Seri Belajar Fotografi : Memahami ISO, Aperture, Shutter Speed

Seri Belajar Fotografi : Memahami ISO, Aperture, Shutter Speed

Seri Belajar Fotografi : Memahami ISO, Aperture, Shutter Speed

Untuk menjadi seorang fotografer profesional sobat harus memahami segitiga emas dalam dunia Fotografi. Apa itu segitiga emas fotografi? segitiga emas fotografi merupakan unsur penting yang ada di kamera DSLR yang wajib sobat ketahui yang terdiri dari ISO, Aperture, dan Shutter Speed. Ketiga unsur tersebut sangat penting dalam dunia fotografi karena dari ketiganyalah akan menentukan kualitas akhir dari hasil jepretan sobat.segitiga fotografi

Belajar Mengenal ISO

ISO merupakan ukuran sensitivitas sensor terhadap cahaya. Ukaranya pun beragam mulai dari 50, 80, 100 dan akan berlipat ganda hingga 3200 atau bahkan bisa lebih besar lagi. ISO dengan ukuran yang kecil memiliki arti bahwa sensitivitas terhadap cahayanya juga kecil. Sedangkan ISO dengan angka yang besar menunjukan sensitivitasnya terhadap cahaya juga besar. ISO dengan angka yang besar/ tinggi justru akan menurunkan kualitas dari gambar karena muncul bintik- bintik yang disebut dengan “noise”, namun dalam kondisi yang minim cahaya seperti dalam ruangan ISO yang tinggi kadang- kadang malah diperlukan.

Belajar Mengenal Aperture

Aperture atau bisa disebut dengan bukaan atau Diafragma ini merupakan bukaan lensa kamera dimana cahaya akan masuk. Apabila bukaan besar maka akan banyak cahaya yang masuk jika dibandingkan dengan aperture yang kecil. Selain berfungsi untuk mengendalikan cahaya yang masuk, aperture juga dapat mengendalikan kedalaman ruang. Dalam praktek fotografi, apabila sobat berada pada lingkungan yang memiliki pencahayaan yang sangat terang, maka sobat bisa menutup bukaan sehingga lebih sedikit cahaya yang masuk ke dalam dan begitu juga sebaliknya.

Belajar Mengenal Shutter Speed

Shutter Speed atau bisa juga disebut dengan kecepatan rana merupakan waktu yang dibutuhkan kamera untuk membuka sensor guna menyerap cahaya. Semakin lama waktu yang dibutuhkan, maka semakin banyak cahaya yang akan masuk ke dalam kamera serta hasil fotonya pun akan bertambah terang.

Bagaimana sobat sudah sedikit paham bukan dengan segitiga emas dalam fotografi yakni ISO, Aperture, dan Shutter Speed. Semoga artikel Seri Belajar Fotografi : Memahami ISO, Aperture, Shutter Speed ini bermanfaat, terimakasih.

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp