Baik kamu dan pasangan tentu mengalami kesulitan menemukan waktu untuk meeting dengan banyak vendor. Datang ke pameran pernikahan bisa menghemat waktumu.

Tenagamu dan pasangan tidak akan terkuras dan biaya transportasi ke kantor vendor-vendor akan bisa dialihkan untuk keperluan lain. Karena di pameran pernikahan kamu bisa bertemu langsung dengan banyak vendor sekaligus dalam satu hari. Bahkan jika kamu dan pasangan datang di dua hari jika pameran selama tiga hari pun sudah sangat cukup lho.

Kompak Bersama Pasangan

Wujud pesta pernikahan tentu saja hasil dari diskusimu dengan pasangan. Pergi bersama pasanganmu sangat baik untuk hubungan kalian berdua. Walau mungkin kalian ke pameran pernikahan hanya iseng-iseng dan belum merencanakan pernikahan taka pa-apa lho! Kamu bisa menghabiskan waktu akhir pekan jalan-jalan ke pameran pernikahan.

Saling bertukar ide dan berdiskusi tentang bagaimana pernikahan ideal bagi kalian berdua. Menyatukan selera dari dua orang tentu tak mudah. Datang ke pameran pernikahan bisa menjadi salah satu cara mengkompakkan kamu dan pasangan. Hubungan kalian jadi semakin erat deh!

Promo Pameran Lebih Hemat

Biaya yang diperlukan untuk pernikahan tentu tidak sedikit. Untuk menyewa sebuah gedung pernikahan, wedding organizer, vendor foto dan video, hingga souvenir sekalipun tentu besar sekali biayanya. Apalagi bagi kamu dan pasangan yang ingin mengundang banyak orang. Tentu kuota persiapannya lebih besar lagi. Nah di pameran pernikahan ini, biasanya vendor-vendor akan memberikan potongan harga lho. Potongan harga akan diberikan bagi calon pengantin yang melakukan transaksi di lokasi pameran.

Maka dari itu setelah membaca tips dan persiapan sebelumnya tentu promo yang ada merupakan alasan harus datang ke pameran pernikahan. Meluangkan beberapa jam waktumu tak akan sia-sia jika berhasil mendapatkan transaksi memuaskan dengan vendor disana. Terlebih lagi vendor catering disana juga menyediakan test food lho! Asik banget kan, semakin meringkas waktumu untuk berburu catering dan pergi test food.

Upcoming Event!

Wah begitu membaca informasi-informasi di atas pasti kamu semakin tertarik untuk datang ke pameran pernikahan kan? Kapan lagi ya pameran pernikahan akan diselenggarakan? Nah, sepanjang tahun 2019 ini masih banyak event pameran pernikahan yang coming soon nih. Jadi bagi kamu yang baru tercerahkan mengenai pameran pernikahan tenang saja. Berikut ini adalah informasi tentang pameran pernikahan dalam waktu dekat ini. Segera raih notes dan catat event pameran yang akan digelar masih di awal tahun 2019 di bawah ini :

  • Jakarta Mega Wedding Festival 22-24 Februari 2019 di Hall D JIExpo Kemayoran, Jakarta
  • La Novia Traditional Wedding Exhibition – Katresna 29,30,31 Maret 2019 di Trans Convention Centre – The Trans Luxury Hotel Bandung

Nah itu dia semua informasi yang bersangkutan dengan pameran pernikahan. Jadi, penting sekali kan ke pameran pernikahan? Maka dari itu kalau kamu merupakan calon pengantin yang sedang mempersiapkan pernikahan. Tapi untuk vendor foto dan video Alienco Photo memiliki pengalaman mendokumentasikan pengantin hingga ratusan pasangan lho. Untuk informasi mengenai jasa foto prewedding dan wedding Alienco Photo hubungi Admin Alienco ya! Yuk segera agendakan jika ada informasi tentang pameran pernikahan di kotamu ya! Semoga bermanfaat! Selamat berbahagia!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp