Seri Belajar fotografi : Cara mudah Membuat Reflektor dan Beauty Dish

Belajar Fotografi Strobist

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai Belajar fotografi Strobist, kita juga sudah membahas tentang penempatan lampu tambahan dan beberapa alat pendukung lainnya. salah satu alat mendukung dalam foto Strobist adalah Reflektor atau alat pemantul cahaya dan juga Beauty dish. dalam seri belajar fotografi Strobis kali ini akan menjelaskan step by step membuat reflektor dan beauty dish sendiri dengan peralatan rumah yang tentunya juga mudah di dapat dan harganya terjangkau.

 

Belajar Fotografi : DIY Silver Reflector

Reflector sangat berguna sekali dalam membatu pengerjaan Fotografi strobis, untuk membuat cahaya yang di keluarkan oleh flash bisa di pantulkan dan jatuh merata pada objek foto. Namun bagi anda para Fotografer Pemula yang ingin belajar Foto Strobis, sebaiknya anda mencoba membuat reflector sederhana terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk membeli yang sungguhan karna harganya cukup mahal dan anda memerlukan budget yang besar untuk memulainya. Berikut alat dan tahapan membuat Reflector sendiri dengan Sederhana.

  • Alat yang di butuhkan, karton tebal, alumunium foil, tape, dan gunting
  • Cara pembuatannya cukup mudah, hanya dengan memotong katon atau kardus sesuai dengan ukuran yang anda inginkan, lalu tempelkan alumunium foil pada katron tersebut. gunakan Tape untuk merekatkan keduanya.

DIY Photography DIY Photography DIY Photography

 

Belajar Fotografi : DIY Beauty Dish

Salah satu alat bantu penggunaan lampu flash yang dapat kita buat sendiri adalah beauty dish, fungsinya hampir sama dengan alat bantu strobist lainnya yaitu untuk meratakan cahaya yang jatuh pada objek foto. Pada seri belajar fotografi strobis kali ini juga akan membahas cara pembuatan Beauty dish sederhana yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Alat dan Cara membuatnya sangat sederhana, dan gunakan kreatifitas anda untuk menghasilkannya dari rumah anda.

  • Alat yang di butuhkan, 2 Mangkuk styrofoam dengan diameter yang besar, cutter, tape, dan beberapa potong alumunium foil.
  • Cara pembuatanya, ukur bagian depan lampu flash pada mangkuk styrofoam, lalu lubangi sesuai besarnya lampu flash anda. lalu masukan flash kedalam Styrofoam yang sudah di lubangi, potong mangkuk styrofoam lainnya dalam bentuk lingkaran yang mampu menutupi bagian depan lampu flash. kemudian tempelkan sedikit alumunium foil di bagian yang menutupi lampu flash dengan tape atau double tape. untuk menyanggah bagiah yang menutupi flash anda bisa menggunakan tusuk gigi atau kawat fleksibel. [Ra]

DIY Photography DIY Photography

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait: