Seri Belajar Fotografi : 6 Tips Membuat Foto Bokeh Yang Mudah Dan Cepat

Seri Belajar Fotografi : 6 Tips Membuat Foto Bokeh Yang Mudah Dan Cepat

6 Tips Membuat Foto Bokeh Yang Mudah Dan Cepat

Bagi para sobat fotografer pasti sudah paham betul dengan apa itu foto bokeh! Yap, Foto yang bermain pada kualitas blur yang menjadikan objek foto terpisah dengan background. Mata kita akan termanjakan ketika kita melihat foto bokeh dengan efek lembut yang dihasikanya. Yang menjadi pertanyaan sekarang, apakah sobat sudah bisa cara membuat foto bokeh seperti itu? bagi anda yang belum bisa membuat foto bokeh yang ciamik, pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara membuat foto bokeh yang mudah.

Inilah 6 Tips Membuat Foto Bokeh Yang Mudah Dan Cepat :

Untuk memuat efek foto bokeh sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Berikut 6 cara mudah untuk membuat foto bokeh.

  1. Gunakan aperture besar

Sobat harus pahami, foto bokeh dihasilkan bukan dari kamera melainkan dari lensa. Oleh karenanya yang harus anda lakukan adalah setting aparture lensa (yang memiliki symbol f) sobat pada bukaan yang besar, biasanya pada bukaan f/2.8 sampai f/1.4 Sobat bisa melakukan dengan menggunakan settingan mode Manual atau dengan mode aperture priority.diafragma

  1. Buat jarak yang pendek antara kamera anda dengan obyek foto

Gunakan prinsip ini: “semakin dekat jarak lensa sobat dari objek foto maka akan semakin blur background nya. Semakin dekat objek foto, maka fokus lensa juga semakin dekat serta depth of field juga akan semakin menyempit”. Biasa di sebut shalow dof. shalow deep of field

  1. Buat rentan jarak yang jauh antara background dengan objek foto kamu

Pada saat sobat ingin memotret objek di sekitar teman serta ingin mengahsilkan foto bokeh yang bagus, maka yang harus kamu pahami adalah semakin jauh objek foto dari background dibelakangnya maka efek bokeh yang kamu dapatkan akan lebih soft dan indah.

  1. Gunakanlah focal length yang paling panjang yang lensa kamu miliki

Ketika sobat menggunakan lensa zoom, maka gunakan focal lenght yang paling panjang guna memisahkan objek utama dengan backgroundnya. Contoh : jika kamu memiliki lensa 14-24mm, lensa 50mm, lensa 70-200mm, dan lensa 300mm Maka kamu harus memilih lensa 300mm jika kamu mau menghasilkan foto bokeh yang indah.

  1. Pilihlah lensa dengan kualitas optik terbaik yang tentu saja sesuai dengan kantong anda

Bukan sebuah rahasia bahwa semakin hebat kualitas lensa kamera maka harganya akan semakin melambung. Dan perlu kamu ketahui kualitas bokeh juga ditentukan oleh kualitas lensa optik yang sobat pakai, gunakan lensa yang terbaik untuk mendapatkan foto bokeh yang bagus.

  1. Gunakan lensa prime atau lensa fix

Lensa prime atau lensa fixed merupakan lensa yang memiliki focal lenght tunggal/ lensa yang tidak bisa di zoom. Biasanya lensa prime akan menghasilkan foto bokeh yang bagus karena lensa jenis ini memiliki bukaan aperture yang sangat besar.

Itulah artikel 6 Tips Membuat Foto Bokeh Yang Mudah Dan Cepat, baca, pahami dan latih! sekian dari alienco semoga bermanfaat

Halo! Klik dibawah ini untuk melakukan chat via WhatsApp dengan Renny.

Chat dengan kami via WhatsApp