Seri Belajar Fotografi : Memahami Dasar Fotografi

Seri Belajar Fotografi : Memahami Dasar Fotografi

Seri Belajar Fotografi : Memahami Dasar Fotografi

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Belajar Dasar Fotografi – Ilmu Fotografi akan membantu seorang yang ingin menjadi fotographer profesional. Membahas berbagai faktor  yang sangat menentukan untuk membidik sasaran objek gambar menjadi foto yang bagus dan berseni.

Hal yang harus diperhatikan dalam belajar dasar fotografi adalah mengenal teknik dasar dan sering melakukan latihan (practice) untuk mengasah ketrampilan. Garis besar foto yang dihasilkan bisa dikatakan bagus jika sebuah foto memiliki Fokus / ketajaman gambar dan Eksposur / pencahayaan yang sempurna.

Kenalilah Dua Hal Yang Sangat Menentukan Hasil  Foto Anda

  1. Fokus : Pengaturan ketajaman sebuah objek sebelum difoto dengan memutar tuas / ring fokus sampai mendapatkan gambar dengan ketajaman yang bagus.diafragma
  2. Eksposure : Untuk mendapatkan hasil jepretan yang bagus maka unsur pencahayaan tak bisa diabaikan. Hal ini menyangkut 3 unsur yakni kepekaan ISO sebuah perangkat kamera, Kecepatan rana (shutter speed), dan besarnya bukaan diafragma (Apperature).

Pelajari Komposisi Yang Tepat Untuk Hasil Kamera Yang Berkwalitas

  • Apperture : Adalah jendela yang menutupi lensa dan dapat membuka sesuai ukuran yang diperlukan untuk mendapatkan komposisi cahaya yang pas. Beberapa ukuran Apperture yang tertera pada lensa ialah : f/1,4 – f/2 – f/2,8 dst.
  • Shutter Speed : Ialah pengendali kecepatan rana cahaya yang mengenai film, yang bekerja mirip jendela yang melindungi bidang film dari cahaya. Saat anda menekan tombol shutter, rana akan meespon dengan membuka dan menutup dengan cepat untuk memasukkan cahaya pada bidang film tersebut. Ukuran Shutter speed ialah sepersekian detik dan bulp contoh : 1/2000 detik dan Bulp : Rana akan terus terbuka selama tombol shuter terus ditekan.
  • ISO : Kepekaan film yang terintegrasi didalam peangkat kamera, semakin tinggi nilai ISO maka semakin bagus pula kamera tersebut menangkap kepekaan cahaya. sehingga kamera tersebut lebih bisa menangkap gambar walau dalam keadaan kurang pencahayaan.

Demikianlah beberapa hal yang harus kamu tahu jika bermaksut mendalami ilmu fotografi secara prosesional yang terangkum dalam artikel tentang Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Belajar Dasar Fotografi

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp