Seri Belajar Fotografi : Apasih Foto HDR Itu?

Seri Belajar Fotografi : Apasih Foto HDR Itu?

Apasih Foto HDR Itu?

HDR atau kepanjangan dari High Dynamic Range adalah rentang kemampuan kamera untuk merekam tingkat kontras. Seperti apa yang kita ketahui, di alam sana ada banyak kecerahan dan itu bertingkat- tingkat. Mata manusia normal dapat melihat detail awan yang ada di langit dengan berbagai tingkat kecerahan. Akan tetapi hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh kamera meski kamera tersebut secanggih apapun nah disinilah nanti fungsi dari HDR, berusaha merekam rentang dinamik setinggi mungkin dengan teknik berbagai cara.

Apasih Foto HDR Itu? Bagimana Cara Kerja Foto HDR?

Di dalam dunia fotografi HDR atau High Dynamic Range merupakan foto yang diperoleh dengan cara mengkombinasikan sejumlah foto dengan tone yang bervariasi sehingga dapat dihasilkan satu buah foto yang mempunyai rentang tonal melebihi dari kemampuan asli kamera sobat.

Oleh karena itu dari kita dapat mengambil kesimpulan bahwa yang  dinamakan foto HDR (High Dynamic Range) ini adalah foto yang mampu menampilkan detail diantara area gelap dan terang yang memiliki kontras yang tinggi, atau minimal mendekati seperti apa yang ditangkap oleh mata manusia.

Jadi yang terpenting dalam pembuatan foto HDR ini adalah ketika sobat mengambil beberapa foto yang menjadi objek upayakan jangan sampai posisi memotret kita berubah. Untuk kasus seperti ini sobat sangat disarankan untuk menggunakan tripod agar hasil jepretan beberapa foto bisa sama. Hal penting dilakukan karena kita nantinya akan menggabungkan beberapa foto sekaligus ketika mengolahnya.Apasih HDR itu photomatix

Apabila sobat sudah mendapatkan beberapa foto yang sobat inginkan, satukan foto- foto tersebut menggunakan aplikasi / software pembuat foto HDR. Disini sobat bisa menggunkan aplikasi Photoshop atau Photomatix. Bagaimana sobat sudah ada gambaran mengenai apa itu yang dinamakan foto HDR (High Dynamic Ranger) dan setelah ini siap untuk membuat kaya foto HDR juga? Banyaklah berlatih dan bersabar, karena foto aliran HDR ini tidak hanya menuntut  sobat pandai memainkan kamera namun juga harus pandai mengotak – ngatik gambar di aplikasi komputer sobat. demikian ulasan mengenai Seri Belajar Fotografi : Apasih Foto HDR Itu?, semoga bermanfaat.