Seri Belajar Fotografi : Mengenal Tentang White Balance Pada Kamera Kamu

Seri Belajar Fotografi : Mengenal Tentang White Balance Pada Kamera Kamu

Mengenal Tentang White Balance Pada Kamera Kamu

Pasti dari kalian semua pernah menemui istilah white balance. Nmun tahukan sobat arti fungsi dan cara pengaturan dari White Balance ini, pada artikel kali ini kita akan membahas seputar white balance ini. White Balance sendiri merupakan aspek yang sangat penting dalam dunia fotografi dan akan mempengaruhi secara proposional dalam hasil jepretan. Tidak seperti yang ada di kamera film, kamera digital memiliki kemampuan untuk mengambil gambar dengan rona warna yang tepat di bawah sumber pencahayaan apapun. Fungsi dari penyesuaian rona inilah yang kita kenal dengan istilah White Balance. Secara sederhana White Balance adalah sebuah perintah bagi kamera supaya dapat mengenali temperatur sumber cahaya ada. hal ini bertujuan agar warna putih terlihat putih, merah terlihat merah serta hijau terlihat hijau. Oleh karena itu Mengenal Tentang White Balance Pada Kamera Kamu sangatlah penting agar kamera merekam warna dari objek secara akurat pada kondisi pencahayaan apapun.

Setting White Balance Secara ManualWB_colortemp

Pada beberapa kamera, terlebih untuk kamera prosumer dan SLR menyediakan fasilitas setting White Balance secara manual. Setting manual yang seperti ini merupakan cara yang paling akurat jika sobat bingung dengan temperatur dari sumber warna cahaya kita. Hal ini biasa terjadi pada sesi pemotretan dengan sumber pencahayaan yang lebih komplek / lebih dari satu warna. Pada kasus seperti itu, sobat bisa memanfaatkan kertas putih atau menggunakan aksesoris tambahan expodisc atau kenko.

Mengenal White Balance Preset

Selain cara manual, sobat juga bisa memanfaatkan fitur White Balance Preset. Sobat bisa menggunakan mode Auto untuk segala jenis kondisi pencahayaan apapun. Karena pada mode ini kamera secara otomatis akan menyesuiakan dengan objek yang akan di foto. Mode tungsten, pada mode ini disimbolkan dengan simbol bohlam karena mode tungsten sangat cocok digunakan pada pencahayaan dibawah lampu bohlam. Mode dailight disimbolkan dengan matahari dan biasanya digunakan pada pencahayaan sinar matahari. Mode Cloudy yang disimbolkan dengan awan yang berfungsi untuk mengambil gambar pada kondisi cuaca mendung dst. Itulah beberapa penjelasan mengenai White Balance, semoga artikel mengenai Mengenal Tentang White Balance Pada Kamera Kamu dapat bermanfaat buat anda, terimakasih.