Seri Belajar Fotografi : Tips Mudah Memotret Bulan Dengan Kamera DSLR

Seri Belajar Fotografi : Tips Mudah Memotret Bulan Dengan Kamera DSLR

Tips Mudah Memotret Bulan Dengan Kamera DSLR

Beda kondisi beda pula settinganya. Yap, itulah idiom dasar yang harus sering diasah oleh seorang fotografer. Hal itu kelihatanya akan nampak ketika kita ingin memotret keindahan bulan. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh seorang fotografer agar mengahasilkan foto bulan seperti apa yang kita lihat dengan menggunakan mata telanjang. Hal ini dikarenakan perbedaan cahaya/ warna yang signifikan antara bulan dan background sekitar membuat kamera akan sulit menerjemahkan gambar seperti keadaan aslinya. Oleh karenanya dibutuhkan teknik yang tidak sembarangan untuk mendapatkan foto bulan sesuai dengan yang diharapkan. Inilah Tips Mudah Memotret Bulan Dengan Kamera DSLR.

Memotret Bulan Dengan Menggunakan Tripod dan Tidak

Dalam dunia fotografi, memotret bulan dapat dilakukan dengan dua cara yakni menggunakan tripod dan menggunakan tangan secara langsung. Dari keduanya tersebut ternyata juga menampilkan settingan yang berbeda pula ketika kita menggunakan tripod atau tidak. Berikut rincian setting antara keduanya:

  • Menggunakan Tripodtripod aksesoris kamera dslr

ISO 100- 200

Aperture f11- f14

Shutter 1/25- 1/250

  • Tidak menggunakan tripod

ISO kisaran 800- 1000

Aperture di f8- 9

Shutter pada kisaran 1/1000- 1/1500

Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk ISO, Aperture, dan Shutter Ketika Memotret Bulan

Adapun yang harus sobat perhatikan untuk ketiga unsur tersebut ketika ingin mengambil gambar bulan dengan menggunakan kamera DSLR adalah:

  • Pengaturan ISO

Yang perlu sobat pahami, semakin ISO rendah maka akan semkin sedikit noise yang ditimbulkan pada bagian gelap pada foto sobat. oleh karena itu direkomendasikan untuk menggunakan ISO yang paling rendah yakni 100 atau 200. Namun jika sobat tidak menggunakan tripod maka dibutuhkan settingan ISO yang lebih tinggi.

  • Pengaturan Aperture

Intinya dalam pengaturan ini yang diperlukan adalah bukaan yang tidak terlalu lebar. Apabila bukaan terlalu lebar maka sobat tidak akan mendapatkan tekstur dari bulan, dan bulan hanya akan terlihat terang saja.

  • Pengaturan Shutter Speed

Pada prinsipnya semakin pelan shutter membuka maka juga akan semakin banyak cahaya yang masuk serta semakin besar pula kemungkinan mendaptakan gambar yang kurang fokus karena getaran tangan kita. Inilah kenapa antara yang menggunakan tripod dan tidak pengaturanya berbeda.

Itulah Tips Mudah Memotret Bulan Dengan Kamera DSLR. selamat mencoba!

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp