Seri Belajar Fotografi : Mode pada Kamera DSLR Kamu

Seri Belajar Fotografi : Mode pada Kamera DSLR Kamu

Penjelasan Lengkap Tentang Mode Yang Ada di Kamera DSLR Kamu

Untuk menghasilkan foto yang sesuai dengan yang diharapkan memang banyak cara untuk dilakukan. Salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan berbagai fitur / mode yang ada di kamera dslr kamu. Tentu sebelum menggunakan berbagai macam mode sobat harus paham fungsi dan kegunaan setiap modenya. Secara garis besar mode yang ada di kamera dslr itu ada 3 macam yakni:

Pembagian mode yang ada pada kamera dslr kamu

  1. Mode Otomatis terdiri dari Auto, Potrait, Landscape, Macro, Action/ Sports serta Night Shoot.
  2. Mode Semi Otomatis yang terdiri dari Aperture Priority, Shutter Priority dan Program.
  3. Mode manual

Kegunaan dari masing- masing mode yang ada di kamera dslr kamu

  • Mode Auto: pada mode ini seluruh setingan secara otomatis akan dilakukan oleh kamera mulai ISO, White Balance, Focus, dsb.
  • Mode Potrait: pada mode yang seperti ini kamera secara otomatis akan memilih aperture yang besar (nilai dari f kecil) guna mengaburkan background serta hanya fokus terhadap objek yang ada.
  • Mode Macro: pada mode yang seperti ini memungkinkan sang fotografer untuk bergerak secara lebih dekat pada objek guna mengambil gambar secara close up. pada mode macro fokus akan akan sulit didapatkan karena depth of fieldnya sangat sempit.
  • Mode landscape: secara singkat mode landscap kebalikan dari mode Potrait. Landscape memberikan aparature yang kecil dengan nilai f yang lebih besar.
  • Mode sport: Jika sobat ingin menlgabadikan objek yang sedang bergerak, menggunakan Mode ini sangatlah cocok. Mode Sport menaikan ISO dan shutter speed.
  • Mode Nigt Shoot: sesuai dengan namanya mode ini digunakan untuk mengambil gambar dengan pencahayaan yang kurang. Kamera akan bekerja secara otomatis untuk shutter speed yang lebih lama.
  • Mode Program: mode ini pada dasarnya hampir sama dengan mode AUTO. Namun untuk mode ini kamera akan memberikan sedikit pengaturan manual pada shutter speed, ISO dan aperture.
  • Mode Manual: mode ini memberikan pengaturan sepenuhnya kepada sang foto grafer.

Bagaimana, sekarang sobat sudah tahukan mengenai mode- mode yang ada di kamera dslr. Semoga artikel mengenai Seri Belajar Fotografi : Mode pada Kamera DSLR Kamu ini dapat bermanfaat, terimakasih.