Seri Belajar Fotografi : Mengenal Lebih Dekat ISO

Seri Belajar Fotografi : Mengenal Lebih Dekat ISO

Pengertian Lengkap Tentang ISO Serta Fungsinya Yang Kamu Harus Tahu

Belajar menjadi seorang fotografer profesional memang harus sabar dan tekun. Selain harus banyak praktek secara langsung, sobat juga harus paham dan tahu fungsi dari istilah- istilah yang ada di adalam dunia fotografi. Salah satu istilah yang sering kita kenal adalah ISO, istilah ini sering muncul dalam fotografi karena fungsinya yang sangat penting untuk mengahasilkan foto berkulitas. Namun sobat tahu tidak apa sebenarnya yang dimaksud ISO dan apa fungsinya. Untuk menjawab rasa penasaran sobat kami akan membahas apa itu ISO dana apa saja fungsi- fungsinya.

Mengenal Lebih Dekat ISO

Pengertian ISO dapat diartikan sebagai ukuran tingkat sensitifitas dari sensor kamera terhadap cahaya. Oleh karena itu semakin tinggi ISO yang sobat setting maka akan semakin tinggi pula sensitifitas sensor kamera sobat terhadap cahaya. Sementara itu untuk ukuran dari ISO sendiri biasanya dimulai dari angka 50, 80, 100 yang berlipat ganda hingga 3200 atau bahkan bisa lebih besar lagi.

Fungsi Dari ISOMengenal lebih jauh ISO SPEED belajar fotografi alienco

Untuk lebih jelasnya berikut kami paparkan fungsi ISO pada fotografer:

  1. Ketika sobat menambahkan settingan ISO sobat dari 100 hingga 200, itu berarti sobat mempersingkat waktu yang dibutuhkan kamera dalam membuat sebuah foto. Dan hal tersebut akan meningkat sering kita menaikan nilai ISO kita.
  2. ISO dengan jumlah angka yang besar atau biasa disebut dengan ISO yang tinggi justru akan menurunkan kualitas hasil jepretan sobat karena akan muncul noise yang berupa bintik- bintik pada foto. Bintik- bintik tersebut terlihat seperti pasir sehingga detail halus dari foto yang kita ambil juga akan hilang.
  3. ISO yang tinggi dibutuhkan ketika lingkungan sekitar objek gambar minim pencahayaan.

Bagaimana sobat sudah mendapatkan gambaran bukan mengenai apa itu ISO dan apa saha fungsinya. Semoga dengan bertambahnya pemahaman sobat mengenai ISO sobat bisa lebih lihai dalam menghasilkan foto- foto yang berkualitas. Demikianlah ulasan mengenai Seri Belajar Fotografi : Mengenal Lebih Dekat ISO , semoga bermanfaat.